Ilustrasi kuku yang sehat (Sumber foto: freepik/Racool_studio)

5 Vitamin dan Mineral untuk Kuku Sehat dan Indah

07 June 2024   |   06:00 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Selain menjaga kebersihan tubuh dan wajah, merawat kuku juga menjadi bagian penting dalam rutinitas perawatan. Kesehatan dan kekuatan kuku tidak hanya mempengaruhi penampilan kita dengan tampilan yang rapi dan terawat, tetapi juga menandakan kondisi kesehatan yang baik.

Akan tetapi, jika kuku kalian menunjukkan indikasi seperti rapuh, kering, bersisik, patah, atau kurang berkilau, itu bisa menjadi tanda bahwa tubuh kalian kekurangan zat yang berguna untuk kuku. Nah, untuk mendapatkan kembali kuku yang sehat dan indah, kalian perlu mencukupi beragam vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh kuku.

Baca juga: Hitam Klasik hingga Merah Berkelas, Ini 3 Warna Cat Kuku yang Populer di Seluruh Dunia

Lalu apa saja vitamin dan mineral yang berguna untuk menjaga kesehatan kuku? Berikut adalah penjelasannya. 
 

Ilustrasi kuku yang sehat (Sumber foto: freepik/Racool_studio)

Ilustrasi kuku yang sehat (Sumber foto: freepik/Racool_studio)


1. Biotin

Menurut Healthline, biotin atau vitamin B7 merupakan bagian dari kelompok vitamin B yang membantu pertumbuhan sel sehat dan memecah asam amino penting untuk membuat protein yang diperlukan bagi pertumbuhan kuku. Genhype bisa mendapatkan biotin dari berbagai makanan seperti hati, telur, susu, salmon, alpukat, kacang-kacangan, dan berbagai biji-bijian.


2. Zat besi

Zat besi merupakan bagian dari sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh, termasuk kuku. Kekurangan zat besi menyebabkan oksigen tidak dapat dibawa dengan baik ke sel-sel tubuh. Akibatnya, sejumlah organ tubuh akan mengalami penurunan seperti kuku rapuh, hingga terbentuknya garis-garis vertikal atau kuku menjadi cekung. 

Asupan zat besi juga bervariasi tergantung pada usia dan jenis kelamin. Bagi pria, disarankan mengonsumsi 8 mg zat besi per hari, sementara wanita usia 19-50 tahun disarankan mengonsumsi 18 mg per hari. Setelah wanita mencapai usia 50 tahun atau mengalami menopause, kebutuhan zat besinya turun menjadi 8 mg per hari.

Salah satu makanan yang diperkaya dengan zat besi adalah daging sapi, ayam, ikan, dan telur, makanan nabati seperti sayuran hijau gelap, kacang-kacangan, dan biji-bijian. 


3. Magnesium

Magnesium merupakan mineral yang penting bagi tubuh, termasuk pembentukan protein yang diperlukan untuk pertumbuhan kuku. Rekomendasi asupan harian magnesium adalah 400-420 mg untuk pria dan 310-320 mg untuk wanita. Makanan yang mengandung magnesium seperti biji-bijian utuh, sayuran hijau gelap, quinoa, almond, kacang mede, kacang tanah, edamame, dan kacang hitam.


4. Kolagen

Kolagen adalah protein yang penting untuk membuat jaringan penghubung di dalam tubuh. Nutrisi ini banyak digunakan untuk membentuk tulang, otot, tendon, kartilago, kulit, dan kuku. Menurut informasi dari laman Healthylife, mengonsumsi kolagen peptida setiap hari dapat membuat kuku tumbuh lebih baik, memperbaiki kuku yang rapuh, dan membuat kuku tidak mudah patah.
 

5. Zinc

Zinc adalah nutrisi penting yang berperan dalam proses biologis yang terkait dengan pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh, termasuk kesehatan rambut, kulit, dan kuku. Contoh makanan yang mengandung zinc adalah daging sapi, domba, kuning telur, tiram, makanan laut, susu, biji labu, paprika, serta biji-bijian utuh.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Resep Grilled Chicken Potato & Spinach Rendah Kalori, Cocok untuk Menu Diet

BERIKUTNYA

Sinopsis Bad Boys: Ride or Die, Kisah Kelanjutan Duo Detektif Nyentrik Tayang 5 Juni 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: