Film The Marvels tayang pada 2023 (Sumber gambar: tangkapan layar laman Disney)

5 Film Hollywood yang Merugi: Wonder Women hingga The Marvels

11 June 2024   |   08:31 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Saat membuat karya, para sineas film memiliki harapan pada para penonton akan menyukainya. Dengan begitu, mereka datang ke bioskop untuk menyaksikannya. Namun, pada kenyataannya semua harapan itu kadang tidak terwujud sehingga sejumlah film yang digarap sebagai proyek besar berakhir dengan kerugian.

Sebagai proyek komersial, para sineas dan produser  film kerap mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk membuat suatu karya. Mereka harus mengeluarkan biaya total hingga ratusan juta dolar Amerika Serikat untuk berbagai hal seperti penggunaan efek, syuting atau penyewaan set, bayar puluhan kru film dan sebagainya.

Tidak hanya itu, mereka juga kerap menyewa pemeran ternama dengan bayaran selangit demi mendongkrak popularitas dan berharap film yang dibuat memiliki kualitas yang apik dengan akting sang bintang.

Baca juga: Film Bad Boys: Ride or Die Cuan Besar pada Pekan Perdana Tayang di Bioskop

Meskipun begitu, tidak jarang kenyataannya justru tidak sesuai dengan harapan. Film yang meluncur di bioskop tidak mendapatkan antusias yang tinggi. Kalau pun mendapatkannya, kadang nilai pendapatannya tidak sesuai dengan target sehingga tidak menutupi biaya yang telah dikeluarkan dan merugi.

Selain itu, ada juga faktor lainnya yang di luar kendali, sehingga membuat karya tidak meraih pemasukan yang cukup untuk menutupi biaya pembuatan – apalagi meraih untung, seperti pandemi Covid-19.

Dirangkum Hypeabis.id dari berbagai sumber, berikut sejumlah film yang mengalami kerugian:


1. Wonder Woman 1984 (2020)

Wonder Woman 1984 yang rilis pada 2020 bisa dikatakan menjadi salah satu film yang paling merugi. Data Box Office Mojo mencatat bahwa perkiraan pendapatan kotor karya ini hanya US$169,6 juta pada 2020.

Dari total itu, pendapatan dari pasar internasional mencapai hanya meraup US$122,8 juta. sementara sisanya, yakni US$46,8 juta berasal dari pasar domestik Amerika Utara. Pendapatan ini lebih rendah dari Wonder Woman (1997) yang mencapai US$823,97 juta sedunia yang hanya menelan biaya US$149 juta.

Film Wonder Woman 1984 ini disebut-sebut telah menghabiskan biaya produksi lebih dari US$200 juta. Pandemi Covid-19 menjadi penyebab utama kerugian pembuat film yang diperankan oleh aktris Gal Gadot ini.


2. Mulan (2020)

Mulan yang juga rilis pada 2020 menjadi film yang gagal meraih hasil maksimal ketika diluncurkan. Sama dengan Wonder Woman 1984, pandemi Covid-19 yang melanda menjadi alasan film ini tidak bisa membuat kantong para sineas menjadi tebal.

Karya yang dibintangi oleh aktor dan aktris ternama, seperti Jet Li, Donnie Yen, Liu Yifei itu hanya memperolah perkiraan pendapatan sebesar US$69,97 juta dari bioskop di seluruh dunia. Padahal, film ini diperkirakan menelan biaya produksi hingga ratusan juta dolar Amerika Serikat.


3. The Expendables 4 (2023)

The Expendables 4 yang rilis pada tahun lalu juga merupakan film yang masuk dalam daftar merugi. Diperankan oleh berbagai aktor senior ternama Hollywood, karya ini hanya memiliki perkiraan pendapatan US$37,9 juta dari seluruh dunia.

Film dengan genre action, adventures, thriller, dan war ini diperkirakan telah menelan biaya produksi yang tidak sedikit, yakni diperkirakan mencapai US$100 juta.


4. Ferrari (2023)

Karya yang bercerita tentang salah satu merek supercar ini juga masuk dalam deretan yang merugi. Rilis pada Desember 2023 di pasar domestik Amerika Utara, Ferrari hanya berhasil meraih US$42,3 juta dari seluruh dunia.

Perkiraan pendapatan kotor itu jauh dari harapan mengingat biaya produksinya diperkirakan mencapai lebih dari US$95 juta. Dalam laman Rotten Tomatoes, film ini hanya mendapatkan rating 6,6 dari 10.


5. The Marvels (2023)

The Marvels yang juga tayang pada tahun lalu menjadi salah satu film yang mengalmai kerugian. Dengan pendapatan sebesar US$46,1 juta pada pembukaan di pasar domestik Amerika Utara, film ini hanya mampu meraih perkiraan penghasilan kotor sebesar US$206,14 juta dari seluruh dunia.

Baca juga: Sony Pictures Garap Film Biopik Band The Beatles, Siapa Saja Pemerannya?

Angka pemasukan itu tercatat lebih kecil jika dibandingkan dengan ongkos produksi yang diperkirakan lebih dari US$250 juta. Pada tahun lalu, The Marvels berada di urutan 30 dalam daftar box office dunia.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

5 Ide Menu Olahan Daging Kurban yang Lezat Ala Chef Adie Miartadi

BERIKUTNYA

Jadwal UEFA EURO 2024: Jerman Bertemu Skotlandia pada Laga Pembuka

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: