Chip audio terbaru dari Qualcomm. (Sumber gambar : Qualcomm)

Qualcomm Rilis 2 Chip Untuk Perangkat Audio, Cek Spesifikasinya

26 March 2024   |   22:19 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Qualcomm Technologies International meluncurkan dua platform suara terbaru, Qualcomm S3 Gen 3 dan Qualcomm S5 Gen 3. Chipset ini dirancang khusus untuk perangkat audio seperti earbud, speaker, dan headset dengan kelebihannya masing-masing.

Dino Bekis, Vice President and General Manager, Wearables and Mixed Signals Solutions, Qualcomm Technologies menerangkan platform suara chip Qualcomm S3 Gen 3 dirancang untuk menghadirkan pengalaman yang immersive pada perangkat audio kelas menengah.

Platform ini didukung solusi pihak ketiga dari Qualcomm Voice & Music Extension Program, sebuah ekosistem penyedia layanan yang menawarkan teknologi untuk melengkapi dan menyempurnakan platform suara Qualcomm. 

Baca juga: 5 Fakta Snapdragon 8s Gen 3, Chipset Baru Buatan Qualcomm

Teknologi ini katanya divalidasi terlebih dahulu untuk membantu perusahaan pembuat komponen (OEM) menyeimbangkan waktu guna memasarkan dan menyediakan semua fitur yang diinginkan konsumen. Fitur termasuk peningkatan pendengaran, audio spasial, peredam gema, dan pelacakan kesehatan.

Platform ini juga memberikan kualitas suara yang memanjakan para audiophile ke lebih banyak orang berkat dukungan Snapdragon Sound dan teknologi 24-bit 48kHz untuk lossless audio saat streaming musik.

Sementara itu, pada tingkat premium, platform suara Qualcomm S5 Gen 3 dan arsitektur barunya akan mendorong lebih banyak inovasi dari para developer. Platform ini juga memiliki kemampuan komputasi 3 kali lebih tinggi dan kemampuan AI 50 kali lebih besar dari pendahulunya. 

Jadi, Dino menyebut platform ini akan memungkinkan perangkat untuk merespons bagaimana dan di mana perangkat yang terpasang sedang digunakan. Dengan demikian, pengguna bisa mendapatkan pengalaman suara yang mulus dan responsif di tempat kerja, di rumah, maupun di perjalanan.

“Kami memahami bahwa konsumen menginginkan fitur dan pengalaman yang lebih immersive dengan harga yang lebih terjangkau,” ujar Dino dalam keterangannya, dikutip Hypeabis.id, Selasa (26/3/2024).

Dia menegaskan Qualcomm Voice & Music Extension Program akan memberikan OEM keunggulan kompetitif yang signifikan dan kemampuan diferensiasi yang lebih kuat berkat akses luas ke sejumlah teknologi audio paling inovatif di dunia.

Selain itu, untuk perangkat kelas premium, arsitektur baru dan peningkatan kemampuan AI pada S5 Gen 3 menawarkan produsen sebuah platform untuk mengembangkan perangkat pintar yang dapat memantau lingkungan pengguna, serta bagaimana perangkat tersebut digunakan dan meresponsnya secara tepat.

Produsen gawai, Vivo menyambut antusias kehadiran platform audio ini. Perwakilan perusahaan memberi sinyal bahwa Vivo akan menghadirkan perangkat pertama di dunia yang didukung oleh platform suara Qualcomm S3 Gen 3 dalam waktu dekat. 

Baca jugaMenilik Kualitas Chipset AI Terbaru Buatan Qualcomm, Samsung, & Mediatek

“Dengan memanfaatkan platform yang powerful ini, kami siap menghadirkan pengalaman mendengarkan musik yang memenuhi standar para audiophile kepada pelanggan kami, sehingga mereka dapat mendengar musik mereka persis seperti yang diinginkan artis,” tutur juru bicara Vivo. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Enggak Lolos SNBP? Cek Jadwal, Syarat & Alur Pendaftaran UTBK-SNBT 2024

BERIKUTNYA

Apple Pakai Baidu Gantikan Google di China

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: