Jogging adalah salah satu kegiatan yang kerap dilakukan banyak orang saat car free day (Sumber gambar: pexels/ Daniel Reche)

Cek Jadwal Braga Beken dan Car Free Day di Kota Bandung

11 May 2024   |   14:44 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Kota Bandung menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi banyak orang untuk menghabiskan waktu liburan, tidak terkecuali pada libur panjang akhir pekan ini. Genhype yang tengah berada di kota yang terkenal dengan sebutan Kota Kembang itu juga dapat menikmati jalan-jalan tanpa kendaraan.

Hari bebas kendaraan atau car free day diberlakukan kembali di Bandung di sejumlah ruas jalan utama. Dengan begitu, Genhype dapat melakukan banyak aktivitas di titik-titik jalan tanpa kendaraan seperti olahraga atau sekadar menikmati Bandung pada pagi hari sambil berjalan kaki. 

Baca juga: 5 Desa Wisata di Bandung Cocok Buat Healing, Ada Alamendah dan Sugihmukti

Banyak bangunan zaman dulu dengan desain arsitektur unik ditambah dengan suasana yang sejuk dan pohon rindang turut menambah keasyikan saat menikmati jalan-jalan di kota Paris Van Java ini. Semua itu akan memberikan pengalaman yang begitu mengesankan.

Dikutip dari akun Instagram Dinas Perhubungan, Pemerintah Kota Bandung menjalankan kembali program tanpa kendaraan di jalan tertentu dalam dua kategori berbeda. Pertama adalah di Jalan Braga yang dikenal dengan Braga Beken atau Braga Bebas Kendaraan.

Program ini berlangsung setiap Sabtu mulai pukul 00.00 WIB sampai Minggu pukul 23.59 WIB. Dalam kegiatan Braga Beken, masyarakat dapat menikmati suasana Bandung tempo dulu tanpa ada kendaraan yang melintas, bahkan bebas dari pedagang kaki lima.

Aturan lain dalam kegiatan ini juga masyarakat tidak boleh membawa hewan peliharaan apa pun. Contoh larangan lainnya adalah masyarakat yang datang ke Jalan Braga tidak boleh membagikan brosur atau flyer di kawasan tersebut ketika kegiatan berlangsung.

Pemerintah Kota Bandung akan mengadakan Braga Beken pada 11-12 Mei 2024. Dengan begitu, kalian yang tengah berada di kota ini dapat mengunjunginya dan menikmati salah satu jalan yang menjadi ikon kota tersebut.

Selqin Braga Beken, kegiatan bebas kendaraan lainnya adalah car free day. Pemerintah mengadakan ajang ini di kawasan Dago atau yang kerap dikenal dengan CFD Dago. Di tempat ini, kegiatan berlangsung di sepanjang Jl. Ir. H. Juanda dari simpang Dago sampai ke kawasan BIP.

Selain Dago, kegiatan car free day juga diadakan oleh pemerintah di Jalan Buah Batu atau CFD Bubat. Namun, car free day di Dago dan Buah Batu ditentukan setiap dua pekan dan sayangnya tidak ada jadwal pada Minggu, 12 Mei 2024.

Dikutip dari laman Pemerintah Porvinsi Jawa Barat, CFD di dua tempat itu hadir setiap minggu pertama dan ketiga setiap bulannya. Adapun, hari tanpa kendaraan di Paris Van Java ini berlangsung mulai pukul 06.00 WIB sampai 10.00 WIB.

Selama penerapan car free day, kendaraan apa pun tidak boleh melintas. Tidak hanya itu, pedagang atau penjaja makanan apa pun juga tidak boleh berada di ruas jalan yang ditetapkan oleh pemerintah sebagai tempat CFD. 

Baca juga: Soora Music Festival Bandung Jadi 2 Hari, Agnez Mo hingga Mahalini Siap Beraksi

Untuk diketahui, car free day dan Braga Beken menjadi salah satu daya tarik yang diharapkan dapat menghidupkan kembali semangat pariwisata di Bandung. Kebijakan yang membuat kendaraan tidak dapat melintas di ruas jalan tertentu ini akan memperkenalkan keindahan dan keunikan Bandung kepada pengunjung dari luar kota.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

5 Gunung dengan Jalur Pendakian Tersulit di Indonesia, Semuanya di Luar Jawa

BERIKUTNYA

Profil Tomas Bata: Raja Sepatu Asal Ceko yang Jadi Merek Legendaris di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: