Timnas Indonesia U-23 (Sumber gambar: PSSI)

Persiapan Timnas Indonesia U-23 Lawan Guinea Babak Playoff Olimpiade 2024

03 May 2024   |   19:31 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Setelah kalah dari Irak dan hanya menempati urutan keempat pada Piala Asia U-23 2024, timnas Indonesia harus merelakan tiket otomatis ke Olimpiade 2024. Kepastian lolos tidaknya Indonesia ke Olimpiade Paris harus ditentukan lewat babak playoff AFC-CAF.

Satu lawan berat sudah menanti. Dalam babak playoff tersebut, timnas Indonesia akan melawan wakil asal Afrika, yakni Guinea. Pertandingan ini akan berlangsung pada 9 Mei 2024 di INF Clairefontaine, Prancis.

Laga ini akan menjadi penentu siapa tim ke-16 yang berhak tampil di Olimpiade Paris, apakah Garuda Muda ataukah Syli National. 

Baca juga: Timnas Indonesia Akhiri Perjuangan di Peringkat 4 Usai Kalah dari Irak di Piala Asia U-23

Meski perjuangan menuju Olimpiade 2024 menjadi lebih Panjang, pelatih timnas Indonesia Shin Tae Yong masih optimistis Garuda muda bisa melakoni laga playoff dengan lebih baik.dalam evaluasi singkat yang diungkap Shin setelah melawan Irak, dirinya menduga fisik pemainlah yang menjadi penyebab kekalahan.

Menurutnya, hamper 11 pemain inti timnas Indonesia selalu bermain penuh di sepanjang laga Piala Asia U-23 2024. Hal itu membuat para pemain merasakan kelelahan dan mengalami penurunan performa.

Belajar dari kesalahan, Shin Tae Yong menyebut dirinya dan tim akan beristirahat penuh dalam beberapa hari ke depan. Dalam masa istirahat ini, tim ini benar-benar tak akan menyentuh bola maupun ke lapangan.

Di luar persoalan fisik, STY juga akan berusaha untuk Kembali mengangkat mental para pemainnya. Harapannya, sebelum 9 Mei nanti, para pemain akan bisa tampil dengan kekuatan penuh.

Saya akan berusaha sebaik mungkin untuk membawa kesempatan terakhir ini untuk lolos ke Olimpiade. Saya harap 4 tim Asia akan bertanding di Olimpiade," tukas Shin Tae-yong.
 

Shin Tae Yong juga diketahui bakal memanggil satu pemain kunci tambahan timnas Indonesia, yakni Elkan Baggot. Namun, dirinya belum yakin 100 persen apakah hal tersebut akan bisa terwujud atau tidak.

Persiapan Indonesia melawan Guinea memang harus optimal. Sebab, Guinea bukanlah tim sembarangan. Tim asal Afrika ini memang belum pernah lolos Olimpiade.

Namun, sekarang ini Guinea diisi oleh pemain yang potensial. Guinea U23 harus menjalani babak playoff AFC-CAF setelah hanya finis di peringkat 4 Africa Cup of Nations U23 2023 pada Juni-Juli tahun lalu.

Kala itu, di babak semifinal Guinea kalah dari Mesir dengan skor 1-0. Dalam laga perebutan juara ketiga, Guinea juga kalah lagi dari Mali lewat adu penalti 4-3. Guinea akan tetap menjadi lawan yang berat bagi Indonesia. Sebab, 20 dari 27 pemain mereka bermain di luar negeri (abroad).


Jadwal Pertandingan Babak Playoff AFC-CAF

  • Timnas Indonesia U-23 vs Timnas Guinea U-23
  • Tanggal: 9 Mei 2024
  • Lokasi Stadion: INF Clairefontaine, Prancis
(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Masuk Fase Final, Tim Indonesia Siap Bungkam Thailand di Ajang FFWS SEA 2024 Spring 

BERIKUTNYA

Kopi Kenangan Buka Paket Kemitraan Satu Kenangan, Harga Kopinya Mulai Rp7.000

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: