Ilustrasi facial treatment (Sumber foto: freepik)

Ketahui 6 Jenis Facial Treatment Untuk Berbagai Jenis Permasalahan Kulit

30 April 2024   |   09:30 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Siapa yang tak ingin memiliki wajah cerah berseri bak artis Korea? Rasanya hampir semua orang khususnya wanita mendambakan kulit yang glowing. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kulit sehat seperti yang diinginkan. 

Seperti menjaga kesehatan dan nutrisi dari dalam tubuh, melakukan rangkaian perawatan wajah, hingga pergi ke klinik kecantikan. Jika kalian pergi ke klinik kecantikan, tentunya ada beragam perawatan yang ditawarkan dan tentunya sesuai dengan kebutuhan kulit kalian.

Baca juga: Face Contouring Makin Diminati, Ini Bedanya dengan Operasi Plastik??

Facial treatment sendiri merupakan salah satu perawatan yang populer dan efektif untuk mencapai kulit yang cerah berseri. Lalu facial treatment apa saja yang bisa kalian pilih? Dilansir melalui MindBodyGreen, berikut adalah jenis-jenis perawatan kulit yang banyak dilakukan.


1. Classic facial 

Classic facial treatment merupakan salah satu perawatan wajah yang paling dasar. Biasanya, setiap klinik kecantikan memiliki cara dan prosedur tersendiri. Namun yang paling umum adalah seperti analisis kulit, pembersihan, eksfoliasi, uap wajah, pijat, ekstraksi manual, dan pemakaian masker jika diperlukan.


2. Hydrafacial

Hydrafacial merupakan perawatan wajah yang menggabungkan eksfoliasi dan hidrasi dengan menggunakan alat seperti microdermabrasion. Alat tersebut secara bersamaan akan membersihkan kotoran dari pori-pori dan menginfusnya dengan serum boosters yang kaya akan nutrisi untuk meremajakan kulit. Perawatan hydrafacial cukup lembut untuk jenis kulit sensitif dan rentan jerawat. Namun, disarankan untuk tidak digunakan pada kulit berjerawat. Selain itu, perawatan ini juga cocok untuk kulit yang kering, kusam, bersisik, atau kulit yang membutuhkan pembersihan mendalam.
 

3. LED facial

Perawatan wajah menggunakan LED (Light Emitting Diode) bekerja dengan menggunakan cahaya pada tingkat rendah untuk menyembuhkan luka, merangsang produksi kolagen, dan melawan bakteri. Cahaya LED tersebut memiliki beragam warna yang masing-masing dapat memberikan manfaat berbeda. Contohnya, warna merah pada LED dapat membuat kulit menjadi elastis, sedangkan warna biru berguna untuk membantu mengurangi bakteri penyebab jerawat. Umumnya, perawatan wajah LED digunakan sebagai kombinasi dengan perawatan kulit lainnya.
 

4. Firming atau sculpting facial 

Firming atau sculpting facial bertujuan untuk mengencangkan dan mengurangi ketidakrataan, seperti garis-garis halus, kerutan, atau area kulit yang kendur. Perawatan ini sering disebut sebagai workout facial karena mirip dengan latihan fisik, namun untuk wajah. Perawatan ini biasanya menggunakan alat dan perangkat seperti mikroarus untuk merangsang otot wajah dan merapatkan otot-otot wajah agar wajah menjadi lebih kencang dan mencegah kulit kendur. 
 

5. Lymphatic facial 

Fasial limfatik adalah prosedur perawatan yang bermanfaat dalam mendukung percepatan detoksifikasi tubuh dengan merangsang pergerakan cairan limfa. Melalui teknik pijat ini, tubuh juga dapat membantu mengeluarkan kotoran-kotoran yang terakumulasi. Perawatan ini membantu mengatasi masalah kulit seperti pembengkakan, jerawat, kulit kering, kusam, dan sensitivitas kulit dengan meningkatkan aliran limfa.
 

6. Acne facial

Acne facial merupakan perawatan wajah yang digunakan untuk membunuh bakteri penyebab jerawat secara langsung. Beberapa perawatan ini biasanya terdiri dari pembersihan pori-pori yang tersumbat hingga menghilangkan jerawat aktif. Tujuan dari acne facial sendiri adalah untuk menghilangkan sebum berlebih, sel-sel kulit mati, dan penumpukan kotoran di pori-pori. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Epidemiolog Ungkap Daftar Penyakit yang Bisa Muncul Akibat Suhu Panas Ekstrem

BERIKUTNYA

Kenali 3 Perbedaan Kuil Buddha dan Shinto di Jepang yang Terkenal dengan Jimat Omamori

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: