Ilustrasi penelitian (Sumber: unsplash.com/@cdc)

5 Kuliah Terunik di Universitas Top Dunia, Ada Jurusan Teknik Taman Hiburan

27 May 2024   |   22:30 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Memilih jurusan kuliah yang tepat adalah tantangan yang dirasakan hampir semua calon mahasiswa setelah lulus sekolah. Mereka biasanya mempertimbangkan banyak hal dari peluang karier, kesesuaian dengan minat pribadi, sampai disrupsi profesi terhadap perkembangan AI. 

Melihat dilema ini sebagai peluang, beberapa universitas mulai menawarkan jurusan baru yang lebih spesifik untuk memenuhi kebutuhan dan minat para calon mahasiswa. Kampus coba menyeimbangkan antara daya tarik program studi dengan pendidikan yang padat, sehingga memiliki prospek masa depan yang terjamin.

Dari mempelajari sains di balik olahraga populer hingga membuat bangunan tahan api, simak 5 jurusan kuliah terunik dari universitas top dunia, Genhype kira-kira pilih yang mana? 

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah dengan Peluang Kerja Besar Tapi Jarang Dilirik
 

1. Viticulture and Enology - UC Davis

Jurusan ini mempelajari dua prinsip yang saling berhubungan dengan produksi anggur dan turunan alkoholnya, wine. Mahasiswa akan dididik dalam budidaya anggur (viticulture) dan pembuatan anggur (enology), serta pengetahuan praktis dan analisis statistik terkait pengelolaannya. Dari ketiga aspek tersebut, para mahasiswa bisa fokus pada studi yang paling mereka sukai, yang sesuai dengan rute karier. 

UC Davis atau Universitas California memiliki kebun anggur khusus untuk jurusan ini, yang dapat digunakan untuk menghancurkan anggur dan melakukan proses fermentasi wine mereka sendiri.

Untuk periode magang mahasiswa, mereka dapat melakukan perjalanan ke Prancis guna belajar dari pembuat wine terbaik di seluruh dunia. Product management, quality control, dan peneliti wine adalah beberapa opsi karir yang diambil oleh alumni dari jurusan spesial ini. 
 

2. Fire Engineering - University of Central Lancashire

Semua bangunan di dunia ini memiliki risiko untuk terbakar dari keadaan tertentu. Nah jurusan Fire Engineering dari University of Central Lancashire mempelajari ilmu untuk mengurangi risiko kebakaran, dengan mengaplikasikan beberapa prinsip dari ilmu teknik.

Mahasiswa dari jurusan ini akan mempelajari topik-topik seperti dinamika kebakaran, penilaian risiko kebakaran, investigasi kebakaran, dan teknik keselamatan yang diperlukan saat  kebakaran terjadi. Setelah lulus, kebanyakan dari mereka akan memiliki karir di bidang keselamatan dan manajemen risiko untuk konstruksi, serta layanan darurat seperti pemadam kebakaran. 
 

3. Surf Science - Cornwall College

Selama dua tahun, mahasiswa dari jurusan Surf Science di Cornwall College akan mempelajari semua aspek tentang berselancar. Baik dari segi kultur dan alam, hingga segi atletis seperti fisiologi, anatomi, dan biomekanik. 

Selain itu, mereka juga akan belajar sisi konservasi dan bagaimana cara membuat industri berselancar yang berkelanjutan untuk ekosistem dan pelaku bisnis yang terlibat. Hal ini dibuat dan diajarkan oleh banyak pakar industri, seperti Dr. Jamie Marshall dari International Surf Therapy Organisation, sampai Steve Bowers, pelatih atlet olahraga air profesional dan pendiri H2O Training. 
 

4. Dairy Herd Management - Reaseheath College & University Centre

Jurusan manajemen ini sedikit berbeda dari bidang manajemen lainnya, karena mahasiswa Dairy Herd Management akan mempelajari keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk mengelola peternakan sapi perah secara efisien dan berkelanjutan. 

Mata kuliah yang dipelajari sangat lengkap, mulai dari genetika sapi, nutrisi yang tepat, serta strategi pengelolaan kesehatan. Jika diterapkan, maka prinsip-prinsip ilmiah ini dapat meningkatkan kesehatan, efisiensi, dan keberlanjutan dari sebuah ternak dan peternakan. 

Tak hanya itu, di kampus tersebut mahasiswa juga bisa belajar di fasilitas rumah kaca dan pertanian vertikal yang sepenuhnya otomatis. Inovasi canggih ini merupakan satu-satunya dan hanya ada di Inggris.


5. Theme Park Engineering - Ohio State University

Jika Genhype suka bermain di taman hiburan sejak kecil, maka jurusan ini mungkin bisa jadi pilihan. Theme Park Engineering adalah jurusan yang ditawarkan oleh Ohio State University yang berfokus pada aspek teknis dari industri taman hiburan dengan tema khusus.

Mahasiswa akan terlibat dalam proyek, tur industri, konferensi, dan membangun jaringan dengan para profesional di industri ini untuk mendapatkan pengalaman dan pengetahuan langsung. Mulai dari teknik merancang, membangun, dan menjaga atraksi taman hiburan, termasuk wahana dan pertunjukannya.

Mereka juga akan belajar dari aspek bisnis dan pemasaran industri taman hiburan. Bahkan lulusan dari jurusan ini akan bekerja sebagai pengelola sebuah taman hiburan, atau bidang terkait seperti teknik, arsitektur, dan teknologi hiburan.

Baca juga: 4 Kiat Menentukan Jurusan & Universitas, Jangan Sampai Salah Pilih

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Turunan Omicron, Epidemiolog Sebut Tak Ada Perbedaan Gejala yang Signifikan pada Kasus FLiRT

BERIKUTNYA

Mencicipi Jyu Box Autentik ala Jepang di Karubi Maru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: