Furiosa: A Mad Max Saga. (Sumber foto: Warner Bros. Pictures)

Urutan Nonton Film Mad Max Sesuai Tahun Rilis

24 May 2024   |   20:23 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Waralaba laga post-apocalyptic garapan George Miller berlangsung selama beberapa dekade, dan ada berbagai cara untuk menonton film Mad Max secara berurutan, baik secara tahun rilis atau kronologis. Miller memulai serial ini pada 1979 dengan Mel Gibson yang memainkan peran utama Max Rockatansky.

Film beranggaran rendah yang didasarkan pada realisme ini menjadi titik awal tak terduga untuk sebuah franchise film yang terus dijadikan referensi oleh pembuat film hingga beberapa dekade kemudian. Mad Max hadir di dunia di mana umat manusia berada dalam keadaan pascaapokaliptik karena perang besar-besaran yang menyisakan sedikit sumber daya bagi para penyintas.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Film Furiosa: A Mad Max Saga, Adu Peran Anya Taylor-Joy dan Chris Hemsworth

Dengan lima seri yang berlangsung selama 45 tahun terakhir, waralaba Mad Max layak untuk disaksikan kembali dan lebih dari satu kali. Satu pertanyaan yang muncul pada waralaba mana pun yang memiliki banyak entri atau sudah ada selama ini adalah urutan penayangan terbaik.

Ada dua pilihan berbeda tentang cara menonton aksi laga ala Miller. Genhype dapat menyaksikannya sesuai dengan tahun rilis atau secara kronologis, yang mengubah penempatan beberapa entri berdasarkan timeline Mad Max.

Film Mad Max dalam urutan rilis dimulai dengan film pertama yang dibintangi Mel Gibson pada 1979, meskipun tidak tayang perdana di Amerika Serikat hingga 1980. Miller dan Gibson kemudian kembali dengan Mad Max: The Road Warrior dua tahun kemudian.

Duo ini melengkapi trilogi aslinya pada 1985 dengan dirilisnya Mad Max Beyond Thunderdome. Miller harus menunggu tiga dekade untuk membawa Mad Max: Fury Road ke bioskop pada 2015 setelah proses pengembangan film yang penuh gejolak. Kesuksesan film tersebut membuka jalan bagi spin-off Mad Max pertama yang dibuat pada 2024, Furiosa: A Mad Max Saga.


1. Mad Max (1979)

Mad Max (1979). (Sumber foto: MGM)

Mad Max (1979). (Sumber foto: MGM, Warner Bros.)

Film pertama Mad Max adalah titik paling awal dari franchise ini. Film ini mengambil latar beberapa tahun di masa depan. Diyakini bahwa Mad Max terjadi pada 1985 berdasarkan tanda-tanda yang ditunjukkan lewat latar era distopia awal. Film ini mengikuti misi Max untuk menjatuhkan Toecutter dan menandai awal transformasinya menjadi 'Mad Max' setelah kematian keluarganya.


2. Mad Max: The Road Warrior (1981)

Mad Max: The Road Warrior (1981). (Sumber foto: Warner Bros.)

Mad Max: The Road Warrior (1981). (Sumber foto: Warner Bros.)

Mad Max: The Road Warrior merupakan kelanjutan cerita Mad Max baik dalam urutan rilis maupun kronologis. Sekuelnya berlangsung tiga tahun setelah Mad Max pertama. Ini berarti peristiwa Mad Max: The Road Warrior terjadi sekitar 1988. Tiga tahun antara film asli dan sekuelnya membuat dunia Mad Max hancur hingga menjadi lanskap pascaapokaliptik di mana umat manusia berjuang untuk bertahan hidup.


3. Mad Max Beyond Thunderdome (1985)

Mad Max Beyond Thunderdome (1985). (Sumber foto: Warner Bros.)

Mad Max Beyond Thunderdome (1985). (Sumber foto: Warner Bros.)

Film ketiga, Mad Max Beyond Thunderdome, juga masih mengikuti urutan penayangan kronologis dari serial tersebut. Film ini tidak secara langsung mengkonfirmasi timelinenya, tetapi diperkirakan kejadian dalam film ini mengambil latar beberapa tahun setelah 1999 berdasarkan penanda tentang kapan Kapten Walker pergi mencari bantuan. Penulis skenario Terry Hayes mengatakan 15 tahun telah berlalu di dalam film. Sehingga, diperkirakan kisah Mad Max Beyond Thunderdome terjadi pada 2003.


4. Mad Max: Fury Road (2015)

Mad Max: Fury Road (2015). (Sumber foto: Warner Bros.)

Mad Max: Fury Road (2015). (Sumber foto: Warner Bros.)

Setting Mad Max Beyond Thunderdome tidak sesuai dengan detail pada prekuel Mad Max: Fury Road tentang kapan perang nuklir terjadi. Dengan demikian, Mad Max: Fury Road adalah titik terjauh dalam timeline Mad Max sejauh ini, menjadikannya bagian terakhir secara kronologis. Film ini berulang kali bertentangan dengan latarnya dibandingkan dengan trilogi asli Mel Gibson. Hal ini membuat sangat sulit untuk menentukan kapan tepatnya Mad Max: Fury Road terjadi. Namun, para penggemarnya percaya bahwa film ini mengambil latar belakang beberapa tahun setelah film ketiga dan Furiosa.


5. Furiosa: A Mad Max Saga (2024)

Furiosa: A Mad Max Saga (2024). (Sumber foto: Warner Bros.)

Furiosa: A Mad Max Saga (2024). (Sumber foto: Warner Bros.)

Furiosa: A Mad Max Saga hadir lebih awal secara kronologis Mad Max berkat latar prekuelnya. Meskipun Furiosa terjadi 45 tahun setelah peristiwa apokaliptik dalam franchise tersebut, latar film ini sebenarnya terjadi 15 tahun sebelum peristiwa Mad Max: Fury Road

Dengan demikian, tidak ada metode menonton yang salah maupun benar waralaba Mad Max berada pada timeline yang fleksibel, di mana penonton dapat memulainya secara bebas. Kanon yang lebih longgar dan fokus yang lebih kecil pada cerita berseri memberikan kesempatan kepada pemirsa untuk menonton film mana pun dan tetap memahami apa yang terjadi di dalamnya. Waktu rilis dan urutan kronologis keduanya memiliki manfaat masing-masing dan dapat memberikan pengalaman berbeda.

Jika ada urutan tontonan yang direkomendasikan untuk film Mad Max, urutan rilis harus diutamakan daripada urutan kronologis. Menonton film berdasarkan tanggal rilis memungkinkan penonton untuk melihat franchise tersebut berkembang seperti di kehidupan nyata. Cara ini juga menciptakan pengalaman menonton yang lebih memuaskan ketika menonton Mad Max: Fury Road dan kemudian Furiosa daripada menontonnya secara berlawanan.

Baca juga: Gemuruh Standing Ovation di Cannes Film Festival 2024, Megalopolis hingga Furiosa: A Mad Max Saga

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Desain Rumah Dingin Tanpa AC, Perhatikan Hal-hal Ini

BERIKUTNYA

5 Resep Jus Buah untuk Mengatasi Wajah Berjerawat dari Dalam

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: