Trio asal Jakarta, Ali (Sumber gambar: Instagram/ali__radio/michael_tartaglia)

Band Ali Asal Jakarta Bakal Manggung di Fuji Rock Festival 2024

30 March 2024   |   06:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Trio asal Jakarta, Ali, belakangan makin sering tampil di festival musik internasional. Proyek musik yang bisa dibilang sebagai super group ini berhasil memikat pasar musik global lewat cita rasa funk dengan sentuhan nuansa afrobeat yang cukup kental.

Baru-baru ini, super group yang beranggotakan Kevin Septanto, John Paul Patton, dan Arswandaru Cahyo masuk ke dalam line up di Fuji Rock Festival 2024. Band asal Jakarta ini akan tampil pada 28 Juli 2024. yang menjadi hari terakhir penyelenggaraan festival.

Pihak festival tampak menyoroti warna musik khas yang dibawa oleh Ali. Sentuhan artistik menarik yang tampaknya membuat band ini disorot dan tahun ini tampil di festival bergengsi di Jepang tersebut.

Band beranggotakan tiga orang, Ali, dari Jakarta menggabungkan pengaruh budaya Timur Tengah dengan gaya psychedelic funk soul Afro beat dan disko gaya tahun 70an,” tulis Fuji Rock Festival di laman resminya, dikutip Hypeabis.id.

Baca juga: Soora Music Festival 2024 Perdana Digelar di Bandung, Ada Agnez Mo hingga Lyodra
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Ali (@ali__radio)


Di Ali, Kevin yang juga anggota Elephant Kind didapuk sebagai gitaris sekaligus vokalis, John yang juga bagian dari Kelompok Penerbang Roket duduk di kursi drum. Sementara itu, Arswandari mengisi bas dan vokal.

Lagu-lagu mereka memang menyuguhkan sesuatu yang menarik dari musik era 70-an yang bercampur dengan apik dengan soul/funk, disco, hingga afrobeat. Nuansa Timur Tengah dimunculkan di bagian lirik.

Pilihan liriknya tak jarang menggunakan bahasa Arab. Tak hanya itu, dari sisi instrumen, nuansa Timur Tengah juga dihadirkan dengan menambahkan representasi bunyi-bunyian khas dari wilayah tersebut.

Dalam Fuji Rock Festival 2024, Ali akan bersanding dengan beberapa penampil populer lain, seperti Cho o Pa Co Cho Co Quin Quin yang dikenal dengan musik elektronik adiktif dengan pandangan dunianya yang eksotis.

Kemudian, pada hari yang sama, Kenya Grace, penyanyi sekaligus produser yang menggemparkan dunia lewat energi dansa dan lirik emosionalnya pun akan tampil di panggung yang sama. gitaris luar biasa dan penyanyi kreatif generasi penerus, Yamato Mori juga masuk ke dalam line up.

Di luar itu, masih ada banyak penampil top lain di ajang tersebut. Grup musik indigo la End akan menampilkan melodi kembar vokal dan gitar dan dipimpin oleh Enon Kawatani. Kemudian, King Krule, anak ajaib dari skena Indy Inggris juga akan tampil di Fuji Rock Festival.

Lalu, Original Love Jazz Trio dengan musik rock 'n roll mereka yang penuh perasaan, serta gitar dan vokal yang kuat, akan menghibur penonton juga. Shibusashirazu Orchestra, Yanushi, Quruli, dan masih banyak nama besar lain yang akan tampil.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Ali (@ali__radio)


Sebagai informasi, Fuji Rock Festival adalah festival musik tahunan terbesar di Jepang. Dinamakan Fuji Rock Festival demikian karena acaranya pertama kali diadakan pada 1997 di kaki Gunung Fuji. Sejak 1999, festival ini diadakan di Resor Ski Naeba di Yuzawa, Niigata.

Festival ini menjelma jadi salah satu agenda musik terbesar di Asia. Panggung-panggungnya selalu disesaki penonton yang datang dari berbagai negara yang ingin menikmati berbagai jenis musik, seperti rok hingga elektronik.

Selain musik, festival ini juga menawarkan berbagai macam kegiatan, seperti hiking, berkemah, dan menikmati pemandangan alam yang indah di sekitar Gunung Fuji. Oleh karena itu, festival ini dikenal dengan suasana yang ramah dan santai.

"Kepada semua orang yang terlibat dengan Fuji Rock, terima kasih seperti biasa! Ini akan menjadi tahun ke 25 kami menyelenggarakan Fuji Rock Festival di Naeba sejak memindahkan festival ke Naeba pada 1999," demikian pernyataan tertulis festival tersebut.

Baca juga: The Jansen, Band Punk-Rock Asal Bogor Gelar Tur Konser di Asia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Pameran March & Refleksi Demokrasi Indonesia Ala Jompet Kuswidananto

BERIKUTNYA

Kenalan dengan Caracal, Spesies Kucing Liar yang Terancam Punah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: