Ilustrasi penari Bali. (Sumber foto: Unsplash/mtsjrdl)

Menghidupkan Pariwisata Indonesia Melalui International Dance Competition Line Dance

19 May 2024   |   14:10 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

International Dance Competition Line Dance yang tengah berlangsung di Prama Sanur Beach, Bali menambah gairah sektor pariwisata Indonesia. Ajang internasional ini diharapkan dapat diadakan di berbagai daerah di dalam negeri agar terjadi persebaran wistawan mancanegara pada masa yang akan datang.

Pengamat Pariwisata Chusmeru mengatakan bahwa kompetisi International Dance Competition Line Dance akan menambah gairah pariwisata di dalam negeri. Bagaimana tidak, kompetisi ini diikuti 180 peserta dari enam negara termasuk Malaysia, Korea Selatan, Jepang, Thailand, dan Belanda.

Baca juga: Mendikbudristek Nadiem Makarim Bakal Meresmikan Indonesian Heritage Agency di Benteng Vredeburg. Apa Fungsinya?

“Tentu saja, kompetisi internasoinal ini dapat menjadi ajang promosi sekaligus juga pengenalan seni budaya serta pariwisata Indonesia,” ujarnya kepada Hypeabis.id.

Dia menuturkan, fesival internasional ini juga dapat menjadi media komunikasi lintas budaya antarnegara lewat tarian. Menurutnya, Indonesia yang memiliki banyak ragam tarian di dalam negeri dapat memperoleh dampak positif dengan keberadaan ajang tersebut.

Tidak hanya itu, festival tari itu juga memberikan nilai tambah dalam berwisata bagi para wisatawan asing yang berkunjung ke Bali di mana mereka dapat menyaksikan atraksi wisata berupa tarian sambil berkunjung ke Indonesia.

Chusmeru menambahkan, pemerintah juga bisa membuat para wisatawan mancanegara yang menyaksikan kompetisi tari internasional atau peserta untuk datang kembali meskipun bukan langkah yang mudah untuk dilakukan.

Pemerintah perlu melakukan beberapa hal, seperti melakukan kolaborasi atau membangun jejaring yang lebih luas pada masa yang akan datang menyelenggarakan festival tari internasional berikutnya di Indoensia dengan melibatkan partisipan yang lebih diversif.

Selain itu, Chusmeru berharap penyelenggaraan festival tari internasional ini pada masa berikutnya tidak hanya dilakukan di Bali saja agar terjadi persebaran wisatawan mancanegara ke Indonesia. Dengan demikian akan terjadi persebaran kunjungan wisatawan mancanegara.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendukung penyelenggaraan International Dance Competition Line Dance 2024, yang berlangsung pada 18-19 Mei 2024 di Prama Sanur Beach, Bali.

Dia menuturkan bahwa festival tari itu sangat mendukung industri parwisata Indonesia, membangkitkan perekonomian daerah, menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara ke Bali.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Ada Ayam Betutu Hingga Es Daluman, Cek 5 Kuliner Khas Bali yang Tidak Boleh Dilewatkan

BERIKUTNYA

Elon Musk Resmikan Starlink di Indonesia, Ini Kelebihan & Kekurangannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: