Ilustrasi kapan (Sumber gambar: HD Hyundai)

HD Hyundai Siapkan Kapal Pintar Next-Gen, Berbasis Teknologi Cloud

05 June 2024   |   13:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Tidak hanya kendaraan mobil, sejumlah perusahaan juga kini tengah membuat kapal pintar. Terbaru, Korean Register (KR) dan HD Hyundai telah menandatangani nota kesepahaman untuk berkolaborasi dalam proyek percontohan solusi kapal pintar generasi berikutnya (ISS 2.0) berbasis cloud.

Berdasarkan informasi yang diterima Hypeabis.id, proyek pembuatan kapal pintar berbasis cloud tersebut akan dikerjakan oleh HD Hyundai Heavy Industries (HD HHI), HD Korea Shipbuilding & Offshore Engineering (HD KSOE), HD Hyundai Marine Solution (HD HMS), Sinokor Merchant Marine, dan KR. 

Baca juga: 5 Kapal Pesiar Siap Berlayar Tahun 2024, Ada Icon of The Seas & Disney Treasure

Jeon Seung-ho, Wakil Presiden Eksekutif Senior HD HHI, mengatakan bahwa HD Hyundai berupaya untuk membuat teknologi solusi digital yang berpusat terhadap pengguna.

Menurutnya, solusi kapal pintar generasi berikutnya yang dikembangkan kali ini memungkinkan pengelolaan perangkat lunak darat jarak jauh secara berkelanjutan dan pembaruan terhadap solusi anyar, bahkan setelah dikirimkan ke kapal.

“Kami akan terus meningkatkan pengembangan kapal digital dengan meningkatkan dan menambahkan fungsi panduan operasi AI berbasis cloud untuk memudahkan kru dalam mengoperasikan peralatan,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Chairman dan CEO KR Lee Hyung-chul mengatakan bahwa organisasi akan memanfaatkan semaksimal mungkin akumulasi kemampuan teknologi yang dimiliki untuk mendukung proyek kolaboratif ini.

Dia menuturkan, langkah organisasi ini tidak dapat dilepaskan seiring dengan semakin pentingnya digitalisasi dan integrasi teknologi pintar dalam industri pembuatan kapal. “KR akan selalu berusaha menemukan cara untuk memenuhi permintaan dan harapan industri melalui berbagai kolaborasi teknis, berkontribusi pada peningkatan teknologi kapal pintar,” ujarnya.

Dia menambahkan bahwa proyek ini memiliki tujuan untuk melengkapi dan menunjukkan generasi berikutnya atas solusi kapal pintar. Tidak hanya itu, KR juga berencana melakukan tinjauan teknis berdasarkan aturan klasifikasi dan peraturan domestik serta internasional, guna memverifikasi kesesuaian solusi kapal pintar generasi paling anyar.

Kapal pintar berbasis cloud yang akan dibuat memiliki sejumlah fungsi inovatif yang dapat menunjang para kru. Fungsi itu seperti panduan rute optimal, pendukung tugas kru, dan solusi analisis video kecelakaan. Dengan fitur-fitur yang akan ada dalam kapal, para pengguna dapat memastikan kelayakan ekonomi, efisiensi, dan keselamatan.

Baca juga: Fakta-fakta Tentang Kapal Pinisi yang Dijadikan Google Doodle Hari ini

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Netflix Bakal Produksi Film Peaky Blinders, Cillian Murphy Tetap Jadi Thomas Shelby

BERIKUTNYA

6 Film & Serial Tayang Juni 2024 di Disney+ Hotstar, The Bear sampai Star Wars: The Acolyte

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: