Ilustrasi lelucon (Sumber gambar: Unsplash/Katrina Berban)

Menilik Sejarah dan Lelucon Paling Ikonik saat April Mop

01 April 2024   |   07:54 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Setiap awal April selalu diperingati dengan sebutan April Fool’s Day atau April Mop. Ini adalah sebuah hari ketika lelucon atau kebohongan sengaja dilakukan oleh seseorang kepada orang lain tanpa dianggap bersalah karena hanya bertujuan sebagai candaan belaka.

Setiap orang yang melakukan lelucon biasanya akan mengakhirinya dengan kalimat “April Mop!” ketika candaannya mulai dianggap serius. Setiap tahunnya April Mop selalu dirayakan banyak orang, dari generasi ke generasi.

Namun, sejarah awal perayaan April Mop sebenarnya tak begitu jelas. Ada banyak versi berbeda terkait awal mula orang-orang mulai merayakan April Mop ini. 

Baca juga: Dirayakan Tiap 1 April, Begini Asal-Usul April Mop atau Hari Prank Sedunia

Melansir History, sejarah paling populer tentang April Mop oalah tentang perubahan kalender Julian ke kalender Gregorian pada 1582. Perayaan tahun baru yang sebelumnya dirayakan setiap 1 April berubah menjadi 1 Januari.

Seolah tak terima dengan perubahan, beberapa orang justru tetap merayakannya pada 1 April. Hal ini pun membuat mereka mendapat olok-olokan dari orang lain. Mereka pun mencoba mengelabuhi orang-orang bahwa apa yang dilakukannya itu hanya bercanda.

Kendati demikian, ada pula yang mengaitkan April Mop dengan titik balik musim semi yang terjadi di belahan bumi bagian utara. Momen ini dianggap sebagai cara alam membodohi manusia dengan perubahan cuaca yang tidak bisa diprediksi.

Walau punya banyak versi, April Mop punya benang merah, yakni hari ketika orang-orang bebas untuk mengeluarkan lelucon terbaiknya. Sepanjang perayaannya, ada beberapa lelucon April Mop yang cukup ikonik.

Berikut adalah beberapa lelucon ikonik yang pernah terjadi ketika April Mop.


1. Ritual Memandikan Singa di Menara London

Pada 1 April 1856, banyak warga London, Inggris, yang terkena jebakan April Mop. Saat itu, ada selebaran undangan yang tampak resmi tentang sebuah ritual memandingan singa di Menara London.

Undangan tersebut diberi segel lilin merah dan ditandatangani oleh Herbert de Grassen yang konon adalah sipir senior di sana. Selebaran undangan itu memperbolehkan warga menonton ritual memandikan singa di sana.

Ketika banyak orang mulai berkumpul di depan Menara London, upacara memandikan singa itu tidak pernah ada. Mereka kemudian baru menyadari bahwa kabar ini hanyalah tipuan April Mop


2. Spaghetti Tumbuh di Pohon

Orang Inggris memang unik dan tak tanggung-tanggung membuat lelucon April Mop. Pada 1957, BBC menayangkan sebuah keluarga petani di Swiss yang memanen spaghetti dari pohon. Tidak perlu dibuat dengan cara ribet, spaghetti bisa didapat dari memetiknya di sebuah pohon misterius.

Saat itu, spaghetti masih menjadi makanan eksotik yang belum banyak orang tahu asal usul pembuatannnya. Rupanya, banyak orang percaya. Bahkan, tak jarang yang mencoba menanam spaghetti di tanah agar ia benar-benar tumbuh.


3. Kemunculan Makhluk Nessie

Makhluk bernama monster Loch Ness atau lebih populer disebut Nessie telah jadi mitologi yang bertahan bertahun-tahun. pada April Mop 1972, seseorang membagikan foto aneh yang membuat banyak orang bertanya-tanya.

Foto tersebut memperlihatkan Nessie muncul ke permukaan dengan kondisi mati. Rupanya, itu adalah ulah petugas binatang di sana yang membuang seekor anjing laut gajah besar ke danau. Dia bermaksud bercanda, tetapi berita ini cepat viral.


4. Gravitasi Mulai Tak Berfungsi

Pada 1 April 1976, BBC lagi-lagi melakukan lelucon April Mop. Saat itu, Astronom Sir Patrick Moore mengatakan kepada publik bahwa tepat pukul 09.47 waktu setempat, gravitasi mulai tak berfungsi.

Adanya penyelarasan antara Pulto dan Jupiter membuat gravitasi di Bumi menurun. Hal ini membuat manusia bisa melayang. Banyak orang kemudian mencoba melakukan itu.


5. Burger Khusus Orang Kidal

Dalam iklan satu halaman penuh di USA Today, Burger King meluncurkan item menu baru yang dirancang khusus untuk orang kidal: Left-Handed Whopper. Burgernya unik karena bumbunya diputar 180 derajat agar lebih sesuai dengan 1,4 juta orang kidal.

Namun, saat ribuan pelanggan meminta burger baru itu, mereka baru menyadari telah mengalami kekalahan karena tertipu oleh iklan tersebut.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Fakta Gerhana Matahari Total 8 April 2024: Durasi Lebih Lama hingga Isu Bumi Gelap

BERIKUTNYA

Dishub DKI Bakal Uji Coba Penutupan U-Turn Citywalk & JLNT Casablanca, Cek Rute Alternatifnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: