Sopyan Dado, pesinetron Tukang Ojek Pengkolan. (Sumber gambar : Instagram Sopyan Dado)

Pesan Haru & Jejak Karir Sopyan Dado yang Meninggal Dunia Karena Sakit Jantung

28 March 2024   |   14:58 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Kabar duka kembali datang dari dunia hiburan. Aktor Sopyan Dado yang belakangan dikenal melalui perannya sebagai Pak RT di sinetron Tukang Ojek Pengkolan meninggal dunia di Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta, Kamis (28/03/2024).

Sopyan diketahui sempat dilarikan ke rumah sakit pada Minggu (24/03/2024). Dia mengeluhkan mengalami sakit pada bagian dada. Selama perawatan beberapa hari di rumah sakit, Sopyan dua kali tidak sadarkan diri. Hingga akhirnya meninggal dunia sekitar pukul 04.30 WIB hari ini.  

Dari keterangan istrinya Dianawati, Sopyan mengidap penyakit jantung sejak 2017 lalu. Penyakit ini disebut-sebut bermula dari diabetes yang dialami sejak 2014. Belakangan, Sopyan juga mengalami penyakit asam lambung (GERD).  

Baca juga:  Profil Polo Srimulat, Pelawak Senior yang Tutup Usia Hari Ini

Kepergian Sopyan Dado mengundang kesedihan bukan hanya dari pihak keluarga, kerabat, namun juga para pemain sinetron Tukang Ojek Pengkolan. Eza Yayang yang menjadi lawan mainnya mengunggah ucapan belasungkawa yang dilengkapi foto Sopyan memegang piala penghargaan Panasonic Gobel Awards.

“Selamat jalan pak dosen sopiyan, @sopyandado Seniman Akting Sejati. Bang Piyan udah ngk ngerasain sakit lagi sekarang bang,” tulisnya di laman Instagram. 

Hal serupa disampaikan Andri Sulistiandri yang berperan sebagai Sutisna di sinetron Tukang Ojek Pengkolan. “Selamat jalan Pak Sopyan Handayani. Hampir 10 Tahun mengenal Bapak dari eps0001 TOP Bapak Orang Baik dan Nyenengin,” tulisnya dalam Insta Story berlatar tempat peristirahatan terakhir Sopyan.

Di sisi lain, Clara Kaizer yang berperan sebagai Bunga, anak Pak RT di sinetron TOP mengunggah beberapa momen kebersamaannya dengan Sopyan Dado. Dia juga menuliskan beberapa kalimat yang sering diucapkan ayahnya di sinetron TOP itu. 

“Ternyata kado terindah tahun ini maiah dikasih kesempatan shooting terakhir bareng bapak,” tulisnya berlatar foto bersama Sopyan di lokasi syuting dalam laman Instagramnya.

Profil Sopyan Dado

Memiliki nama lahir Sopyan Handayani, Sopyan Dado ternyata sudah lama terjun di dunia peran. Dia mulai berakting ketika duduk di bangku kelas 3 SMP pada 1986 dngan bergabung di Sanggar Teater SMA Negeri 35 Jakarta. 

Selama bergabung dengan teater itu, Sopyan sempat menjalani proses syuting sebuah drama di TVRI. Seiring waktu, dia pun kerap tampil dalam beberapa situasi komedi (sitkom).

Namanya dikenal ketika bergabung dengan Bajaj Bajuri pada 2002-2007. Dalam sitkom yang menggambarkan kondisi masyarakat daerah pinggiran Jakarta itu, Sopyan berperan sebagai Pak Yadi, karakter lugu namun culas terutama saat mengerjai Ucup (Fanny Fadilah).

Sukses melakoni karakter Pak Yadi, Sopyan diajak main beberapa judul film seperti Kuntilanak pada 2006, Anak Setan, JK, dan Kembang Perawan pada 2009. Dia lalu ditawari untuk main di sinetron Islam KTP.

Meskipun berperan sebagai pemeran pembantu, Sopyan cukup laris terlibat dalam beberapa judul sinetron bergenre komedi mulai dari 2012 hingga akhir hayatnya. Sinetron tersebut diantaranya Cookies, Si Kriwill Jadi 2, Monyet Cantik 2, 3 Sempruuul Mengejar Surga, Crispy, Putri Pete, Tukang Ojek Pengkolan, Candra Kirana, dan terakhir TOP: Masih Ngojek

Sementara di ranah film, dia membintangi Tampan Tailor, Caleg By Accident, Modal Dengkul, dan Bajaj Bajuri the Movie. Sopyan juga membintangi puluhan judul FTV di beberapa saluran televisi. 

Baca juga:  Dunia Seni Rupa Indonesia Berduka, Maestro Lukis Suhardi Tutup Usia

Editor: Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

Soora Music Festival 2024 Perdana Digelar di Bandung, Ada Agnez Mo hingga Lyodra

BERIKUTNYA

Kenalan dengan Waode, Penyanyi asal Baubau yang Raih Juara Dua di Big Stage Malaysia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: