Medical check-up penting untuk menjaga kesehatan karyawan (Sumber gambar: Pexels/ Pavel Danilyuk)

4 Program Kesehatan Preventif untuk Mendorong Produktivitas Karyawan

03 April 2024   |   20:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Tuntutan terhadap produktivitas dan bekerja cepat menjadi begitu tinggi, terlebih dengan kemajuan teknologi yang terjadi pada saat ini. Untuk itu, perusahaan perlu memberikan perhatian dan dukungan yang memadai terhadap karyawan. Salah satunya adalah terkait dengan kesehatan. 

Berdasarkan rilis Halodoc, program kesehatan yang diberikan perusahaan dapat meningkatkan produktivitas karyawan hingga 60 persen dan mengurangi tingkat ketidakhadiran sampai 19 persen. Medical check-up dan vaksinasi merupakan contoh program kesehatan preventif yang dapat diberikan perusahaan guna menjaga kesehatan karyawan. 

Dengan MCU, manajemen dapat mendeteksi dini penyakit atau potensi penyakit karyawan, sehingga bisa melakukan antisipasi dengan cepat. Sementara vaksinasi menjadi langkah penting untuk membantu karyawan mengurangi risiko keparahan berbagai penyakit.

Baca juga: Kiat Menjaga Kesehatan Secara Holistik Selama Puasa Ramadan

Dengan menggabungkan keduanya, kesehatan karyawan dapat terjaga dan produktivitas individu serta perusahaan dapat ditingkatkan.

Selain medical check-up dan vaksinasi, perusahaan dapat memberikan beberapa program kesehatan preventif lain kepada karyawan sebagai fasilitas agar dapat lebih produktif. Dengan begitu, kinerja perusahaan juga dapat mengalami peningkatan. Pada akhirnya, karyawan dapat membantu perusahaan berkembang di tengah kondisi yang kian dinamis.

Berikut adalah program kesehatan preventif yang bisa diterapkan untuk mendorong produktivitas karyawan. 
 

1. Fasilitas kelas olahraga atau gym

Adanya fasilitas kelas olahraga atau gym jadi program kesehatan preventif yang penting untuk diterapkan. Bukan tanpa alasan, sebuah penelitian yang ada di jurnal PLOS One menunjukkan bahwa aktivitas fisik dikaitkan dengan fungsi kognitif yang lebih baik.

Jadi, langkah perusahaan menyediakan fasilitas kelas olahraga atau gym dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif karyawan, sehingga dapat meningkatkan kinerja, produktivitas, dan kemampuan dalam menuangkan ide baru bagi perusahaan. 
 

2. Layanan konseling untuk kesehatan mental

Karyawan yang memiliki kesehatan mental baik biasanya lebih fokus, kreatif, dan produktif. Kehadiran layanan konseling kesehatan mental dapat membuat karyawan melakukan konsultasi dengan konselor, sehingga membantu mengatasi berbagai rintangan yang mengganggu kinerja dan produktivitas. 
 

3. Pemberian booster vitamin secara rutin

Perusahaan juga dapat memberikan vitamin secara rutin kepada karyawan sebagai bentuk program kesehatan preventif. Hal ini penting dilakukan lantaran dapat memberi manfaat positif terhadap kesehatan individu, dan mengurangi risiko penyakit.

Vitamin punya manfaat bagi kesehatan seseorang karena dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Salah satu yang sangat penting untuk diminum secara teratur adalah vitamin C, karena berperan sebagai agen anti inflamasi yang efektif dalam melawan kerusakan oksidatif. 
 

4. Penyediaan peralatan kantor yang mendukung active lifestyle 

Studi American Cancer Society menunjukkan keterkaitan antara durasi duduk dengan peningkatan risiko kematian dini. Jadi, perusahaan perlu menyediakan peralatan kantor yang dapat menjadi langkah preventif, misalnya dengan standing desk.

Selain itu, perusahaan juga dapat menyediakan fasilitas seperti kursi pijat dan hand exerciser grip untuk mengurangi kelelahan dan menjaga kesehatan karyawan. Dengan begitu, produktivitas mereka tetap bisa terjaga dan lebih optimal.

Baca juga: Jangan Asal, Begini Kiat Memilih Suplemen yang Tepat Untuk Kesehatan Tubuh

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Bang Yedam Kolaborasi dengan Winter Aespa Rilis Video Musik Officially Cool

BERIKUTNYA

Art Jakarta Gardens 2024, Perayaan Patung di Ruang Publik Segera Digelar

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: