Jungkook BTS. (Sumber gambar: BIGHIT Music)

Jungkook BTS Raih Sertifikat Emas di Prancis Berkat Single Seven

03 April 2024   |   11:13 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Jungkook BTS terus bersinar dengan karya-karya solonya. Musisi pemilik nama asli Jeon Jung-kook itu berhasil meraih sertifikat emas di Prancis untuk pertama kalinya sebagai artis solo. Penghargaan itu didapatkan berkat popularitas debut lagu solonya, "Seven" yang terus meroket di berbagai negara termasuk di Prancis.

Sindikat Penerbitan Fonografi Nasional Prancis (SNEP) pada 1 April 2024 waktu setempat secara resmi mengumumkan bahwa single debut solo Jungkook, "Seven", yang berduet dengan rapper AS Latto, telah disertifikasi sebagai "Gold Single". Penghargaan itu diberikan lantaran lagu "Seven" telah melampaui 15 juta streaming setara di Prancis.

Dengan raihan tersebut, "Seven" kini menjadi lagu solo pertama Jungkook yang mendapatkan sertifikat emas di Prancis. Namanya bersanding dengan sejumlah musisi dunia lain yang juga mendapatkan penghargaan serupa, di antaranya Doja Cat, Travis Scott, Drake, Bad Bunny, dan Luidji. 

Baca juga: Daebak! Video Klip Single Seven Jungkook BTS Ditonton 300 Juta Kali di YouTube
 

Diketahui, ada 14 lagu lain yang juga mendapatkan sertifikat Gold Single dari SNEP lantaran telah melampaui 15 juta streaming setara di Prancis. Keempat belas lagu tersebut yakni "Lu Remede" (Luidji), "Can't Say" (Travis Scott), "Love De Toi" (Dinor RDT), "Like That" (Doja Cat feat. Gucci Mane), "Imen Es" (Chelou), "Day in The Life" (Central Cee), dan "Malevil" (Nekfeu).

Selain itu, ada pula "Yebba's Heartbreak" (Drake & Yebba), "Kernkraft 400" (A Better Day)-Topic & A7S, "Superhero" (Heroes & Villains)-Metro Boomin feat. Future & Chris Brown, "Mauvai Reve" (Hoshi), "Monaco" (Bad Bunny), "100K" (Gazo), dan "Dolce Camara" (Booba feat. SDM).

Sebagai informasi, SNEP merupakan organisasi antar-profesional yang melindungi kepentingan industri rekaman Prancis. Organisasi ini dibuat untuk mengumpulkan dan mendistribusikan pembayaran royalti penyiaran dan pertunjukan, dan mencegah pelanggaran hak cipta atas karya anggotanya (termasuk pembajakan musik).

Selain itu, mereka juga memberikan sertifikasi penjualan rekaman dan video baik itu perak, emas, platinum maupun berlian, serta mengumpulkan daftar tangga lagu resmi mingguan dari musik terlaris di Prancis, termasuk single dan album.
 

Jungkook BTS. (Sumber gambar: BIGHIT Music)

Jungkook BTS. (Sumber gambar: BIGHIT Music)

Selain di Prancis, Jungkook juga mendapatkan penghargaan di ajang iHeart Radio Music Awards 2024 yang rampung digelar di Dolby Theatre, Los Angeles, AS, pada Senin (1/3/2024) waktu setempat. Musisi kelahiran 1 September 1997 itu memenangkan kategori K-Pop Artist of the Year serta Socially Voted Categories-Best Music Video berkat single "Seven".

Di kategori K-Pop Artist of the Year, Jungkook berhasil unggul dari musisi K-Pop lainnya yakni (G)I-DLE, NCT Dream, Seventeen, dan Stray Kids. Dia menjadi satu-satunya solois yang masuk dalam kategori tersebut.

Sementara di kategori Socially Voted Categories-Best Music Video, Jungkook berhasil mengalahkan sejumlah nomine lain yang diisi dengan nama-nama musisi kenamaan dunia seperti Billie Eilish, Doja Cat, Olivia Rodrigo, Dua Lipa, Miley Cyrus, SZA, Karol G, dan Shakira. Di kategori itu, dia juga unggul dari sesama rekan musisi K-Pop lainnya yakni Jisoo.
 

"Seven" adalah debut single solo Jungkook bergenre pop dan berbahasa Inggris yang mengusung nuansa lagu musim panas ceria. Lagu tersebut diproduksi oleh produser AS Andrew Watt dan Cirkut, yang ikut menulis liriknya bersama Jon Bellion, Latto, dan Theron Makiel Thomas. Dari segi lirik, "Seven" adalah lagu romantis tentang keinginan seseorang menghabiskan momen setiap hari bersama kekasih. 

Sejak perilisannya, single "Seven" langsung mencuri perhatian penggemar K-Pop di seluruh dunia. Maklum saja, pasalnya ini adalah single solo perdana Jungkook yang telah dinanti-nantikan oleh para penggemarnya. 

"Seven" debut di puncak Global Spotify Chart harian dengan hampir 16 juta streaming, termasuk mencatat streaming hari pertama perilisan terbanyak untuk artis dan kolaborasi pria dalam sejarah dan debut pada 2023. Dia juga menjadi artis K-Pop pertama yang mencapai nomor satu chart Spotify AS, dan artis solo Korea pertama yang debut di puncak tangga lagu global.

Sementara di Amerika Serikat, menurut Luminate, "Seven" menerima 5,11 juta streaming berdasarkan permintaan dan terjual lebih dari 34.000 salinan digital pada hari perilisannya. 

Angkanya terus bertambah dan menghasilkan lebih dari 2,5 juta streaming setiap hari selama 3 hari berikutnya, memperoleh 13,7 juta streaming dalam empat hari pertama, serta terjual 32.000 salinan digital kembali dalam waktu tersebut. 

Tak hanya itu, single ini juga debut di nomor satu Billboard Hot 100 dengan 21,9 juta streaming, 6,4 juta penonton, dan 153.000 gabungan penjualan single digital dan CD selama periode 14 Juli hingga 20 Juli 2023.

"Seven" juga tercatat memulai debutnya di puncak Billboard Global 200 edisi 29 Juli 2023 dengan 269.000 unduhan terjual, dan 217,1 juta streaming, melampaui single "Flowers" milik Miley Cyrus. Capaian itu juga menjadi jumlah streaming keseluruhan terbesar kedua sepanjang masa, di belakang lagu "Butter" oleh BTS yang memperoleh 289,2 juta streaming. Jungkook menjadi anggota BTS pertama yang menduduki puncak tangga lagu global sebagai artis solo. 

Bahkan, secara global, "Seven" juga mencetak dua rekor Guinness World Records untuk lagu solo pria yang paling banyak diputar di Spotify dalam sepekan, serta lagu tercepat yang mencapai 100 juta streaming di Spotify. 

Terbaru, pada Oktober 2023, lagu ini memecahkan dua rekor tambahan, yakni tercepat mencapai 1 miliar streaming di Spotify, rekor yang sebelumnya dipegang bersama oleh lagu "Stay" milik Kid Laroi dan Justin Bieber serta "As It Was" dari Harry Styles. 

Baca juga: Jungkook BTS, Soyeon (G)I-DLE, & Vernon SEVENTEEN Jadi Anggota Tetap KOMCA

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Sinopsis Film Horor Korea The Sin, Tayang Hari Ini di Bioskop Indonesia

BERIKUTNYA

Pakar Ungkap Alasan Kasus DBD Tinggi dan Gejalanya Semakin Berat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: