Ilustrasi acara open house Lebaran. (Sumber gambar: Rdne Stock Project/Pexels)

6 Hal yang Perlu Disiapkan sebelum Gelar Open House Lebaran

02 April 2024   |   12:08 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Umat Islam di seluruh dunia tak lama lagi akan menyambut Hari Raya Lebaran. Setelah sebulan berpuasa, mereka akan berkumpul dan merayakan hari kemenangan dengan suka cita. Ada banyak tradisi yang dilakukan saat hari raya salah satunya adalah kegiatan open house, menjamu tamu pada momen Lebaran.

Open house Lebaran adalah saat dimana orang membuka pintu rumah mereka untuk menyambut kedatangan keluarga, kerabat, tetangga, dan teman-teman yang datang berkunjung saat Idulfitri. Biasanya, penyelenggara open house menyajikan berbagai hidangan khas Lebaran, seperti ketupat, opor ayam, rendang, dan kue-kue kering maupun tradisional.

Baca juga: 10 Jenis Bunga yang Cocok untuk Dekorasi Rumah saat Lebaran

Tujuan open house pada saat Idulfitri adalah mempererat tali silaturahmi antar keluarga, kerabat, dan tetangga. Momen ini menjadi kesempatan untuk bertemu dan bercengkrama dengan orang-orang terkasih setelah lama tidak bertemu.

Selain itu, open house juga menjadi momentum untuk saling bermaaf-maafan atas kesalahan yang telah dilakukan selama setahun terakhir. Momen inilah yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Islam saat Idulfitri.

Meski diselenggarakan saat momen Lebaran, open house sejatinya bukan hanya diperuntukkan untuk sesama Muslim. Mengutip dari situs The Estate KL, open house yang dilakukan pada hari Lebaran berarti mengundang orang-orang dari segala agama, ras, dan etnis untuk datang dan berkunjung ke rumah.

Pada momen open house, biasanya siapapun dipersilakan untuk datang berkunjung dalam jangka waktu tertentu, untuk berbincang sambil menyantap makanan lezat yang dihidangkan secara prasmanan. Open house biasanya diadakan pada akhir Ramadan atau lebih tepatnya pada hari pertama bulan Syawal. Namun, banyak juga masyarakat yang menyelenggarakan open house Lebaran sepanjang bulan Syawal.

Namun, sebelum menggelar open house, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar acara bisa berjalan dengan nyaman dan lancar. Apalagi, jika kalian mengundang tamu dalam jumlah yang cukup banyak. Diperlukan perencanaan yang matang agar tamu yang datang merasa bahagia dan berkesan.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menggelar acara open house Lebaran di rumah.


1. Siapkan spot & tempat duduk

Tentukan spot terbaik di rumah yang akan dijadikan tempat berkumpul, seperti teras rumah, halaman belakang ataupun ruang tamu. Carilah tempat yang luas dan cocok untuk kumpul bersama. Tak kalah penting, pastikan kalian telah menyiapkan tempat duduk untuk para tamu yang datang, baik itu menggunakan kursi ataupun berkonsep lesehan dengan karpet atau bean bag. Pastikan juga jumlah tempat duduk yang ada sesuai dengan banyaknya tamu yang akan datang, sehingga acara bisa berjalan dengan lancar dan nyaman.
 

Ilustrasi acara open house Lebaran. (Sumber gambar: Rdne Stock Project/Pexels)

Ilustrasi acara open house Lebaran. (Sumber gambar: Rdne Stock Project/Pexels)


2. Bersihkan & persiapkan rumah

Kebersihan rumah adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan sebelum menyelenggarakan open house Lebaran. Pastikan rumah bersih dari debu, kotoran, dan bau tidak sedap. Lakukan pembersihan menyeluruh di setiap ruangan, termasuk area tamu dan kamar mandi.

Selain itu, kalian juga dapat menambahkan sentuhan dekoratif seperti karangan bunga atau hiasan lainnya untuk menciptakan suasana yang lebih menarik saat Lebaran. Termasuk, menghadirkan pengharum ruangan supaya para tamu yang berkunjung merasa lebih nyaman.

Jika perlu, perbaiki juga sudut-sudut rumah yang rusak, seperti tembok retak, lantai pecah, listrik atau keran mati, dan lainnya. Lakukan cat rumah jika warna tembok dirasa sudah memudar atau rembes. Selain itu, kalian juga harus memperhatikan peraturan di kompleks rumah dan memastikan telah mendapatkan izin untuk menerima tamu. Hal ini dilakukan untuk menghindari tamu melebihi kapasitas rumah dan lingkungan sekitar, sehingga menimbulkan gangguan pada tetangga sekitar.
 

Ilustrasi acara open house Lebaran. (Sumber gambar: Rdne Stock Project/Pexels)

Ilustrasi acara open house Lebaran. (Sumber gambar: Rdne Stock Project/Pexels)


3. Suguhkan hidangan khas Lebaran

Berkumpul saat acara open house tentu tak lengkap tanpa sajian spesial khas Lebaran. Siapkan menu lezat berkonsep prasmanan yang terdiri dari hidangan utama khas Lebaran seperti ketupat, opor ayam, rendah, dan sayuran tumis. Pastikan untuk menyajikan variasi hidangan yang cukup, termasuk hidangan sayur atau alternatif lainnya bagi tamu yang memiliki preferensi makanan tertentu. Selain itu, pastikan juga untuk menyajikan hidangan yang cukup sesuai jumlah tamu yang diundang.

Tak kalah penting, suguhkan juga hidangan kue baik itu kue kering seperti nastar, putri salju, dan kastengel, ataupun kue tradisional sesuai dengan selera dan tradisi lokal. Termasuk, menyajikan minumannya. Pastikan untuk menyajikan kue dan minuman dalam jumlah yang cukup agar semua tamu dapat menikmatinya.


4. Persiapkan alat makan

Tak hanya makanannya, alat makan juga perlu disiapkan. Pastikan kalian memiliki persediaan alat makan yang cukup yang bisa digunakan oleh seluruh tamu. Agar tidak repot mencucinya, kalian bisa menggunakan alas makan kayu atau plastik, lalu melapisinya dengan kertas nasi. Selain itu, sediakan juga sarung tangan plastik, agar tamu bisa menikmati makanan dengan nyaman.


5. Sediakan acara hiburan

Agar acara open house semakin meriah, sediakan acara hiburan seperti karaoke ataupun games seru berhadiah yang bisa diikuti semua pengunjung. Misalnya, kalian bisa membuat game Kahoot dengan menyediakan hadiah-hadiah sederhana untuk para pemenangnya. Dengan begitu, acara open house pun akan terasa lebih hidup dan jauh dari kata monoton.


6. Sediakan sarana permainan sederhana

Saat datang ke acara open house, mungkin saja sebagian tamu akan membawa anak-anak mereka. Oleh karena itu, penting untuk menyediakan sarana permainan sederhana yang bisa dimainkan oleh anak-anak, sembari menunggu orang tuanya bersilaturahmi. Beberapa mainan yang bisa disediakan misalnya kartu UNO, lego, puzzle, atau boneka.

Jika perlu, sediakan ruangan khusus yang bisa dipakai untuk anak bermain, setidaknya tempat yang bisa membuat balita dan anak-anak bergerak bebas. Karena biasanya jika tempatnya panas dan gerah, anak-anak enggan berlama-lama sehingga orang tua tidak bisa menikmati acara dengan nyaman.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Trailer & Poster Film Horor Menjelang Ajal Dirilis, Tayang 30 April di Bioskop

BERIKUTNYA

Daftar Pemenang iHeartRadio Music Awards 2024, Taylor Swift Borong Piala

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: