Outfit vintage (Sumber foto: Pexels/Aline Viana Prado)

Cottagecore hingga Coquette, Ini Outfit Vintage yang Kembali Jadi Tren di 2024

25 May 2024   |   10:36 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Outfit vintage yang mencerminkan nostalgia akan gaya masa lalu kembali menjadi tren pada 2024. Sebenarnya gaya vintage memiliki arti yang beda-beda tergantung pada konteksnya, tapi umumnya mengacu pada mode, dekorasi rumah, atau estetika yang terinspirasi dari masa lalu.

Dilansir melalui Prazzle, meskipun tidak ada definisi pasti dari vintage, tapi biasanya gaya ini mengacu pada mode yang muncul pada 20 hingga 100 tahun yang lalu. 

Jadi, barang-barang yang dibuat pada tahun 1920-an akan dianggap vintage saat ini. Gaya vintage sejati melibatkan penggunaan pakaian atau barang asli dari era yang bersangkutan serta menekankan sejarah dan karakter unik di zaman tersebut. Lalu, apa saja outfit vintage yang kembali menjadi tren tahun ini? Simak artikel berikut.
 

1. Preppy College

Salah satu outfit vintage yang mulai muncul kembali di tahun 2024 adalah preppy college. Gaya ini terinspirasi dari pakaian yang biasa dipakai oleh mahasiswa di perguruan tinggi, terutama di perguruan tinggi Ivy League yang terkenal di Amerika Serikat. Outfit ini sangat populer dengan menggabungkan outfit khas dari pakaian mahasiswa seperti polo shirts dan rugby pants. 
 
 


2. Cottagecore

Meskipun beberapa tahun terakhir ada perubahan dalam tren busana secara global, tapi cottagecore tetap miliki pengaruh yang signifikan dalam dunia mode. Dilansir melalui Who What Wear, cottagecore merupakan sebuah gaya hidup yang terinspirasi dari kehidupan pedesaan, terutama di cottage. Estetika dari cottagecore sendiri terdapat pada nuansa romantis dengan sentuhan praktis yang dibutuhkan ketika hidup di ladang atau tempat terpencil. 
 

Gaya ini ditandai dengan penggunaan pakaian buatan tangan seperti mantel, balaclavas rajut, dan kalung-kalung unik, serta pakaian dengan gaya Victoria seperti korset, blus Peter Pan, dan gaun berlengan mekar. Motif-motifnya juga mengingatkan pada masa lalu seperti renda, kain eyelet, toile, dan motif bunga.


3. Coquette Aesthetic

Selain itu ada coquette aesthetic, salah satu outfit vintage yang sedang naik daun di tahun 2024. Awalnya style ini kembali dipopulerkan oleh penyanyi yang mengadopsi gaya vintage seperti Lana Del Rey. Gaya ini menonjolkan feminin manis dan romantis yang terinspirasi dari era jadul tahun 1950 hingga 1960-an. Elemen vintagenya seperti gaun dengan detail renda, rok tutu, pita, dan warna-warna pastel adalah bagian dari estetika ini. 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by LANA DEL REY (@honeymoon)

 


4. Y2K

Y2K merupakan salah satu tren outfit yang mengambil inspirasi dari awal tahun 2000-an dengan elemen-elemen seperti low-rise jeans, crop tops, cargo pants, dan aksesori mencolok seperti kacamata hitam kecil dan tas bahu mini. Gaya ini sangat mencerminkan sosok yang ceria dan edgy
 
 


5. Cheetah Print

Dilansir melalui New York Post, para peramal tren di fashiontok menyatakan bahwa motif macan tutul akan kembali populer di tahun 2024, dengan beberapa di antaranya juga memprediksi kebangkitan gaya indie sleaze dan estetika gadis pesta awal 2000-an. Tren ini kembali populer dengan penggunaan dalam berbagai item fashion seperti rok, gaun, blus, dan aksesori.



(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

5 Cara Asyik Habiskan Akhir Pekan Saat Libur Panjang

BERIKUTNYA

Rawan Didera Stres, Psikolog Tekankan Pentingnya Work Life Balance Bagi Masyarakat Kota

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: