Ilustrasi pasangan menghabiskan waktu bersama (Sumber foto: freepik)

4 Negara Terbaik Untuk Menghabiskan Masa Pensiun

01 June 2024   |   07:24 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Setelah puluhan tahun berkarier, setiap orang perlu menyiapkan rencana pensiun agar dapat menikmati masa tua dengan tenang dan bahagia. Misalnya, mengisi masa pensiun dengan berbagai aktivitas pengembangan diri, baik secara kesehatan fisik maupun mental. Selain itu, faktor tempat juga akan menentukan kualitas hidup pada masa senja tersebut.

Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih tempat yang cocok untuk menghabiskan masa berharga tersebut. Biaya hidup yang pas, kualitas layanan kesehatan yang memadai, stabilitas politik, dan keindahan alam termasuk beberapa di antaranya.

Baca juga: Ingin Memulai Bisnis Franchise Saat Pensiun? Ini Dia Pilihannya

Berkat banyaknya negara yang memiliki daya tarik bagi para pensiunan, memilih salah satu destinasi  yang cocok akan sangat sulit karena negara tersebut mungkin memiliki daya tarik yang serupa antara satu sama lain. 

Untuk itu, simak daya pikat empat negara terbaik untuk menghabiskan masa tua selepas pensiun yang dirangkum dari berbagai sumber:


1. Italia

Italia adalah negara yang kerap menjadi salah satu negara terbaik untuk para pensiunan, berkat kemampuanya untuk memadukan pesona dunia lama dan kenyamanan modern. Terletak di laut Mediterania, negara ini memiliki iklim yang cukup kondusif untuk beraktivitas di pantai dan pegunungan sepanjang tahun. 

Sebagai salah satu negara Eropa, Italia juga memiliki fasilitas-fasilitas modern dan layanan kesehatan yang cukup baik, serta rasa kebersamaan yang kuat. Negara ini juga kaya akan budaya, mulai dari kuliner lezat, kekayaan sejarah, dan masih banyak lagi. Aspek ini berkontribusi pada angka harapan hidup penduduknya yang tinggi, seperti Pulau Sardinia yang masuk ke daftar Blue Zone. 


2. Kosta Rika

Sama seperti Indonesia, negara Kosta Rika memiliki iklim tropis sehingga cocok untuk beraktivitas atau bersantai sembari menikmati alamnya yang indah. Bahkan para penduduknya mengedepankan gaya hidup Pura Vida, yaitu kehidupan yang lebih murni, tenang, menyatu dengan alam dan penuh tujuan. 

Selain itu, negara Amerika Tengah ini juga menawarkan stabilitas politik yang demokratis, layanan kesehatan yang terjangkau, dan biaya hidup yang relatif rendah. Semua ini menjadikannya pilihan yang sangat menarik bagi para pensiunan. Khususnya masyarakat Indonesia yang mencari suasana layaknya di Tanah Air.


3. Swiss

Jika ingin mengedepankan keamanan untuk pensiun, maka negara Swiss adalah jawabannya. Negara ini memiliki standar hidup yang tinggi berkat pajak yang rendah, layanan kesehatan yang sangat baik, tingkat kejahatan yang rendah, stabilitas politik, dan sistem jaminan sosial yang kuat.

Dari segi keindahan alam juga lengkap, dengan Pegunungan Alpen Swiss yang megah, danau-danau yang jernih, serta pegunungan yang subur dan kadang ditutupi oleh salju. Cocok untuk bersantai dalam ruangan, atau menjelajahi alam dengan melakukan hiking, trekking dan bahkan snowboarding


4. Selandia Baru

Berlokasi dekat Indonesia, Selandia Baru memang menawarkan beberapa lokasi yang cocok untuk dikunjungi oleh para pensiunan. Termasuk kawasan pesisir pantai seperti Golden Bay, Gunung Maunganui, Kaikoura, Gisborne, dan Pulau Waiheke. 

Baca juga: Hypereport: Putuskan Pensiun Dini karena Frugal Living

Adapun, warga Selandia Baru terkenal sangat ramah terhadap pendatang baru,  suka menjalin hubungan yang erat, dan memiliki gaya hidup yang santai. Negara ini juga memiliki fasilitas kesehatan yang sangat baik, dengan beberapa program kesehatan khusus untuk pensiunan. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Cek Daftar Harga Tiket Konser Super Show Spin-Off Super Junior Jakarta

BERIKUTNYA

Sinefil Merapat, Film Agak Laen Besutan Muhadkly Acho Mulai Tayang di Netflix

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: