Kompilasi foto BIGBANG untuk single Still Life. (Sumber gambar: YG Entertainment)

Single Still Life BIGBANG Pecahkan Sejumlah Rekor Tangga Lagu

05 April 2022   |   15:52 WIB

Salah satu comeback yang paling dinantikan pada tahun ini dari BIGBANG, single digital Still Life, memecahkan sejumlah rekor dalam berbagai tangga lagu domestik dan global hanya dalam kurun waktu satu jam sejak perilisannya pada Selasa (05/04).

Still Life merupakan lagu perdana dari grup kuartet itu, setelah vakum selama 4 tahun dengan kesan yang lebih melankolis melalui suara band yang organik dan hangat serta liriknya yang menyentuh hati penonton.

Secara keseluruhan, liriknya bercerita tentang perputaran musim seiring dengan perjalanan memori masa muda dan kejayaan dari para anggota BIGBANG. Produksi lagunya dilakukan oleh G-Dragon dan T.O.P pada bagian komposisi dan penulisan lagu.
 

Setelah perilisan video klip dan lagunya di berbagai platform musik daring, Still Life kemudian mendominasi sejumlah tangga lagu seperti MelOn, iTunes, QQ Music, LINE Music di lebih dari 33 negara termasuk Korea Selatan, Jepang, dan China.

Di Korea sendiri, lagu ini berhasil debut di MelOn 24Hits ke peringkat ke-26 hingga pukul 01.00 dini hari. Angka ini lebih tinggi dibandingkan dengan lagu Dynamite dari BTS yang debut dengan urutan ke-75 dan beberapa single milik IU seperti Coin di urutan ke-76 dan LILAC di urutan ke-34.

Hal serupa juga terjadi di tangga lagu FLO pada satu jam pertama, di mana Still Life menduduki peringkat ke-25 setelah LILAC di urutan ke-34 dan Dynamite di urutan ke-42.

Tidak hanya itu, BIGBANG juga menguasai halaman pencarian di MelOn di urutan pertama dan lagunya meraih lebih dari 25.000 likes hanya dalam kurun waktu 11 menit. Bahkan, kata kunci sejenis seperti 'Still Life', 'G-DRAGON', dan 'Flower Road' ikut bertengger di urutan 10 teratas dalam kolom pencarian yang sama.

Capaian lainnya yang didapat adalah pencapaian peringkat pertama di tangga lagu MelOn Daily Chart, di mana BIGBANG menjadi grup kedua setelah BTS yang meraih posisi ini sekaligus menjadi artis pertama yang debut di kategori tersebut pada tahun ini. 

Adapun grup ini juga menjadi tambahan baru dalam beberapa kategori seperti grup idol dengan lagu yang debut di urutan pertama di MelOn Daily Chart bersama How You Like That dan Butter. Kategori lainnya yang juga memecahkan rekor adalah jumlah pendengar unik di MelOn Top100 dengan lebih dari 622.394 pendengar.

Hingga saat ini, BIGBANG tercatat sebagai grup dengan pencapaian tertinggi melalui Real Time All-Kill hingga pukul 14.00 KST atau 12.00 WIB, di mana Still Life kini duduk di peringkat pertama di platform MelOn, FLO, Genie, dan Bugs. Untuk video klipnya, lagu ini kini telah ditonton lebih dari 12,48 juta pengguna di Youtube.

Still Life milik BIGBANG kini bisa didengarkan langsung melalui kanal Youtube resmi BIGBANG dan berbagai platform musik daring.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Gaya Apartemen Klasik dan Kontemporer Populer di Kalangan Konsumen A+

BERIKUTNYA

Vespa Rilis Helm Seri Heritage

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: