Perut Buncit (Sumber Foto: Freepik)

Gerakan Olahraga Ringan untuk Mengecilkan Perut Buncit

18 April 2024   |   12:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Perut buncit, selain bikin tidak nyaman bergerak juga membuat penampilan jadi kurang menarik. Adapun perut buncit disebabkan oleh penumpukan lemak. Lambat-laun, kondisi ini bisa meningkatkan risiko penyakit kronis, seperti diabetes dan penyakit jantung.

Risiko perut buncit lebih rentan dialami oleh pria berusia di atas 40 tahun. Hal ini disebabkan oleh terjadinya penurunan kadar hormon testosteron sehingga membuat lemak lebih mudah tersimpan dan menumpuk di area perut.

Sebagai upaya untuk mengatasinya, ada beberapa gerakan olahraga ringan yang bisa kamu lakukan sehari-hari di rumah. Mengutip dari Prevention, simak Gerakan olahraga untuk menghilangkan perut buncit.

Baca Juga: Jenis Olahraga yang Aman Bagi Penderita Hipertensi

 

1. Burpees

Burpees adalah gerakan untuk melatih otot dada, bahu, trisep, dan paha depan. Aktivitas ini akan membuat jantung bekerja lebih aktif dalam mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

Gerakan ini juga dapat memperlancar metabolisme sepanjang hari yang membantu proses penurunan berat badan. 10 kali gerakan burpees berulang sama efektifnya dengan meningkatkan metabolisme seperti lari cepat selama 30 detik.

Cara melakukan burpees, pertama-tama, berdiri dengan kaki selebar bahu. Turunkan tubuh dengan gerakan membungkuk dan pinggul ke belakang seperti menungging. 

Dalam posisi hampir jongkok, kemudian lompat setinggi-tingginya. Posisikan tangan lurus ke dua sisi tubuh. Setelah melompat, tumpu berat badan dengan tumit.
 

2. Mountain climbers


Gerakan olahraga untuk mengecilkan perut ini merupakan variasi dari gerakan plank. Cara melakukan gerakan ini, mulailah dengan posisi plank, kemudian angkat lutut kanan ke arah dada dengan memastikan posisi punggung tetap lurus. Selanjutnya, kembalikan kaki kanan ke posisi semula.

Jangan lupa untuk melakukan gerakan serupa pada lutut kiri. Ulangi gerakan ini secara bergantian dan cepat sebanyak 8–12 kali. Apabila dilakukan dengan rutin perut buncit bisa cepat hilang.
 

3. Turkish get-up

Olahraga untuk membantu mengecilkan perut buncit ini membutuhkan alat bantu berupa kettlebell. Pertama-tama, posisikan tubuh berbaring miring ke kiri dengan tangan kanan memegang alat. Kemudian, perlahan luruskan tangan kiri membentuk sudut 45 derajat lalu angkat tangan kanan ke atas. 
 

4. Medicine ball burpees

Medicine ball burpees adalah gerakan olahraga untuk mengecilkan perut buncit yang membutuhkan bantuan alat berupa bola. Latihan ini efektif meningkatkan laju metabolisme tubuh.

Caranya melakukannya, kamu bida berdiri dengan jarak kaki selebar bahu dan pegang bola dengan kedua tangan di depan dada. Rentangkan bola ke atas kepala, lalu banting bola ke tanah sekuat tenaga dengan posisi membungkuk.
 

5. Sit up

Sit-up merupakan latihan paling sederhana yang bida membantu menghilangkan lemak pada perut buncit. Sit-up membuat kita melakukan gerakan naik-turun menggunakan otot perut.

Selain mengecilkan perut buncit, latihan ini juga bisa membantu mengencangkan otot-otot perut dan membakar lemak secara efektif. Selain itu juga dapat melatih fungsi otot yang mulai melemah sebagai akibat dari penuaan.

Baca Juga: Tai Chi Bisa Bantu Kecilkan Bagian Tubuh Ini, Apa Itu?

Editor: M. Taufikul Basari 

SEBELUMNYA

Hari Diabetes Nasional Tiap 18 April, Waspadai Penyakit Gula Darah Berbahaya

BERIKUTNYA

Film Dokumenter The Beatles Let It Be Siap Tayang 8 Mei 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: