Potret mendiang Jhonny Iskandar (Sumber gambar: Instagram @jhony.isk)

Mengenang Jhonny Iskandar dan 5 Karya Musik Terbaiknya

14 May 2024   |   19:45 WIB
Image
Andika Prasetyo Mahasiswa IISIP Jakarta

Like
Belum lama ini, kabar duka menyelimuti industri hiburan dalam negeri. Salah satu penyanyi dangdut senior, Jhonny Iskandar menghembuskan napas terakhir pada Jumat (10/5/2024), di rumah sakit di daerah Cikaret, Bogor, Jawa Barat. Sang musisi berpulang ke pangkuan ilahi pada usia 64 tahun.

Jhoni Iskandar atau yang lebih dikenal dengan nama Jhonny Iskandar, merupakan musisi senior kelahiran Gresik, 20 Oktober 1959. Namanya mulai dikenal luas oleh publik pada awal 1980-an, sebagai vokalis utama Orkes Moral Pengantar Minum Racun (OM PMR). Grup musik yang berdiri pada 1977 tersebut, diinisiasikan oleh pelawak legendaris, Kasino.

Baca juga: Mengenang Ade Paloh, Cek 4 Karya Terbaiknya Bersama Band Sore

Bersama OM PMR, Jhonny Iskandar kerap menciptakan karya musik yang unik dan ikonik. Dengan lagu-lagu dangdut jenaka khas mereka seperti, Judul-Judulan, Bintangku Bintangmu, Malam Jumat Kliwon dan lain sebagainya, Jhonny mulai menapaki puncak kejayaannya dalam bermusik.

Lagu-lagu tersebut tidak hanya sekedar menghibur, tetapi juga menjadi kritik sosial yang dikemas dengan lirik jenaka khas OM PMR. Namun, pada akhir 1980-an, Jhonny Iskandar memutuskan untuk keluar dari OM PMR dan memilih untuk bersolo karier. Sebagai penyanyi solo, Jhonny kerap meluncurkan single hits seperti, Secangkir Kopi, Bukan Pengemis Cinta dan lain sebagainya.

Selama lebih dari 40 tahun berkarier sebagai penyanyi dangdut, tak terhitung karya musik dari mendiang Jhonny Iskandar yang sudah menghiasi industri musik Tanah Air. Meskipun telah tiada, warisan musiknya mungkin akan tetap menggelora dan tetap didengarkan oleh penggemar musik.

Untuk mengenang kepergiannya, berikut rekomendasi lagu dari mendiang Jhonny Iskandar, baik bersama OM PMR maupun saat bersolo karier yang dapat menemani Genhype berdendang.


1. Judul-Judulan




Lagu pertama yang bisa Genhype dengarkan yaitu Judul-Judulan. Lagu yang dirilis pada 1987 tersebut dipopulerkan oleh Jhonny Iskandar bersama grup musik yang melambungkan namanya, OM PMR. Lagu Judul-judulan menjadi lagu yang membuat nama OM PMR melejit di industri musik Tanah Air.

Lagu tersebut mengandung lirik yang bernuansa nyentrik dengan diiringi irama suling dan ketipung. Lirik dari lagu Judul-judulan terkesan berima dan repetitif, serta sebagian besar bercerita tentang laki-laki yang menggoda perempuan.


2. Banjir




Lagu selanjutnya yang bisa Genhype dengarkan yaitu Banjir. Sama seperti lagu sebelumnya, lagu berjudul Banjir dipopulerkan oleh Jhonny Iskandar bersama grup musik OM PMR.

Lagu tersebut mengandung lirik yang bernuansa lucu dan menghibur. Lagu Banjir merupakan parodi dari lagu berjudul Antara Benci dan Rindu yang dipopulerkan oleh Ratih Purwasih.


3. Malam Jumat Kliwon




Lagu selanjutnya yang bisa Genhype dengarkan yaitu berjudul Malam Jumat Kliwon. Lagu yang dirilis pada 1987 tersebut dipopulerkan oleh Jhonny Iskandar bersama grup musik dangdut jenaka, OM PMR.

Lagu tersebut mengisahkan perjalanan seseorang ketika pulang melewati kuburan saat malam Jumat Kliwon. Lagu ini juga menunjukkan sisi humor ketika orang tersebut melihat sosok makhluk astral.

Ketika aku mau pingsan, akhirnya dia pingsan duluan, Melihat celana kedodoran, mencium badanku bau menyan,” demikian sepenggal lirik dari lagu Malam Jumat Kliwon. 


4. Bukan Pengemis Cinta




Selain menjadi vokalis Orkes Moral Pengantar Minum Racun (OM PMR), Jhonny Iskandar juga meniti karier sebagai penyanyi solo. Melalui karya solonya yang berjudul Bukan Pengemis Cinta, lagu tersebut menjadi salah satu yang mengangkat karier Jhonny Iskandar.

Dirilis pada 1993, lagu ini menceritakan kisah seorang pencinta yang enggan menderita, meski putus dari kekasihnya. Lagu ini menjadi identik sang musisi, dengan ciri khas lagu ini di bagian lirik 'cinta' dengan suara melengking khas Jhonny Iskandar.


5. Secangkir Kopi




Selain Bukan Pengemis Cinta, Jhonny Iskandar juga merilis lagu solo berjudul Secangkir Kopi. Dirilis pada 1987, lagu tersebut ditulis oleh komposer lagu dangdut ternama, Ferry A.W.

Lagu tersebut mengisahkan seorang suami yang merasa diabaikan oleh istrinya, sehingga tidak merasa bahagia di rumah. Karena itu sang suami mencari pelarian dengan pulang malam. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

4 Kolaborasi Unik Merek Fesyen & Anime: Ada Gucci x Jojo’s Bizarre

BERIKUTNYA

8 Destinasi di Asia yang Cocok Buat Slow Travel, Ada Kota di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: