Spartan Race (Sumber Foto: Hypeabis.id/Eusebio Chrysnamurti)

Ajang Lari Halang Rintang Terbesar di Dunia, Spartan Race Digelar Pertama Kali di Indonesia

25 May 2024   |   10:39 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Spartan Race hadir untuk pertama kalinya di Indonesia. Ajang lari halang rintang terbesar di dunia tersebut digelar hari ini, Sabtu (25/5/2024) di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta. Diikuti oleh ribuan peserta, baik lokal maupun mancanegara, di mana kekuatan, ketangkasan,dan ketahanan fisik dan mental mereka akan diuji.

Rute yang menantang di Mitra Venue, Ancol Dream akan menguji kemampuan fisik dan mental pesertanya dengan medan yang penuh pasir, lumpur, beragam rintangan. Pertandingan ini akan hadir dengan berbagai kategori, untuk semua tingkat kebugaran dan fisik. 

Baca juga: Rekomendasi 8 Sepatu Lari untuk Pemula Produksi Brand Lokal

Spartan Race menghadirkan berbagai jenis balapan dengan jarak dan tingkat kesulitan yang berbeda, mulai dari Spartan Sprint, Spartan Super, Spartan Beast, Spartan Ultra, dan Spartan Stadium. Rintangan yang dihadirkan pun beragam termasuk, Tembok Panjat, Bawa Beban, Rope Climb, Monkey Bars, dan Spear Throw.
 

Peserta Spartan Race (Sumber Foto: Hypeabis.id/Eusebio Chrysnamurti)

Peserta Spartan Race (Sumber Foto: Hypeabis.id/Eusebio Chrysnamurti)

Selain itu, pertandingan lari halang rintang terbesar di dunia ini, digelar bertepatan dengan acara Jakarta Sprint + Kids 2024 di hari yang sama. Ajang tersebut mempertandingkan Sprint 5K dengan 20 hambatan serta Anak-anak 1-3K dengan 8-10 hambatan.

Sebagai tantangan khusus, Spartan membawa acara ketahanan unik mereka yang disebut Hurricane Heat, yakni semacam boot camp endurance selama 4 jam. Ini merupakan jenis olahraga yang mencakup berbagai gerakan kardio, latihan kekuatan, dan latihan kecepatan dalam satu sesi

Spartan Race – Jakarta Sprint + Kids 2024 juga akan menjadi event kedua dari Seri Asean Selatan 2024 (Singapura – Indonesia – Malaysia) yang berfungsi sebagai lomba kualifikasi untuk kejuaraan Spartan Race APAC di Gold Coast Australia pada September 2024 mendatang.
 

Rintangan di Spartan Race (Sumber Foto: Hypeabis.id/Eusebio Chrysnamurti)

Rintangan di Spartan Race (Sumber Foto: Hypeabis.id/Eusebio Chrysnamurti)

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, menyambut baik dan mendukung penyelenggaraan Spartan Race sebagai lomba lari halang rintang. Terlebih ajang ini digelar untuk pertama kalinya di Indonesia.

"Kita merasa senang karena lomba lari halang rintang terbesar dunia seperti Spartan ini diselenggarakan di Jakarta. Lomba lari seperti Spartan ini menjadi pemicu untuk menarik sebanyak mungkin kegiatan olahraga internasional di Indonesia," ujar Dito, dikutip dari laman Kemenpora. 

Adapun Michael Goodwin, Group CEO of Spartan menyampaikan apresiasinya kepada Menpora atas dukungan yang diberikan untuk penyelenggaraan Spartan Race di Jakarta.

"Kami menargetkan sekitar 3.000 peserta lebih dan ini sangat baik untuk penyelenggaraan pertama kali di Jakarta. Semoga tahun depan bisa kembali di laksanakan tapi di beberapa daerah lain di Indonesia seperti di Bali dan sebagainya," harapnya

Pada gelarannya di Asia Tenggara, terutama di Indonesia, Spartan Race menggandeng BRImo sebagai exclusive mobile banking partner. Partisipasi BRI kali ini merupakan bentuk dukungan dalam kegiatan yang menyasar keluarga muda sebagai target market di event ini. Sekaligus, menjadi wadah untuk memperluas pasar BRImo di berbagai lapisan masyarakat.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

TikTok Dihantam Tech Winter, Bakal Ada PHK Massal Secara Global

BERIKUTNYA

Killing Me Inside Re:Union Tampil Sebagai Band Pembuka di Konser Avenged Sevenfold

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: