Ilustrasi sepasang kekasih (Sumber foto: Unsplash/Oziel Gomez)

10 Idiom Tentang Romansa dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya

21 June 2024   |   21:53 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Setiap orang pasti pernah merasakan jatuh cinta. Sebuah pengalaman yang bisa membawa perasaan yang bahagia dan memberikan makna dalam hidup. Ketika jatuh cinta, seseorang tidak hanya merasakan kebahagiaan, tetapi juga mendapatkan dorongan yang kuat untuk menjalani hidup dengan lebih semangat dan tujuan yang jelas.

Tidak hanya itu, cara orang mengungkapkan dan merasakan cinta dapat sangat bervariasi. Setiap orang memiliki cara yang unik untuk mengekspresikan perasaan mereka, baik itu melalui kata-kata, tindakan, atau bahkan melalui seni. Bahkan dalam bahasa Inggris, terdapat banyak idiom dan ungkapan yang digunakan untuk menggambarkan cinta itu sendiri.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah 10 idiom romansa bahasa Inggris beserta artinya. 

Baca juga: 4 Alasan Bahasa Inggris Jadi Bahasa Pergaulan Global 
 

Ilustrasi sepasang kekasih (Sumber foto: freepik)

Ilustrasi sepasang kekasih (Sumber foto: freepik)

1. You are my one and only 

Kalimat ini mencoba untuk mengekspresikan perasaan bahwa orang tersebut adalah satu-satunya pasangan untuk seumur hidup. Ungkapan tersebut adalah cara yang umum digunakan dalam percakapan romantis untuk memberikan jaminan dan kepercayaan kepada pasangan.


2. Falling head over heels in love

Maksud dari ungkapan tersebut adalah untuk menggambarkan perasaan cinta yang begitu mendalam sehingga seseorang merasa seperti jatuh secara mendadak dan merasakan cinta sepenuh hati untuk seseorang. Istilah ini mengekspresikan bagaimana orang tersebut benar-benar terpikat kepada seseorang tanpa ada perasaan ragu.


3. Love you to the moon and back 

Secara harfiah, ungkapan ini mengacu pada jarak yang sangat jauh di luar angkasa, tepatnya ke bulan dan kembali lagi. Hal ini menggambarkan sejauh mana seseorang dapat membayangkan atau merasakan cinta terhadap orang lain yang begitu mendalam dan tak terbatas.

Jadi, jika seseorang mengatakan bahwa mereka love you to the moon and back kepada seseorang, artinya mereka mencintai orang tersebut sebanyak mungkin yang bisa mereka bayangkan atau rasakan. 


4. You are the apple of my eye

Ungkapan you are the apple of my eye digunakan untuk menyatakan cinta dan kasih sayang yang dalam terhadap seseorang. Idiom ini menunjukkan bahwa seseorang sangat mengasihi dan memperhatikan orang tersebut dengan penuh kasih sayang dan perhatian yang tak biasa.


5. Match made in heaven

Maksud dari ungkapan tersebut adalah bahwa dua orang atau dua hal yang sangat cocok satu sama lain, layaknya mereka diciptakan untuk saling melengkapi. Ungkapan ini menggambarkan bahwa hubungan atau pasangan tersebut sangat ideal dan harmonis sehingga sering kali dianggap sebagai suatu hal sempurna yang pernah diciptakan.


6. Have a crush

Idiom ini memiliki arti ketertarikan romantis terhadap seseorang. Ungkapan ini digunakan untuk menyatakan bahwa seseorang merasa tertarik secara romantis atau memiliki perasaan khusus terhadap orang lain.


7. Lovebirds

Istilah yang satu ini terinspirasi dari burung lovebird. Burung ini dikenal hidup dalam pasangan yang saling terikat dan sering menunjukkan perilaku penuh kasih sayang satu sama lain. Dalam penggunaan idiomatis, lovebirds digunakan untuk menggambarkan pasangan manusia yang menunjukkan perilaku kasih sayang dan perhatian satu sama lain.


8. To have butterflies in one’s stomach

Secara harfiah, jika seseorang memiliki sekumpulan kupu-kupu di perut mereka, tentu saja akan terasa aneh dan berdesir-desir. Ungkapan ini mengacu pada sensasi fisik yang terjadi di perut sebagai reaksi emosional terhadap situasi yang timbul ketika seseorang merasa sangat gugup atau cemas, seperti saat mereka tertarik pada seseorang yang mereka sukai. 


9. Love at first sight

Love at first sight memiliki arti yang sama ketika seseorang langsung jatuh cinta setelah melihat orang tersebut untuk pertama kalinya. 


10. Tie the knot

Ungkapan ini secara harfiah mengacu pada hubungan pernikahan antara dua orang yang melambangkan ikatan atau komitmen yang kuat. 

Baca juga: 4 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik 2024, Bisa Buat Persiapan IELTS & GRE

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

5 Resep Smoothie Tinggi Protein untuk Menambah Berat Badan

BERIKUTNYA

Jelang Peluncuran Album Buzz, NIKI Rilis Music Video Single Blue Moon

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: