12.12: The Day (Sumber Foto: Imdb)

Sinopsis 12.12: The Day, Pemenang Film Terbaik Baeksang Arts Awards 2024

08 May 2024   |   17:18 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Film 12.12: The Day meraih piala Daesang di ajang penghargaan film bergengsi Korea Selatan, Baeksang Arts Awards 2024 yang baru saja rampung digelar di Coex Hall D, Seoul. Daesang merupakan penghargaan tertinggi atau grand prize di perhelatan tersebut.

Pada tahun ke-60 penyelenggaraannya, ajang ini kembali memberikan apresiasi untuk sineas di bidang televisi, film, serta teater. Nama-nama sineas dan judul film yang masuk dalam nominasi ditentukan melalui survei panel yang terdiri dari 60 pakar industri terkait yang telah memenuhi syarat. 

Baca juga: Daftar Pemenang Baeksang Arts Awards 2024, Drama Moving & Film 12.12: The Day Raih Daesang

Adapun, 12.12: The Day tayang perdana pada 22 November 2023. Film bergenre historical-action ini disutradarai oleh Kim Sung-su yang pernah menggarap City of the Rising Sun (1998), Please Teach Me English (2003), The Flu (2013), serta Asura: The City of Madness (2016). 

Sineas Korsel yang terlibat dalam proyek ini antara lain penata musik Lee Jae-jin, sinematografer Lee Mogae, dan disunting oleh Kim Sang-beom. Sementara itu, aktor dan aktris yang berperan di film ini adalah Hwang Jung-min, Jung Woo-sung, Lee Sung-min, Park Hae-joon, hingga Kim Sung-kyun. 

Film yang juga memiliki judul Spring in Seoul ini diproduksi oleh Hive Media Corp dan didistribusikan oleh Megabox Plus M. Total durasi filmnya adalah 2 jam 21 menit. 
 

Film 12.12: The Day diangkat dari kisah nyata tentang insiden kudeta militer pada 1979 di Korea Selatan usai terbunuhnya presiden Park Chung-hee. Pada Desember 1979, Seoul sedang mengalami musim dingin yang cukup ekstrem.

Saat terjadinya insiden pembunuhan terhadap sang presiden, darurat militer telah diumumkan. Chun Doo-kwang (Hwang Jung-min) yang merupakan Komandan Komando Keamanan Pertahanan dan pendiri klub militer rahasia Hanahoe memimpin Pemberontakan Militer 12.12, bersama kelompok perwira yang mengikutinya.

Aksi kudeta yang dilakukan Chun Do-kwang ditentang oleh Komandan Pertahanan Ibu Kota Lee Tae-shin (Jung Woo-sung), yang adalah prajurit keras kepala tapi tetap berpedoman pada keyakinannya. 

Chun Doo-kwang melayangkan perintah untuk menangkap seorang jenderal, meski tanpa izin dari presiden. Keputusan tersebut ditentang oleh Lee Tae-shin. Menurutnya, militer tidak boleh mengambil tindakan politik. Tae-shin pun melawan Doo-gwang untuk menghentikannya.

Konflik antara keduanya memanas ketika para pemimpin militer memegang keputusan mereka. Situasi negara menjadi kacau, terlebih setelah Menteri Pertahanan telah tiada. Kondisi Korea Selatan ketika itu berubah menjadi tidak kondusif dan menegangkan.
 

Daftar Pemeran 12.12: The Day

  • Hwang Jung-min sebagai Jeon Doo-gwang 
  • Jung Woo-sung sebagai Lee Tae-shin 
  • Lee Sung-min sebagai Jeong Sang-ho (Kepala Staf)
  • Kim Sung-kyun sebagai Kim Jun-yeop (Inspektur Polisi Militer)
  • Park Hae-joon sebagai Noh Tae-goon (Komandan Divisi 9)
  • Kim Eui-sung sebagai Oh Guk-sang (Menteri Pertahanan Nasional)
  • Jung Dong-hwan sebagai Choi Han-gyu (Predisen) 
  • Ahn Nae-sang sebagai Han Young-gyu (Komandan Korps 1)
  • Jung Hae-in sebagai Oh Jin-ho (Mayor Pasukan Khusus) 
Baca juga: Sinopsis & Daftar Pemain Drakor The Atypical Family, Comeback Jang Ki-yong Setelah Wamil

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Film Malam Pencabut Nyawa Hadir di Cannes Film Market

BERIKUTNYA

Menjelajah Kuliner Rumahan ala Tentrem Yogyakarta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: