Ilustrasi vaksin (Sumber foto: Pexels/FRANK MERIÑO)

Mendorong Edukasi Kesehatan Preventif Melalui Layanan Vaksinasi

30 April 2024   |   17:48 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Upaya kesehatan preventif menjadi fokus utama pada transformasi kesehatan gagasan Kementerian Kesehatan RI. Salah satu program strategisnya adalah vaksinasi yang membantu memberikan perlindungan terhadap penyakit menular yang dapat menyebabkan komplikasi serius, bahkan kematian. 

“Vaksinasi sangat baik bagi diri sendiri dan orang lain, tujuannya untuk meringkan gejala yang muncul saat terpapar penyakit,” ujar dr. Alfi Auliya Rachman, MKM, C.DCAP, Selasa (30/4/2024). 

Baca juga: Pentingnya Vaksinasi HPV, Langkah Preventif Pencegahan Penyakit Reproduksi

Selain melindungi diri sendiri, vaksinasi juga berperan dalam menciptakan kekebalan komunitas atau herd immunity untuk melindungi orang-orang yang tidak bisa atau belum di vaksinasi. Ini adalah langkah penting dalam mencegah penyebaran penyakit dan menjaga kesehatan masyarakat.

Dalam upaya mendorong kesadaran masyarakat terhadap kesehatan preventif, Halodoc, sebuah layanan kesehatan digital di Indonesia, mengambil langkah penting dengan melakukan edukasi kesehatan melalui pemanfaatan vaksinasi. 

Veronica Utami, Chief Operating Officer Halodoc, menekankan bahwa vaksinasi merupakan tindakan tepat dalam upaya kesehatan promotif dan preventif melalui layanan Home Lab & Vaksinasi.
 

Veronica Utami, COO Halodoc dan dr. Alfi Auliya Rachman, Dokter Umum dalam acara sosialisasi vaksinasi Halodoc (Sumber foto: Hypeabis.id/Amanda Syavira)

Veronica Utami, COO Halodoc dan dr. Alfi Auliya Rachman, Dokter Umum dalam acara sosialisasi vaksinasi Halodoc (Sumber foto: Hypeabis.id/Amanda Syavira)


Layanan Home Lab & Vaksinasi dari Halodoc membantu pengguna untuk melakukan tes kesehatan dan vaksinasi bagi anak-anak maupun dewasa dari mana dan kapan saja. Berbagai jenis vaksinasi juga tersedia mulai dari vaksin influenza, DBD, pneumonia, hingga HPV (human papillomavirus).  

Veronica juga menekankan pentingnya Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) melalui berbagai platform komunikasi Halodoc untuk terus mendorong pemanfaatan vaksinasi.

"Meskipun ada tantangan seperti stigma dan ketakutan masyarakat terhadap vaksin, Halodoc siap mengatasinya melalui upaya edukasi secara berkala. Salah satunya dengan melakukan sosialisasi tentang pentingnya vaksinasi dan menepis hoaks dengan menyajikan data yang akurat kepada masyarakat," tambahnya.

dr. Alfi dan Veronica juga menyampaikan harapan-harapan dalam upaya meningkatkan kesehatan preventif di masyarakat. dr. Alfi menekankan perlunya meningkatkan cakupan vaksinasi tidak hanya di kota besar tetapi juga di daerah terpencil.

Selain itu, kesadaran akan pentingnya vaksinasi juga perlu ditingkatkan. Sementara itu, Veronica menekankan pentingnya mengedukasi masyarakat Indonesia tentang kepentingan vaksinasi sebagai langkah preventif yang efektif. Mereka juga bertekad untuk terus berinovasi dalam layanan vaksinasi sehingga dapat memberikan akses yang lebih mudah dan menyeluruh bagi masyarakat.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Hore, Akses Kredit UMKM Makin Mudah dan Bisa Tanpa Agunan

BERIKUTNYA

Media Sosial dan E-commerce Jadi Ladang Subur Bisnis UMKM

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: