Ilustrasi mata uang asing (Sumber foto: Freepik/Wirestock)

Bukan Dolar AS, Berikut 10 Mata Uang Tertinggi di Dunia Saat Ini

26 April 2024   |   14:28 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Mata uang memegang peranan penting dalam sistem ekonomi global sebagai alat tukar yang fundamental. Dalam konteks nilai tukarnya, beberapa mata uang dikenal sebagai yang terkuat di dunia karena mencerminkan stabilitas ekonomi dan kepercayaan pasar yang tinggi terhadap negaranya.

Namun, penting untuk dicatat bahwa kekuatan mata uang tidak hanya bergantung pada nilai tukarnya, tetapi juga pada faktor-faktor ekonomi makro seperti kestabilan politik, kinerja ekonomi, dan kebijakan moneter. Meskipun Amerika Serikat memiliki dolar sebagai mata uang yang dominan secara global, tapi faktanya dolar Amerika bukanlah yang terkuat.

Beberapa mata uang dari negara lain juga dikenal sebagai yang terkuat di dunia. Dilansir melalui situs laman Forbes dan Bank Bazaar, berikut adalah 10 daftar mata uang tertinggi di dunia. 

Baca juga: Adam Sandler Jadi Aktor Berpenghasilan Tertinggi 2023 versi Forbes
 

1. Dinar Kuwait (KWD)

Dinar Kuwait (KWD) adalah mata uang dengan nilai tertinggi di dunia. 1 dinar Kuwait bisa membeli 3,26 dolar AS atau dengan kata lain, US$1 setara 0,31 dinar Kuwait. Ekonomi Kuwait sangat bergantung pada ekspor minyak karena memiliki salah satu cadangan terbesar di dunia. Selain itu, Kuwait tidak memberlakukan pajak bagi orang-orang yang bekerja di sana.
 

2. Dinar Bahrain (BHD)

Dinar Bahrain adalah mata uang kedua terkuat di dunia, dengan 1 dinar Bahrain dapat membeli 2,65 dolar AS atau US$1 setara dengan 0,38 dinar Bahrain. Terletak di Teluk Arab, Bahrain sangat bergantung pada ekspor minyak. Nilai tukar paling populer di Bahrain adalah Indian Rupee (INR) ke BHD karena komunitas ekspatriat India yang besar di sana.
 

3. Rial Oman (OMR)

Rial Oman adalah mata uang ketiga terkuat di dunia, dengan 1 rial Oman dapat membeli 2,60 dolar AS atau US$1 setara dengan 0,38 rial Oman. Rial Oman (OMR) adalah mata uang resmi Oman yang sebelumnya menggunakan INR sebagai mata uang mereka hingga 1940. Ekonominya sebagian besar bergantung pada cadangan sumber daya minyak. 
 

4. Dinar Yordania (JOD)

Dinar Yordania adalah mata uang keempat terkuat di dunia, dengan 1 dinar Yordania dapat membeli 1,41 dolar AS atau US$1 setara dengan 0,71 dinar Yordania. Salah satu alasan utama dari nilai tinggi mata uang ini adalah nilai tukarnya yang tetap.

Selain itu, ekonomi Yordania juga tidak hanya bergantung pada ekspor minyak. Nilai tukar JOD ke euro (EUR) adalah yang paling banyak digunakan dalam pertukaran Dinar Yordania. 
 

5. Pound Sterling (GBP)

Pound Inggris adalah mata uang kelima terkuat di dunia, dengan 1 pound Inggris dapat membeli 1,28 dolar AS atau US$1 setara dengan 0,78 pound sterling. Nilai tukar EUR ke GBP adalah yang paling sering digunakan dalam pertukaran pound sterling. 
 

6. Pound Gibraltar (GIP)

Pound Gibraltar adalah salah satu dari lima mata uang terkuat di dunia, dengan 1 pound Gibraltar dapat membeli 1,28 dolar AS atau US$1 setara dengan 0,78 pound Gibraltar. Mata uang ini diikatkan (pegged) dan dapat ditukar dengan pound sterling Inggris dengan nilai yang sama. Baik GIP maupun GBP diterima di Gibraltar. 
 

7. Dolar Kepulauan Cayman (KYD)

Dolar Kepulauan Cayman adalah mata uang ketujuh terkuat di dunia, dengan 1 dolar Kepulauan Cayman dapat membeli 1,20 dolar AS atau US$1 setara dengan 0,83 dolar Kepulauan Cayman.

Dolar Jamaika dulunya adalah mata uang resmi Kepulauan Cayman, setelah itu diganti dengan Dolar Kepulauan Cayman. Nilai tukar USD ke KYD adalah yang paling banyak digunakan dalam pertukaran Dolar Kepulauan Cayman.
 

8. Franc Swiss (CHF)

Franc Swiss adalah mata uang kedelapan terkuat di dunia, dengan 1 franc Swiss dapat membeli 1,15 dolar AS atau US$1 setara dengan 0,87 franc Swiss. Franc Swiss adalah mata uang resmi di Swiss dan Liechtenstein. Nilai tukar EUR ke CHF adalah yang paling sering digunakan dalam pertukaran franc Swiss.
 

9. Euro (EUR)

Euro menempati posisi kesembilan mata uang terkuat di dunia, dengan 1 euro dapat membeli 1,10 dolar AS atau US$1 setara dengan 0,91 Euro. Setelah dolar AS, euro adalah mata uang cadangan terbesar kedua serta mata uang kedua yang paling banyak diperdagangkan di dunia.
 

10. Dolar Amerika (USD)

Dolar AS adalah mata uang resmi Amerika Serikat dan merupakan mata uang yang paling banyak diperdagangkan di dunia. Nilai tukar USD ke EUR adalah yang paling sering digunakan dalam pertukaran dolar AS.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Samsung Galaxy Z Fold 6 Disebut Siap Meluncur Pada Juli 2024

BERIKUTNYA

5 Jenis Teh dan Khasiatnya untuk Menurunkan Berat Badan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: