Onew SHINee. (Sumber gambar: Griffin Entertainment)

Onew SHINee Resmi Gabung dengan Agensi Baru Griffin Entertainment

03 April 2024   |   23:48 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Onew SHINee akhirnya resmi bergabung dengan agensi baru setelah hengkang dari SM Entertainment. Penyanyi pemilik nama asli Lee Jin-ki itu telah menandatangani kontrak eksklusif dengan Griffin Entertainment pada Rabu (3/4/2024). Onew SHINee kini bersiap memulai babak baru dalam karier solonya.
 
Griffin Entertainment merupakan agensi hiburan Korea Selatan yang baru didirikan. Melalui akun media sosial resmi, Griffin Entertainment mengumumkan bahwa Onew SHINee telah menandatangi kontrak eksklusif dengan mereka. 

Baca juga: Taemin SHINee Resmi Gabung dengan Agensi Big Planet Made Entertainment
 
"Kami senang bisa bersama Onew di awal barunya. Griffin Entertainment tidak akan menyia-nyiakan upaya apa pun agar kami dapat menjadi tempat perlindungan para artis," katanya dikutip dari Soompi.

Mereka juga menjelaskan terkait arti dari nama agensi. Nama Griffin berarti penjaga legendaris peninggalan yang tak ternilai harganya, serta berdedikasi untuk menjaga dan membina para artis di bawah naungan agensi tersebut.

"Kami berusaha untuk menyediakan tempat perlindungan di mana para seniman dapat berkembang dan membiarkan bakat mereka menerangi dunia," tulis Griffin Entertainment.
 
Bersamaan dengan pengumuman tersebut, pihak agensi juga membagikan beberapa foto profil baru Onew yang menjadi artis pertama mereka. Dalam foto profilnya, Onew tampak mengenakan sweater bulu bernuansa putih dan abu-abu dengan rambut ikal sebahu. 
 
Selain foto, diunggah juga sebuah singkat yang menampilkan Onew sedang menari seolah menjadi cara kreatifnya untuk menyapa kembali para penggemarnya. Foto-foto tersebut juga diunggah di akun media sosial pribadi Onew.

"Penantiannya lama sekali, bukan? Terima kasih ya," tulis Onew dalam keterangannya.
 
Unggahan itupun dibanjiri komentar dari para penggemar. Banyak dari mereka yang menuliskan ucapan selamat sekaligus harapan agar karier Onew semakin bersinar ke depannya. Namun tak sedikit juga yang menduga bahwa Griffin Entertainment adalah agensi hiburan yang memang didirikan oleh Onew sendiri. 
 

 
Onew mengikuti langkah rekan satu grupnya, Taemin SHINee, yang juga memutuskan mengakhiri kontrak dengan SM Entertainment. Diketahui, kontrak Onew dengan agensi lamanya itu telah berakhir pada akhir Maret 2024.
 
Kabar berakhirnya kontrak Onew dengan SM Entertainment telah santer diberitakan sejak awal Maret 2024. Kala itu, media News1 melaporkan bahwa kontrak eksklusif Onew dengan SM Entertainment akan berakhir pada akhir bulan Maret 2024.
 
Menyusul berakhirnya kontrak tersebut, Onew dikabarkan akan melanjutkan aktivitasnya sebagai artis di bawah agensi baru, tapi tetap melanjutkan aktivitas grupnya bersama SHINee di bawah SM Entertainment. Selain Onew, anggota SHINee yang lain yakni Taemin juga resmi mengakhiri kontrak eksklusifnya dengan SM Entertainment pada paruh pertama tahun ini.
 
Merespons informasi tersebut, SM Entertainment akhirnya buka suara pada 5 Maret 2024. Dalam keterangan resminya, mereka menyatakan bahwa Onew dan Taemin SHINee akan mengakhiri kontrak eksklusifnya dengan agensi tersebut.
 
Meski demikian, agensi memastikan bahwa aktivitas SHINee akan terus berlanjut tanpa perubahan, dan kontrak aktivitas individu akan diputuskan sesuai dengan preferensi masing-masing anggota.
 
Minho dan Key memutuskan untuk melanjutkan kontrak mereka dengan SM Entertainment baik sebagai artis solo maupun personel SHINee, sementara Onew disebutkan bakal mencari peluang baru dengan agensi yang lain.

"Minho dan Key berdiskusi positif dengan kami tentang aktivitas grup dan individu, dan Onew terbuka dan mengeksplorasi berbagai arah," demikian tulis SM Entertainment.
 
Lee Jin-ki atau yang lebih dikenal dengan nama Onew adalah penyanyi, penulis lagu, sekaligus aktor asal Korea Selatan. Pria kelahiran 18 Desember 1989 ini memulai debutnya sebagai anggota sekaligus vokalis utama boy group SHINee pada Mei 2008 di bawah agensi SM Entertainment, yang kemudian menjadi salah satu artis terlaris di Korea Selatan.
 
Onew bergabung dengan SHINee dengan tiga anggota lainnya yakni Taemin, Key, dan Minho. Karya-karya grup ini dianggap telah memberikan pengaruh besar pada industri musik K-Pop di Korea Selatan, sampai-sampai dijuluki sebagai Prince of K-Pop alias Pangeran K-Pop. Beberapa lagu hit SHINee diantaranya Noona, You're So Pretty (Replay), Sherlock, Ring Ding Dong, dan Love Like Oxygen.
 
Setelah satu dekade bergabung dengan SHINee, Onew akhirnya resmi memulai karier solonya dengan merilis album mini Voice, tepat lima hari sebelum dia wajib militer pada 5 Desember 2018. Album ini menduduki nomor dua di Circle Album Chart Korea Selatan.
 
Lama tak merilis karya, Onew baru meluncurkan album mini keduanya, Dice, empat tahun kemudian tepatnya pada 11 April 2022, yang mencapai nomor tiga di Circle Album Chart. Pada tahun yang sama, dia melakukan debut solonya di Jepang, dengan merilis album studio pertama bertajuk Life Goes On.
 
Setahun berselang, Onew merilis album studio Korea pertamanya, Circle, pada 6 Maret 2023, yang menduduki nomor tiga di Circle Album Chart. Selain menyanyi, Onew juga berkontribusi dalam penulisan lagu baik untuk karya-karya SHINee ataupun solonya.
 
Sementara itu, sebagai seorang aktor, Onew pernah terlibat dalam berbagai musikal, seperti Rock of Ages (2010), Shinheung Military Academy (2019), dan Midnight Sun (2021–2022). Termasuk, berpartisipasi dalam berbagai drama televisi salah satunya yang paling populer adalah Descendants of the Sun (2016).

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Mengenal Bagus Pandega, Seniman Muda yang Haus Eksplorasi

BERIKUTNYA

6 Film Lokal Tayang April 2024 di Bioskop

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: