Ilustrasi jalan raya (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Abdurachman)

Dishub DKI Bakal Uji Coba Penutupan U-Turn Citywalk & JLNT Casablanca, Cek Rute Alternatifnya

01 April 2024   |   09:04 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Mulai awal April ini, Dinas Perhubungan (Dishub) DKi Jakarta bakal menguji coba penutupan putaran balik atau (U-Turn) Citywalk di Jakarta Pusat. Selain itu, ruas jalan layang nontol (JLNT) Casablanca di Jakarta Selatan juga akan dilakukan skema penutupan terbatas di waktu-waktu tertentu.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan uji coba penutupan di dua ruas jalan tersebut akan dilakukan selama dua pekan. Selama pelaksanaan uji coba, pihaknya akan menerapkan rekayasa lalu lintas. 

Baca juga: Mau ke Jakarta Lebaran Fair 2024? Cek Cara Beli Tiketnya

“Waktu pelaksanaan uji coba penutupan U-turn Citywalk di Jalan K.H Mas Mansyur-Habib Usman Musfti Jakarta Pusat dan penutupan terbatas JLNT Casablanca Jakarta Selatan dimulai pada 1-15 April 2024,” kata Syafrin dalam pengumuman resminya di portal resmi Provinsi DKI Jakarta, Senin (1/4/2024).
 

Selama penutupan U-turn Citywalk arah timur dan barat di Jalan K.H Mas Mansyur Jakarta Pusat, ruas jalan sekitarnya akan mengalami beberapa penyesuaian. Dishub akan melakukan pengaturan sistem satu arah (SSA) di jalan Karet Pasar Baru Timur 1 ke arah dalam atau utara (Sudirman).

Lalu lintas dari Jalan Karet Pasar Baru Timur 2 yang akan menuju ke jalan Habib Usman Mufti dapat melaju terus di Jalan Karet Pasar Baru Timur 2, belok ke kiri ke Jalan R.M Margono Sjosjohadikoesoemo, belok kiri ke Jalan Habib Usman Mufti, lalu ke Jalan K.H Mas Mansyur.

Selain itu, dishub juga akan melakukan kanalisasi dengan movable concrete barrier pada frontage JLNT arah ke timur (Casablanca). Lalu lintas dari kawasan Sahid yang akan menuju ke JLNT Casablanca dapat melalui Jalan Karet Pasar Timur 5.

Sementara itu, untuk alternatif putaran ketika penutupan U-Turn Citywalk dari arah timur maupun barat dilakukan, pengendara dapat memilih dua alternatif berikut.
 
  1.  Kendaraan dari arah timur (Casablanca) yang akan ke utara (Sudirman) dapat menggunakan putaran timur di depan apartemen Cassadomaine sejauh kurang lebih 600 meter dari putaran eksisting.
  2. Kendaraan dari arah Barat (Tanah Abang) yang akan ke Penjernihan dapat menggunakan putaran barat di depan Intiland sejauh kurang lebih 500 meter dari putaran eksisting, atau yang akan menuju ke selatan (Senayan) dapat menggunaka putaran barat di depan Wihara Amurva Bhumi sejauh 1 kilometer dari putaran eksisting.

Kemudian, terkait dengan pelaksanaan penutupan terbatas JLNT Casablanca di Jakarta Selatan, Dishub akan menerapkan skema rekayasa lalu lintas juga. Sebagai informasi, penutupan terbatas ini hanya diterapkan mulai pukul 00.00 WIB sampai 04.00 WIB di kedua sisi, yakni barat (Citywalk) dan timur (Mall Kota Casablanca).

Sebagai rute alternatif, kendaraan dari arah Barat (Tanah Abang) maupun dari arah timur (Casablanca) dapat melalui jalur bawah di jalan Prof Dr Satrio.

Baca juga: Cek Jadwal Rekayasa Lalu Lintas Saat Mudik, Biar Enggak Kena Macet

“Diimbau kepada para pengguna jalan agar dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang diterapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan, serta mengutamakan keselamatan di jalan,” tutup Syafrin.

Editor: Fajar Sid6

SEBELUMNYA

Menilik Sejarah dan Lelucon Paling Ikonik saat April Mop

BERIKUTNYA

Cek Jadwal Rekayasa Lalu Lintas di Jalan Tol Mulai 5 April 2024: Bisa One Way, Contra Flow dan Gage

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: