Logo HUT ke-497 Kota Jakarta. (Sumber gambar: Pemprov DKI Jakarta)

Cek Tema dan Rangkaian Acara Perayaan HUT Jakarta 2024

01 June 2024   |   11:10 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Jakarta akan merayakan hari jadinya yang ke-497 tahun pada 22 Juni 2024 mendatang. Jelang perayaannya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jakarta telah menyiapkan sejumlah hal, mulai dari meluncurkan tema dan logo Hari Ulang Tahun (HUT) ke-497 Jakarta, hingga rangkaian agenda seru yang bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat.

Peringatan HUT ke-497 Kota Jakarta mengusung tema "Jakarta Kota Global Berjuta Pesona". Melansir dari situs resmi Pemprov DKI Jakarta, tema tersebut diusung menandai peralihan status Jakarta dari ibu kota negara menuju arah pembangunan baru menjadi kota global. Diharapkan, Jakarta tetap merealisasikan harapan warganya dan selalu merawat keindahan budayanya.

Baca juga: 10 Agenda Akhir Pekan 1-2 Juni 2024 di Jakarta, Ada Konser Gratis Maliq & D'Essentials

Lebih diperinci, tema "Jakarta Kota Global Berjuta Pesona" merupakan gabungan dari dua frasa yakni "Jakarta Kota Global" dan "Berjuta Pesona". Frasa Jakarta Kota Global memiliki makna tahun ini, Jakarta akan menghadapi perubahan dari sebagai ibu kota diharapkan bakal mengarah ke kiblat baru yakni menjadi kota global.

"Selama hampir 500 tahun, Jakarta telah melewati berbagai perubahan, dan ketangguhan membuat Jakarta terus berkembang menjadi kota megapolitan yang progresif," tulis situs resmi Pemprov DKI Jakarta.

Sementara frasa "Berjuta Pesona" memiliki makna meski melepaskan statusnya sebagai ibu kota negara, tidak membuat Jakarta kehilangan pesonanya. Kota ini disebut bakal tetap menjadi pusat berbagai aktivitas positif dan menjadi rumah bagi jutaan mimpi warganya. "Kini, Jakarta bertransformasi menjadi kota global dengan keunikan dan keragaman budayanya," tulis situs tersebut.
 

Logo HUT ke-497 Kota Jakarta. (Sumber gambar: Pemprov DKI Jakarta)

Logo HUT ke-497 Kota Jakarta. (Sumber gambar: Pemprov DKI Jakarta)

Logo & Filosofi HUT ke-497 Jakarta
Selain tema, Pemprov DKI Jakarta juga telah meluncurkan logo HUT ke-497 Kota Jakarta. Logo tersebut dinilai mencerminkan optimisme warga kota Jakarta yang harmonis, tangguh, bersinergi, dan progresif untuk terus bergerak maju dalam menghadapi transformasi Jakarta menjadi Kota Global.
 

r

Filosofi logo "Wilayah". (Sumber gambar: Pemprov DKI Jakarta)

Logo HUT ke-497 Kota Jakarta terdiri dari beberapa elemen visual dengan masing-masing filosofinya mulai dari wilayah, konektivitas, hingga titik kumpul. Dari segi bentuk, logo HUT ke-497 Jakarta mengusung visual wilayah yang mewakili setiap wilayah di Jakarta memiliki ciri khasnya sendiri yang berkontribusi dalam memajukan berbagai sektor dan menjadi pilar penting dalam proses transformasi Jakarta menjadi kota global yang dinamis.

Makna ini bertujuan untuk memperkokoh rasa kebanggaan akan identitas masing-masing wilayah Jakarta, sambil mewujudkan kesatuan dan solidaritas sebagai satu kesatuan kota yang kuat dan inklusif.
 

Filosofi logo

Filosofi logo "Konektivitas". (Sumber gambar: Pemprov DKI Jakarta)

Lalu, visual seperti mosaik di logo tersebut mewakili filosofi konektivitas. Makna elemen visual ini merujuk pada keberhasilan kota Jakarta yang tidak lepas dari pembangunan sarana dan prasarana transportasi yang progresif. Hal ini menciptakan konektivitas yang baik antar wilayahnya. Kemudahan akses tersebut mendukung pertumbuhan ekonomi, pertukaran budaya, dan kolaborasi skala internasional.
 

Filosofi logo

Filosofi logo "Titik Kumpul". (Sumber gambar: Pemprov DKI Jakarta)

Adapun, logo HUT ke-497 Kota Jakarta juga memiliki filosofi titik kumpul. Jakarta dinilai menjadi titik berkumpul bagi jutaan orang dari berbagai wilayah di Indonesia, bahkan dunia. Tidak hanya itu, kota ini juga menjadi pusat perekonomian hingga berbagai aktivitas sosial. Dengan demikian, banyak peluang yang tercipta di Jakarta untuk meningkatkan kualitas hidup warganya.
 
 

Rangkaian Agenda HUT ke-497 Kota Jakarta

Untuk merayakan HUT ke-497 Kota Jakarta, Pemprov telah menyiapkan rangkaian acara menarik yang bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat. Agendanya terdiri dari beragam festival, pameran seni, pertunjukan seni budaya, hingga perlombaan.

Agar tidak terlewat, berikut adalah kalender acara HUT ke-497 Kota Jakarta.
  • Gratis Masuk Ancol (setiap hari pukul 17.00 WIB-tutup): 1-2 Juni 2024
  • Khitanan Massal di 3 kelurahan Jakarta Utara dan Jakarta Barat dengan total peserta 300 anak: 1-30 Juni 2024
  • Jakarta Great Sale: 5 Juni-10 Juli 2024
  • Jakarta Kreatif Festival di Mal Kota Kasablanka: 7-9 Juni 2024
  • Jakarta Fair di Hall C1 JIExpo Kemayoran: 12 Juni-14 Juli 2024
  • Lomba Menari Adat di Novotel Cikini: 13 Juni 2024
  • Pameran Jakarta Tangguh di Seasons City Mall: 15 Juni 2024
  • Malam Jaya Raya di Monumen Nasional (Monas): 22 Juni 2024
  • Jakarta International Kite Festival di Plaza Lagoon Ancol: 22 Juni-7 Juli 2024
  • Konser Persembahan HUT ke-497 Kota Jakarta di Ancol Karnaval: 22 Juni 2024
  • Jakarta Light Festival di Taman Fatahillah Kota Tua: 22-23 Juni 2024
  • Gebyar Seni Budaya Betawi di Perkampungan Budaya Betawi: 22-23 Juni 2024
  • Jakarta International Marathon (Jakim) di Silang Monas: 23 Juni 2024. 
Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

6 Agenda Festival Kuliner Akhir Pekan Ini 1-2 Juni 2024 di Jakarta

BERIKUTNYA

9 Jadwal Konser & Fan Meeting K-Pop Juni 2024 di Jakarta, Ada BabyMonster hingga WayV

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: