Lake Pukaki dan Mount Cook di New Zealand (Sumber foto: freepik/wirestock)

5 Danau Paling Jernih di Dunia dengan Lanskap Menakjubkan

06 May 2024   |   11:16 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Selain pantai, salah satu destinasi wisata alam yang menarik dikunjungi para pelancong adalah danau. Tempat yang sering menjadi habitat bagi beragam flora dan fauna ini merupakan salah satu keindahan alam yang menakjubkan dan disukai oleh banyak wisatawan. 

Tak hanya itu, danau terkenal karena menyajikan pemandangan yang sangat indah. Di Indonesia sendiri, terdapat berbagai macam danau yang sangat eksotis dan tersebar dari Sabang hingga Merauke yang dapat memanjakan mata pengunjung. 

Baca juga: 10 Negara Paling Bahagia di Dunia, Finlandia Bertahan di Peringkat Pertama

Namun, dari banyaknya danau yang ada di dunia, ada beberapa danau yang dikenal karena berisi air yang sangat jernih. Kejernihan ini sering kali disebabkan oleh sejumlah faktor, termasuk kedalaman dan kebersihan lingkungan sekitar danau tersebut. Bahkan salah satu danau ini dijuluki sebagai danau dengan air terjenih di dunia. Penasaran seperti apa bentuk danau tersebut? Yuk, simak artikel ini. 


1. Blue Lake - Selandia Baru

Salah satu danau yang dianggap sebagai danau terjernih di dunia adalah Blue Lake yang terletak di bagian atas Pulau Selatan Selandia Baru pada ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Selain dapat memberikan rasa ketenangan, danau ini juga dikenal karena memiliki air yang sangat jernih.

Menurut laporan dari laman Lake Scientist, kedalaman maksimum Blue Lake mencapai 76 meter dengan visibilitas di dalam airnya diperkirakan mencapai 76 meter juga. Hal tersebut setara dengan kejernihan air suling. Selain itu, warna biru ungu yang terlihat di danau ini merupakan fenomena alami yang hanya terjadi di air yang sangat jernih. Sebagai salah satu danau terjernih di dunia, Blue Lake juga menawarkan pemandangan indah di sekitar danau.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Me (@ireallylikethistoo)


2. Lake McKenzie - Australia

Lake McKenzie merupakan salah satu situs alam paling populer di Pulau Fraser, Australia yang memiliki air danau terjernih. Dilansir melalui Great Value Vacations, Lake McKenzie terletak di Taman Nasional Great Sandy dan memiliki pasir putih yang terbuat dari silika putih murni. Pasir tersebut berfungsi sebagai penyaring untuk membersihkan air sehingga airnya terlihat begitu murni.

Pasir putih tersebut juga yang membuat warna biru cerah danau semakin terlihat jelas. Memiliki kedalaman yang tak lebih dari 20 kaki, Lake McKenzie sering digunakan wisatawan untuk snorkeling, mendayung, dan berenang.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by (@letsgetouttahere_)


3. Crater Lake - Oregon

Crater Lake, salah satu danau paling terkenal di Amerika Serikat karena terbentuk setelah runtuhnya gunung berapi ribuan tahun lalu dan terkenal dengan warna biru dalamnya yang berasal dari salju dan hujan serta kebersihan airnya yang sangat indah.

Danau ini merupakan salah satu tempat paling populer di Taman Nasional Crater Lake dengan kejernihan air hampir mencapai 150 kaki. Pemandangan Crater Lake sering kali diselubungi awan karena ketinggian tempatnya hingga hampir seluruh airnya berasal dari salju yang mencair. 
 


4. Torch Lake - Michigan

Selain itu, ada juga danau pedalaman terpanjang di Michigan yang dikenal karena airnya yang jernih dan biru, yakni Torch Lake. Danau ini memiliki air berwarna biru tosca yang unik dengan dasar danau yang kaya akan tanah liat. Torch Lake menjadi salah satu daya tarik utama karena terkenal dengan warna permata dan pasirnya yang nyaman untuk bersantai. Panjang danau ini mencapai 19 mil dan menjadi tujuan favorit bagi para pelaut untuk houseboat trips.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by @greatlakesgreatliving


5. Five Flower Lake - China

Five Flower Lake merupakan salah satu danau yang terletak di Lembah Jiuzhaigou dan menjadi UNESCO World Heritage Site di Provinsi Sichuan, China. Danau ini terkenal dengan airnya yang biru tosca yang memukau dan kehidupan tanaman bawah air yang berwarna-warni. 

Baca juga: 6 Kampung Arab Paling Populer di Indonesia, Cocok Jadi Destinasi Wisata Religi

Selain itu, danau ini juga memiliki kedalaman yang bervariasi di berbagai bagian. Namun, bagian terdalam danau diperkirakan mencapai sekitar 5 meter.
 


Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

5 Fakta Menarik Megalopolis: Proyek Film Orisinal & Ambisius dari Francis Ford Coppola

BERIKUTNYA

Menghidupkan Era Piringan Hitam ke Hadapan Generasi Baru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: