Ilustrasi proses gerhana matahari total. (Sumber gambar : KjPargeter/Freepik)

Terjadi Saat Lebaran 2024, Begini 5 Cara Menyaksikan Gerhana Matahari Total

23 March 2024   |   12:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Gerhana matahari total kembali menyambangi Bumi. Fenomena astronomi ini berlangsung menjelang Idulfitri, tepatnya pada 8 April 2024. Ketika gerhana terjadi, langit di wilayah yang dilewati akan berupah mejadi gelap seperti fajar atau senja.

Mengutip keterangan Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) di laman resminya, gerhana matahari total kali ini akan melintasi Amerika Utara, melewati Meksiko, Amerika Serikat, dan Kanada. Adapun gerhana matahari akan mencapai puncaknya selama 4 menit 27 detik, tergantung pada lokasi pengamatan.

Baca juga: Bacaan Niat Salat Gerhana Matahari, Amalkan di Daerah Lintasan Gerhana

Fenomena gerhana matahari terbilang unik, tetapi berbahaya jika kamu melihat proses ketika bulan menutupi matahari, dengan mata telanjang. Risiko yang terjadi bisa menyebabkan masalah pada mata seperti pandangan kabur atau berbayang, menurunnya kemampuan melihat warna dan bentuk, hingga kerusakan permanen. 

Kendati demikian, selalu ada cara untuk mengikuti fase terjadinya gerhana matahari total 8 April 2024. Seperti apa caranya? Simak ulasannya di bawah ini yuk, Genhype.


1. Kacamata khusus gerhana

Cara termudah untuk menyaksikan fase gerhana yakni dengan menggunakan kacamata gerhana matahari. Mengutip Live Science, supaya aman, kacamata gerhana matahari harus lolos proses sertifikasi ISO 12312-2. Kamu dapat melihat sertifikasi ini tercetak di lengan kacamata gerhana matahari. 

Kamu juga bisa menggunakan handheld solar viewers. Kotak karton kecil ini memiliki jendela yang terbuat dari film pengaman matahari yang sama dengan yang digunakan untuk membuat kacamata gerhana.


2. Kamera, teropong, teleskop yang dilengkapi filter 

Cara aman lainnya untuk melihat gerhana matahari, terutama pada fase parsial yakni melalui teropong atau teleskop yang dilengkapi filter matahari. Filter harus dipasang pada lensa objektif. Jangan pernah melihat gerhana melalui kamera, teropong, atau teleskop tanpa filter. NASA mengingatkan tindakan tersebut dapat menyebabkan cedera mata yang serius.

Sebagai opsi, kamu juga bisa menggunakan teropong surya dengan filter matahari bawaan pada lensa objektifnya. Ada yang menggunakan filter surya polimer untuk mendapatkan pemandangan matahari berwarna putih, sementara ada pula yang menggunakan filter kaca untuk mendapatkan pemandangan matahari berwarna kuning-oranye.


3. Proyektor lubang jarum

Meskipun kamu bisa membuat kamera lubang jarum sendir, cara yang lebih mudah dan cepat untuk melihat gerhana matahari sebagian secara tidak langsung adalah dengan menggunakan saringan atau spageti. Lubang-lubang yang seragam sempurna akan memproyeksikan matahari sabit kecil ke lantai atau dinding. Beberapa astronom juga merekomendasikan penggunaan bola disko untuk memproyeksikan lusinan matahari kecil ke permukaan terdekat.


4. Live streaming

Buat kamu yang ogah ribet, live streaming adalah cara terbaik untuk melihat proses terjadinya gerhana matahari secara jelas dan lengkap. Kunjungi channel yang biasa menyiarkan proses astronomi seperti NASA. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Cek 5 Jalur Mudik Paling Ekstrem di Indonesia

BERIKUTNYA

Lonjakan Pemudik 2024, Penyedia Angkutan Jamin Keselamatan Penumpang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: