Kereta api menjadi pilihan pelancong karena bebas macet (Sumber gambar: PT KAI)

Tiket KA Jarak Jauh dari Jakarta Terjual Habis pada Periode Ini

30 April 2022   |   14:31 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Moda transportasi kereta api menjadi salah satu pilihan bagi para pelancong untuk melakukan perjalanan mudik pada libur Lebaran tahun ini. Kondisi itu terlihat dari jumlah tiket kereta api jarak jauh keberangkatan dari Jakarta yang telah terjual 100 persen menjelang Lebaran.

Berdasarkan rilis yang diterima Hypeabis.id, tiket kereta api jarak jauh untuk keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen pada periode H-6 - H-1 telah habis terjual. Begitu juga dengan tiket kereta api jarak jauh keberangkatan dari Stasiun Gambir yang sudah terjual 100 persen pada H-4 - H-2.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan sejauh ini volume tertinggi pelancong dengan menggunakan kereta api jarak jauh pada masa pra Lebaran adalah keberangkatan 29 April atau H-3 Lebaran dengan volume 126.398 pelancong atau dengan tingkat okupansi 104 persen.

"Adapun rute-rute favoritnya yaitu dari Jakarta ke Bandung, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, dan lainnya," katanya.

Dia menilai ada beberapa alasan para pelancong memilih moda transportasi kereta api untuk melakukan perjalanan mudik. Alasan-alasan itu antara lain, bebas macet, tepat waktu, lebih nyaman dan aman, serta dapat mengurangi angka kecelakaan di jalan raya.

Dia menuturkan, perusahaan mengimbau para pelancong untuk mengatur waktu dengan tidak datang terlalu awal ke stasiun keberangkatan untuk mengantisipasi kepadatan pelanggan di stasiun-stiasun keberangkatan. Namun, perusahaan juga meminta para pelancong untuk mengalokasikan waktu yang cukup agar tidak tertinggal kereta akibat macet di jalan saat menuju stasiun.

Tidak hanya itu, pelancong juga diminta tetap harus menerapkan protokol kesehatan selama menunggu kereta di stasiun dan selama di perjalanan.

KAI menetapkan masa Angkutan Lebaran dari  H-10 sampai dengan  H+10 Lebaran atau dari 22 April sampai dengan 13 Mei 2022. Jumlah pelancong yang sudah menggunakan kereta api dari H-10 sampai dengan H-3 mencapai 704.544 orang atau rata-rata 88.068 pelancong per hari dengan rata-rata okupansi 75 persen.

Sampai dengan 30 April 2022, jumlah tiket yang telah terjual sebanyak 1.814.611 tiket kerata api jarak jauh atau 70 persen dari total tiket yang tersedia untuk periode keberangkatan pada masa Angkutan Lebaran.


Editor: Roni Yunianto

 

SEBELUMNYA

Aplikasi Ini Wajib Dimiliki Pemudik Supaya Perjalanan Aman & Nyaman 

BERIKUTNYA

Mudik Lewat Jalur Pantura? Jangan Lupa Nikmati Kuliner Khas Ini Ya!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: