Tubuh Lelah setelah Mengemudi (Sumber Foto: Freepik)

Cara Memulihkan Tubuh yang Pegal dan Nyeri Setelah Mudik Jarak Jauh

14 April 2024   |   09:10 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Perjalanan mudik ke kampung halaman memang terasa menyenangkan. Kita bisa menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga untuk merayakan hari raya Idulfitri. Namun, mengemudi dalam waktu lama apalagi dengan kondisi jalanan yang macet bisa membuat tubuh lelah dan kehilangan banyak tenaga.

Pegal-pegal dan nyeri biasanya merupakan kondisi yang kerap dikeluhkan orang-orang setelah kembali dari perjalanan mudik. Sebagai solusi untuk mengatasinya, berikut adalah beberapa cara memulihkan tubuh setelah mudik jarak jauh.

Baca juga: Manajemen Istirahat Saat Mudik: Jangan Tunggu Lelah Baru Berhenti
 

1. Melakukan Peregangan

Mengemudi dalam jangka waktu panjang, baik mobil maupun sepeda motor bisa menyebabkan otot menjadi lebih kaku daripada biasanya. Setelah tiba di tempat tujuan, cobalah melakukan peregangan dengan melemaskan otot-otot yang tegang.

Ada beberapa cara melakukan peregangan, misalnya dengan memutar leher ke atas dan bawah secara perlahan, memutar bahu ke depan dan belakang beberapa kali, serta membalik sisi badan ke arah kanan dan kiri secara bergantian.
 

2. Minum Air Putih yang Cukup

Minumlah air putih dengan rutin, aelama perjalanan dan setelah tiba. Kekurangan cairan dapat menyebabkan dehidrasi yang bisa membuat badan pegal-pegal. Salah satu penyebab otot yang lelah adalah kurangnya cairan pada sendi.

Cobalah minum air putih sesuai jumlag yang dianjurkan, yakni sekitar delapan gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter. Air akan mengembalikan cairan tubuh yang hilang selama perjalanan, selain itu energi tubuh juga bisa meningkat dan pegal linu akibat perjalanan jauh dapat berkurang.
 

3. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat juga menjadi salah satu cara memulihkan tubuh setelah melakukan perjalanan jarak jauh. Mengutip Healthline, mandi air hangat dapat mengatasi pegal-pegal dan nyeri otot karena aor hangat akan mengendurkan otot-otot yang tegang. Selain itu, juga membantu mengurangi rasa tidak nyaman pada sendi dan tulang.

Manfaat mandi air hangat lainnya, yakni dapat melancarkan peredaran darah dan membuat tidur nyenyak. Saat kulit bersentuhan dengan air hangat, tubuh akan melepaskan hormon endorfin, yaitu zat kimia yang dapat memberikan rasa nyaman dan bahagia.
 

4. Mengonsumsi Makanan Sehat

Berdasarkan penelitian dalam National Library of Medicine, memenuhi asupan nutrisi dan cairan bisa menjadi salah satu cara mengatasi rasa lelah. Oleh karenanua, selain memperbanyak minum air putih, kamu juga perlu memperhatikan asupan makanan, baik selama bepergian atau setelah sampai tujuan.

Supaua tubuh kembali bugar, perbanyak asupan protein seperti ikan dan telur, serat dari buah-buahan seperti pisang, alpukat, serta sayuran hijau yang dapat mengembalikan energi tubuh.
 

5. Istirahat yang Cukup

Cara memulihkan tubuh yang lelah akibat perjalanan jarak jauh adalah istirahat dengan tidur yang cukup. Apabila kamu mengemudi, tentu akan sulit untuk tidur di perjalanan. Namun, mereka yang tidak mengemudi juga biasanya sering tidak bisa tidur dalam mobil karena merasa tidak nyaman.

Oleh karenanya, setelah sampai tujuan, pastikan untuk mencukupi waktu tidur setidaknya 7–9 jam di malam hari supaya kamu bisa kembali bugar dan beraktivitas seperti biasa keesokan harinya.


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Jadwal One Way, Contra Flow dan Ganjil-Genap Arus Balik Lebaran 2024

BERIKUTNYA

Lagunya Kembali ke TikTok, Taylor Swift Bergerak Sendiri?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: