Iluistrasi belajar kursus online (Sumber: unsplash.com/@nickmorrison)

Cek 4 Kursus Online Gratis dari Universitas Top Dunia

03 April 2024   |   20:00 WIB
Image
Arindra Fachri Satria Pradana Mahasiswa Mass Communication BINUS University

Pendidikan adalah mata uang global, dan  merupakan aspek yang sangat berharga dalam kehidupan manusia modern. Berkat arus informasi cepat yang disediakan internet, penggunanya dapat mengakses berbagai informasi selama mereka memiliki perangkat dan koneksi yang tepat. Salah satu tren arus informasi tersebut adalah kursus online gratis.

Tren ini menjadi populer dikalangan universitas karena beberapa alasan. Antara lain untuk mendiversifikasi produk mereka dan membangkitkan minat terhadap topik pengajaran mereka.

Baca juga: Menarik, Kampus di New York Ini Adakan Kursus tentang Taylor Swift

Langkah ini dilakukan dengan harapan suatu saat siswa yang mendaftar, akan merasa cukup tertarik dan ingin mempelajari sebuah topik lebih lanjut, sehingga mendaftar ke jurusan yang ditawarakan universitas tersebut.

Apakah Genhype berminat belajar dari universitas top dunia tanpa perlu bayar mahal dan pergi keluar negeri? Simak 4 kursus online gratis dari universitas top dunia yang mengajarkan berbagai pengetahuan penting.
 

1. Harvard - CS50: Introduction to Computer Science

Mengetahui Computer Science adalah salah satu jurusan yang paling banyak diminati belakangan ini, Harvard menghadirkan kursus CS50: Introduction to Computer Science secara gratis. Memberikan pengetahuan dasar dalam dunia Computer Science. Kursus ini ideal bagi mahasiswa dari berbagai jurusan atau lulusan sekolah baru, yang sama-sama belum memiliki pengalaman pemrograman.

Banyak pelajaran dasar dari Computer Science yang diajarkan dalam kursus ini. Seperti abstraction, algorithms, data structures, encapsulation, resource management, security, software engineering, dan web development. Tak hanya itu, Genhype juga akan mempelajari berbagai programming language, seperti C, Python, SQL, and JavaScript plus CSS and HTML. 

Siswa dalam kursus ini akan dinilai dengan 9 tugas, dan satu tugas akhir. Meskipun terlihat banyak, kursis ini bersifat self-paced, tidak mengikuti jadwal yang ditentukan. Namun durasi yang diharapkan untuk menyelesaikan kursus ini adalah 11 minggu.
 

2.  UC Davis - The Strategy of Content Marketing

Dengan berbagai platform media sosial, minat Gen z terhadap dunia pembuatan konten semakin meningkat. Untuk mengubah minat tersebut menjadi keterampilan pemasaran yang dapat diterapkan,  UC Davis menghadirkan kursus The Strategy of Content Marketing secara gratis. Kursus ini termasuk dalam tingkat menengah, karena membutuhkan membutuhkan waktu 20 menit dan mempelajari berbagai keterampilan terkait lainnya untuk menyelesaikannya.

Adapun, kursus ini terbagi ke 8 modul mulai dari pengenalan ekosistem pemasaran konten, kerangka 7A, serta cara menyusun strategi dan mengelola konten. Secara keseluruhan dengan teori dan keterampilan yang lengkap, kursus ini dapat memberikan dorongan yang diperlukan untuk sukses memasarkan produk/jasa dari industri yang sedang membutuhkan content creator yang kompeten.
 

3. Yale - Financial Market

Melek finansial adalah salah satu kesadaran yang dimiliki ketika perekonomian dunia sedang tidak stabil. Kursus Financial Market oleh Yale memperkenalkan siswa pada prinsip-prinsip manajemen risiko dan keuangan perilaku. Program ini dibentuk dengan fokus pemahaman fungsi industri sekuritas, asuransi, dan perbankan.

Siswa diharapkan memperoleh keterampilan penting, termasuk Behavioral Finance and Economics, serta analisa pasar keuangan. Meskipun terdaftar sebagai tingkat pemula, kursus ini akan memakan waktu sekitar 33 jam untuk diselesaikan, berserta 25 kuis yang membahas berbagai fundamental ekonomi yang harus dipahami. Jika Genhype benar-benar tertarik mempelajari dunia keuangan yang penting, maka kursus ini mungkin layak untuk dicoba.
 

4. University of Virginia - Basics of Project Planning and Management

Perencanaan dan manajemen proyek adalah keahlian penting yang dapat diterapkan dalam situasi dan bidang pekerjaan apa pun. Keahlian ini akan memastikan proyek mencapai kualitas yang diperlukan dengan menyeimbangkan anggaran, batasan waktu, dan ruang lingkup proyek. 

Dalam kursus  Basics of Project Planning and Management oleh University of Virginia, Genhype akan mempelajari berbagai seluk beluk perencanaan proyek. Mulai dari mengatur, mengelola risiko, pelingkupan, mengurutkan tugas, dan memantau proyek dalam detail dan rapi. Semua dalam metodologi canggih yang dapat diaplikasikan ke berbagai jenis proyek.

Berbeda dengan kursus-kursus sebelumnya, kursus ini sangat singkat, hanya membutuhkan 9 jam untuk diselesaikan.  Semua akses dari kursus ini gratis, kecuali sertifikat resmi yang dapat dibagikan yang mengharuskan pengguna membayar biaya tambahan. Secara keseluruhan, ini adalah kursus yang serbaguna dan relevan untuk berbagai bidang.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

3 Legenda WWE yang Sukses Berkarier Sebagai Aktor Hollywood

BERIKUTNYA

Jumlah Perjalanan Kereta Bandara Soekarno-Hatta Ditambah Selama Libur Lebaran

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: