Banyak destinasi wisata di sekitar Jabodetabek yang murah (Sumber gambar: pexels/ Jiju Joy)

Pilihan Destinasi Wisata di Jabodetabek yang Menarik Dieksplorasi Selama Libur Sekolah

12 June 2024   |   20:51 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Libur sekolah segera tiba. Setelah melaksanakan ujian semester 2, anak sekolah akan libur panjang untuk kenaikan kelas. Agar tidak bosan, berlibur ke beberapa destinasi wisata di sekitar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) bisa menjadi pilihan.

Ada banyak pilihan destinasi wisata di sekitar Jabodetabek yang menarik untuk dieksplorasi, dan tidak kalah seru dengan tempat wisata di luar negeri sekali pun.

Bagi kalian yang tinggal di kawasan aglomerasi, berwisata ke Jakarta dan sekitarnya cenderung praktis dan tidak membutuhkan waktu panjang untuk perjalanan, serta lebih ramah di kantong dibandingkan dengan berwisata ke luar kota atau bahkan ke luar negeri.

Baca juga: Hypereport: Wisata Nyeleneh Ala Komunitas Kereta Api dan Bus

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut sejumlah destinasi wisata di sekitar Jabodetabek yang bisa menjadi pilihan untuk menikmati libur panjang sekolah tengah tahun ini.


1. Kawasan Puncak Bogor

Kawasan puncak bisa menjadi tujuan untuk menikmati liburan sekolah. Terletak di Bogor, kalian dapat mengunjungi sejumlah tempat wisata menarik yang tersedia, mulai dari destinasi bertema alam sampai dengan wahana pemainan dan taman hiburan.

Selain destinasi yang beragam, cuaca di kawasan Puncak Bogor juga cenderung lebih sejuk sehingga dapat membuat liburan terasa lebih rileks, yang cocok untuk refreshing setelah melalui masa ujian sekolah yang cukup melelahkan.

Adapun sejumlah destinasi wisata permainan yang menarik di kawasan Puncak, Bogor antara lain Agrowisata Gunung Mas, Highland Park Resort, The Ranch, Kuntum Farmfield, dan The Forest.

Lalu ada Taman Safari Indonesia sebagai destinasi wisata edukasi sekaligus permainan. Di Taman Safari Indonesia, ada berbagai macam program wisata termasuk Safari Malam yang membuat kalian merasakan pengalaman berbeda.

Genhype berkesempatan menjelajahi kehidupan malam satwa liar sambil mengendarai kereta wisata terbuka dan dipandu oleh guide khusus, menikmati wahana permainan, serta menyaksikan dua pertunjukan seperti light dance.


2. Kebun Raya Bogor

Destinasi wisata lainnya di Jabodetabek yang juga bisa menjadi pilihan saat libur sekolah adalah Kebun Raya Bogor. Terletak tidak jauh dari Stasiun Kereta Rel Listrik (KRL) Kota Bogor, kalian bisa memanfaatkan moda transportasi tersebut jika berada di wilayah Jabodetabek.

Meskipun hanya semacam hutan kota, Kebun Raya Bogor bukan destinasi wisata biasa. Selain menjadi tempat rekreasi, Genhype juga bisa memperoleh banyak pengetahuan ketika berkunjung ke Kebun Raya Bogor.

Pada musim liburan, biasanya kalian juga bisa mengikuti kelas edukasi Araceae dan kelas dasar berkebun untuk belajar tentang dasar berkebun, cara merawat tanaman hias, hingga perbanyakan tanaman bersama praktisi berpengalaman.


3. Monas dan Kota Tua

Monumen Nasional atau yang kerap disingkat Monas juga dapat menjadi destinasi wisata untuk mengisi libur panjang sekolah. Selain murah meriah dan mudah diakses, tempat ini juga memiliki berbagai informasi yang dapat menambah pengetahuan anak-anak.

Kalian dapat mengajak buah hati naik ke atas Monas untuk menyaksikan Jakarta dari ketinggian dan menikmati lanskap kota. Salah satu di antara fasilitasnya terdapat Ruang Kemerdekaan yang berada di bagian dalam cawan monumen yang berbentuk amphitheater.

Ruangan ini menyimpan simbol kenegaraan dan kemerdekaan Indonesia. Salah satu di antaranya adalah naskah asli Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang disimpan dalam kotak kaca dalam pintu gerbang yang berlapiskan emas.

Tidak jauh dari Monas, kalian juga dapat meneruskan berkunjung ke kawasan Kota Tua Jakarta. Di sana, terdapat sejumlah museum yang dapat menjadi wisata edukasi bagi pengunjung seperti Museum Wayang dan Museum Keramik.

Lalu, kalian juga dapat menikmati pemainan di area alun-alunnya dengan bersepeda warna-warni serta mengabadikan momen liburan dalam foto dan video, dengan latar bangunan-bangunan tua bersejarah yang masih berdiri kokoh di sekitar kawasan tersebut.


4. Ancol dan Dunia Fantasi (Dufan)

Genhype yang ingin mengajak anak-anak untuk merasakan keseruan wahana bermain yang seru dapat mengunjungi Dunia Fantasi yang terletak di Jakarta Utara. Tempat wisata ini sangat mudah diakses dengan transportasi umum, selain kendaraan pribadi.

Di Dunia Fantasi terdapat berbagai wahana bermain yang dapat dinikmati anak-anak, sehingga menambah keseruan berlibur di taman hiburan ini. Saat berlibur di Dufan, kalian harus memastikan untuk menaiki wahana sesuai dengan tinggi badan dan usia anak demi keamanan.

Setelah asyik menikmati permainan, kalian dapat langsung menikmati suasana senja di sejumlah pantai di kawasan Ancol sambil bermain air, duduk santai sambil menikmati kuliner yang tersedia di sekitar, atau menyusuri bibir pantai dari atas gondola.

Sebenarnya, ada banyak pilihan destinasi wisata menarik di kawasan Jabodetabek yang dapat dikunjungi seperti Taman Mini Indonesia, kawasan Pantai Indah Kapuk, Kepulauan Seribu, hingga wisata kota dan museum yang biasanya memiliki program khusus selama musim liburan sekolah.

Editor: Fajar Sidik  

SEBELUMNYA

4 Game Arcade yang Bikin Gen Z Bernostalgia Masa Kecil

BERIKUTNYA

5 Pemain dengan Nilai Pasar Termahal di EURO 2024: Ada Mbappe dan Florian Wirtz

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: