Google bakal meluncurkan kembali ponsel lipatnya pada tahun ini. Jika pada 2023 lalu perusahaan teknologi asal California, Amerika itu digadang-gadang akan menghadirkan Pixel Fold 2, laporan terbaru menunjukkan nama seri smartphone tersebut telah diubah menjadi Pixel 9 Pro Fold.

Google Ganti Nama Generasi Kedua Ponsel Lipatnya Jadi Pixel 9 Pro Fold

16 April 2024   |   23:06 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Google bakal meluncurkan kembali ponsel lipatnya pada tahun ini. Jika pada 2023 lalu perusahaan teknologi asal California, Amerika itu digadang-gadang akan menghadirkan Pixel Fold 2, laporan terbaru menunjukkan nama seri smartphone tersebut telah diubah menjadi Pixel 9 Pro Fold.

Mengutip Android Authority, ponsel ini akan hadir dalam empat varian, di antaranya Pixel 9, Pixel 9 Pro, Pixel 9 Pro XL, dan Pixel 9 Pro Fold. Nama-nama ini juga telah dikonfirmasi oleh beberapa perangkat lunak yang dibuat untuk perangkat Google pada 2024. 

Baca juga: Cek Daftar Ponsel & Tablet Samsung Lawas yang Bakal Kebagian Fitur Galaxy AI

Dilihat dari perubahan ini, Google tampaknya ingin mengatur ulang persepsi masyarakat terhadap seri ponsel lipatnya. Dengan nama baru tersebut, perangkat ini akan setara dengan generasi andalan Pixel saat ini. 

Pixel 9 dan Pixel 9 Pro XL merupakan penerus sah dari Pixel 8 dan Pixel 8 Pro. Melansir dari Gizchina, Pixel 9 Pro akan menjadi smartphone terbaru dalam seri foldable. 

Bocoran render menunjukkan bahwa desain Pixel 9 Pro Fold lebih mirip dengan perangkat Pixel 9 lainnya, tidak seperti Pixel Fold asli, yang lebih mirip Pixel 7 daripada Pixel 8. Namun, varian tersebut akan memiliki peningkatan spesifikasi yang biasanya dipertahankan untuk varian Pro. 

Keempat varian smartphone disebut-sebut akan memiliki SoC Tensor G4 baru. Chip ini sudah mengatasi salah satu masalah utama seri Pixel Fold sebelumnya.

Adapun menurut para reviewer, chipset Tensor G2 di seri Pixel Fold dan Pixel 7 kurang mengesankan. Performanya lumayan tetapi tidak luar biasa dan ponsel dengan Tensor G2 cenderung memiliki daya tahan baterai yang buruk. Selain itu, perangkat tersebut dapat bekerja dengan suhu yang sangat panas.

Lantas, tepatnya kapan ponsel ini dirilis? Dari prediksi GSM Arena kemungkinan seri Google Pixel 9 akan memulai debutnya di acara peluncuran perangkat keras tahunan Google pada Oktober 20204, bukan di Google I/O pada Mei seperti pendahulunya.

Melirik pada seri sebelumnya, Pixel 8 Pro memiliki layar OLED 6,7 inci dengan resolusi 3.120 x 1.440 piksel, kecepatan refresh adaptif LTPO 120Hz, dan kecerahan puncak 2.400 nits. Bobotnya 213 gram, bagian belakang ponsel ini menggunakan kaca matte dengan bingkai aluminium. Pixel 8 Pro juga sudah bersertifikat IP68 yang membuat smartphone buatan Google itu tahan terhadap debu dan air. 

Pixel 8 Pro dilengkapi sistem kamera yang meningkatkan kualitas foto dan video, ditambah alat pengeditan yang inovatif. Terdapat lensa ultrawide yang besar dan menghadirkan fokus Makro, lensa telefoto menangkap 56 persen lebih banyak cahaya dan mengambil foto 10 kali dengan kualitas optik. 

Baca juga: Bocoran Fitur Baru iOS 18 Customize Layout Homescreen, Bebas Atur Ikon Aplikasi di Ponsel

Sementara kamera depan memiliki fokus otomatis untuk selfie terbaik di ponsel Pixel. Secara terperinci, Pixel 8 Pro memiliki sensor utama 50MP, lensa ultrawide 48MP, dan unit telefoto 48MP. 

Pixel 8 Pro ditenagai oleh SoC Tensor G3 yang dipasangkan dengan RAM 12GB dan penyimpanan hingga 1TB. Ponsel ini juga didukung baterai 5.050mAh dengan dukungan pengisian kabel 30W. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Film Aksi Kriminal The Roundup: Punishment Tayang 24 April 2024 di Bioskop

BERIKUTNYA

Maestro Seni Kaligrafi Indonesia AD Pirous Tutup Usia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: