Ilsutrasi tumisan daging kurban. (Sumber gambar : Freepik/Jcomp)

5 Ide Menu Olahan Daging Kurban yang Lezat Ala Chef Adie Miartadi

11 June 2024   |   07:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Perayaan Hari Raya Iduladha biasanya diiringi dengan ragam menu olahan daging sapi atau kambing yang diperoleh dari hasil berkurban. Mayoritas masyarakat Indonesia, terutama di wilayah Jabodetabek, biasanya langsung mengolah daging tersebut menjadi hidangan berupa sate, gulai, maupun semur.

Selain menu tersebut, Genhype bisa berinovasi untuk menciptakan olahan daging yang lebih menarik dari segi tampilan dan rasa loh. Kamu bisa menjadikannya tumisan maupun sup yang hangat dan segar.

Baca juga: 6 Kiat Menyimpan Daging Kurban Agar Tahan Lama di Freezer untuk Stok Lauk

Presiden Islamic Chef and Culinary of Indonesia, Chef Adie Miartadi membagi lima resep hidangan olahan daging yang lebih menggoyang lidah. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini yuk.


1. Tumis Daging Minim Kolesterol

Praktis dan legit, berbagai olahan resep daging yang ditumis tidak membutuhkan waktu lama, mulai dari persiapan hingga proses masaknya. Menurut Chef Adie, kunci agar lebih nikmat dan dapat menetralisir kolesterol dari daging adalah dengan menambahkan bawang bombai pada masakan. 

Cukup mengiris daging yang sudah dibersihkan, paling cocok bagian dada bawah sekitar ketiak (sandung lamur), lalu tumis menggunakan bumbu sesuai selera kamu. Jangan lupa tambahkan bawang bombai ya. Mengolah masakan tumisan sebaiknya tidak terlalu lama, cukup diproses masak sekitar 5 menit saja.


2. Spageti Bakar dengan Daging Sambal Matah

Tren fusion food yang menggabungkan antara dua resep menjadi satu masakan yang unik, bisa dijadikan ide menu baru untuk suasana Iduladha. Salah satu ide fusion food yang bisa diterapkan yaitu spageti yang menggunakan potongan daging sapi atau kambing. 

“Untuk memberikan cita rasa yang lebih segar dan pedas, tambahkan sambal matah di atas spageti,” ujar Chef Adie dalam keterangannya.
 
Menurutnya, agar daging cepat empuk tanpa mengubah cita rasa, caranya bisa dengan memotong daging dalam potongan kecil, baluri dengan garam dan lada, kemudian remas-remas hingga sari daging keluar di celah-celah jari. Kemudian, diamkan sekitar 20 menit sebelum diolah menjadi menu masakan.


3. Daging Panggang Bumbu Rawon

Walau daging panggang atau steak cenderung dikenal sebagai resep olahan daging ala barat, tetapi dengan kehadiran bumbu rawon sebagai sausnya, menu ini menjadi salah satu ide olahan daging khas Nusantara yang unik.

Adie menyebut untuk menjaga keseimbangan nutrisi, tambahkan beberapa jenis sayuran seperti brokoli, wortel, buncis, bayam, lettuce, dan kangkung. Dalam satu menu masakan daging, harus diimbangi dengan sayuran yang diproses baik dikukus atau direbus. 


4. Sate Kambing Plecing

Terdengar klasik tetapi rasanya lebih asik. Sate memang menjadi olahan favorit pada saat perayaan Iduladha. Namun masih dalam tren fusion food, kamu bisa memadukannya dengan bumbu yang berbeda dari biasanya. 

Awali dengan memilih bagian daging yang empuk seperti has dalam, kemudian memproses daging hingga empuk dengan cara meremas-remasnya. Untuk pembuatan sate buat potongan daging dalam bentuk kotak-kotak.
 
“Setelah proses pengempukan daging selesai, sebaiknya daging tidak dimasak terlalu lama agar tekstur daging tetap empuk. Bumbu plecing khas Lombok dengan rasa pedas yang nikmat membuat menu sate ini lain dari biasanya,” saran Adie.

 
5. Sop Iga Asam Pedas

Sop iga asam pedas mengandalkan metode memasak daging dalam kuah mendidih (boiling), sehingga bisa menggugah selera. Menu asam pedas membuat rasa pada daging sapi atau kambing menjadi lebih segar. Untuk iga kambing, katanya dapat dimasak dalam bumbu rempah pedas.
 
Sementara itu, Adie memberi tips penyimpanan daging kurban. Agar tetap segar dan tahan lama, daging bisa disimpan dalam kondisi mentah atau setengah matang. 

Baca juga: Enggak Perlu Takut Kolesterol, Ini 7 Cara Sehat Menyantap Daging Kurban

Untuk menyimpan daging mentah, gunakan kantong plastik vakum berlabel BPA-free lalu simpan di freezer dengan suhu kurang dari 18 derajat celcius sehingga bisa bertahan hingga 6 bulan. Namun jika disimpan di dalam kulkas maka daging tersebut hanya bertahan 3-4 hari. 

“Untuk menyimpan daging setengah matang, artinya sudah dimarinasi maka bisa disimpan di dalam freezer dan bisa bertahan hingga 3 bulan,” tutup Chef Adie bersama Tokopedia.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

5 Jurus Menangkal Hacker Penebar Phising Model Baru

BERIKUTNYA

5 Film Hollywood yang Merugi: Wonder Women hingga The Marvels

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: