Ilustrasi obat dan vitamin. (Dok. Ksenia Yakovleva dari Unsplash)

4 Kiat Pilih Obat & Vitamin yang Aman saat PPKM

16 July 2021   |   18:34 WIB

Di tengah situasi meningkatnya kasus Covid-19 di Indonesia, tentu Genhype akan merasa lebih sadar akan perlunya gaya hidup sehat mulai dari pola makan yang sehat dan teratur, rutinitas olahraga, hingga perlunya menjaga kesehatan dengan menyediakan obat dan vitamin sesuai kebutuhan.

Akan tetapi, masa PPKM mewajibkan Genhype untuk melakukan transaksi pembelian obat dan vitamin serta konsultasi kesehatan dari rumah secara daring atau virtual. Dengan ini, tentu ada berbagai keterbatasan yang dialami ketika harus membeli obat & vitamin yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Yuk simak empat tips dalam memilah obat dan vitamin yang aman.

1. Perhatikan anjuran pemakaian
 

a

Ilustrasi obat dan vitamin. (Dok. Michael Longmire dari Unsplash)

Ketika melihat anjuran pemakaian pada obat dan vitamin, pastikan untuk memperhatikan batasan usia, jenis kelamin, maupun imbauan pengguna sesuai instruksi yang tertera pada obat dan vitamin. Hal ini terjadi karena biasanya setiap obat dan vitamin punya dampak yang berbeda pada setiap orang.

2. Konsultasi penggunaan dengan dokter atau apoteker
 

Ilustrasi konsultasi dengan dokter. (Dok. Karolina Grabowska dari Pexels)

Ilustrasi konsultasi dengan dokter. (Dok. Karolina Grabowska dari Pexels)

Bagi Genhype yang punya penyakit bawaan dan harus mengonsumsi obat tertentu, sangat wajib untuk melakukan konsultasi lanjut tentang komposisi obat dan vitamin yang akan dikonsumsi.

Tujuannya adalah untuk memastika apakah ada bahan-bahan tertentu yang dilarang atau tidak cocok ketika dikonsumsi bersama serta risiko efek samping yang bisa saja terjadi ketika mengonsumsi obat tersebut.

Di masa PPKM ini, konsultasi enggak perlu dilakukan dengan tatap muka tetapi bisa dilakukan melalui telemedisin atau konsultasi virtual melalui aplikasi maupun sambungan telepon secara daring.

3. Pastikan obat & vitamin sudah kantongi izin
 

Ilustrasi obat dan vitamin. (Dok. Anna Tarazevich dari Pexels)

Ilustrasi obat dan vitamin di toko. (Dok. Anna Tarazevich dari Pexels)

Hal ini sangat penting untuk diperhatikan mengingat obat dan vitamin yang sudah beredar luas di pasaran wajib mengantongi izin edar berupa sertifikasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sehingga keabsahannya terjamin. Untuk memeriksanya, Genhype bisa melakukannya melalui situs atau aplikasi resmi BPOM.

4. Simak dan pahami dosis kandungan vitamin
 

a

Ilustrasi obat dan vitamin. (Dok. Laurynas Mereckas dari Unsplash)

Sebagian Genhype ada yang mengonsumsi dua atau lebih vitamin untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya? Nah, sebenarnya konsumsi beberapa vitamin harus tetap memperhatikan dosisnya lho! Sebab, dosis yang berlebihan berpotensi punya berbagai macam risiko buruk pada tubuh.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Ini Empat Strategi Jitu Kopi Kenangan Tetap Ekspansif di Masa Pandemi

BERIKUTNYA

Mau Nonton Pertandingan Esport Free Fire All Stars 2021, Ini Jadwalnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: