Ilustrasi perempuan ngemil (Sumber: freepik/fxquadro)

5 Cara Mudah Mengatasi Kebiasaan Ngemil Saat Larut Malam

17 April 2024   |   15:00 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta

Saat bosan dan tidak ada kegiatan di malam hari, biasanya apa yang akan kalian lakukan? Mungkin tak sedikit dari kita yang langsung bergegas mengambil jajanan ringan yang ada di kulkas. Ngemil pada malam hari memang dapat menjadi hal yang menyenangkan. 

Akan tetapi, walaupun dapat membuat perut kenyang, ngemil atau mengonsumsi makanan pada larut malam dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Menurut healthline, makan di waktu larut malam bisa membuat asam lambung naik sehingga dapat menyebabkan gejala seperti nyeri dada atau mulas.

Baca juga: 5 Camilan Alternatif untuk Penyuka Makanan Manis

Selain itu, kebiasaan makan saat larut malam juga dapat memengaruhi gula darah, tekanan darah, dan penaikan berat badan. Hal ini bisa terjadi karena makanan yang dikonsumsi pada malam hari cenderung kurang sehat, seperti makanan berlemak atau tinggi gula. 

Nah, bagi Genhype yang masih belum bisa untuk mengontrol waktu makan pada malam hari, berikut adalah langkah yang bisa kalian lakukan agar mengurangi mengonsumsi pada larut malam. 
 

1. Konsisten

Berhenti ngemil dalam waktu yang lama setiap malamnya memang bukanlah merupakan hal yang mudah. Namun, kebiasaan untuk tidak ngemil saat malam hari perlu dilakukan secara rutin. Bersabarlah dan ketahui bahwa mungkin kalian perlu waktu untuk melakukan rutinitas ini di malam hari.

Dilansir melalui Prevention, Judy Koutsky, yang merupakan seorang penulis memberikan sarannya agar tidak mudah makan di malam hari. Kalian bisa berhenti makan ketika jam 19.00. Lakukan hal ini secara rutin dan tetap konsisten. 
 

2. Ganti rutinitas malam hari

Mengubah rutinitas di malam hari dapat membantu kalian mengurangi mengonsumsi makanan di malam hari. Misalnya, jika kalian sering ngemil jajanan ringan di malam hari, cobalah untuk mengganti kebiasaan ini dengan aktivitas lain. Contohnya, kalian bisa menggantinya dengan membaca buku di tempat tidur sambil menyeruput teh atau melakukan yoga selama 15 menit sebelum tidur. 
 

3. Sikat gigi setelah makan malam

Dilansir melalui Virtua Health, menggosok gigi setelah selesai makan malam dapat memberikan sinyak psikologis ke otak jika kalian sudah selesai makan dan bersiap untuk tidur. Selain itu, mungkin beberapa dari kalian juga merasakan jika makanan menjadi terasa tidak enak setelah menyikat gigi. Kebanyakan orang cenderung makan karena bosan di malam hari, jadi menyikat gigi setelah makan malam dapat mencegah ngemil di malam hari.
 

4. Atur suasana tidur

Tidur malam yang nyenyak dapat bermanfaat untuk mengurangi ngemil di malam hari. Cobalah untuk mematikan perangkat elektronik ketika akan tidur, kenakan piyama yang nyaman, dan bersantai di tempat tidur untuk agar tidur menjadi lebih nyenyak dan meningkatkan kualitas tidur. 
 

5. Mencatat asupan makanan

Mencatat asupan makanan yang kalian konsumsi setiap harinya dapat membantu kalian untuk melihat pola yang berpotensi menimbulkan masalah seperti melewatkan makan atau terlalu lama tidak makan, yang dapat menyebabkan kalian ngemil di malam hari.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Instrumen Investasi yang Cocok untuk 5 Karakter Investor, Genhype yang Mana?

BERIKUTNYA

Sinopsis & Daftar Pemain Drakor Nothing Uncovered yang Tayang di Vidio

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: