Ilustrasi berdoa. (Sumber foto: Pexels/Thirdman)

Bacaan Niat Salat Gerhana Matahari, Amalkan di Daerah Lintasan Gerhana Hari Ini

20 April 2023   |   09:51 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Gerhana matahari hibrida akan melintasi wilayah Indonesia pada hari ini, Kamis (20/4/2023). Fenomena ini terbilang langka karena hanya terjadi beberapa kali saja di abad ini. Melansir Space, gerhana matahari jenis hibrida hanya akan terjadi satu kali saja setiap 10 tahun.

Fenomena ini jarang terjadi karena jenis hibrida menggabungkan jenis gerhana matahari total, gerhana matahari sebagian dan gerhana matahari anular. Adapun, gerhana Jenis hibrida membuat setiap wilayah yang terlintas oleh gerhana matahari mengalami tampilan yang berbeda.

Beberapa orang tak sabar menantikan fenomena langit yang jarang terjadi ini. Sebagian lain yang beragama Islam memilih untuk melaksanakan salat gerhana atau biasa disbeut dengan salat kusuf yang dianjurkan sebagai salah satu salat sunnah dalam Islam. Salat kusuf dilakukan saat terjadi gerhana matahari di suatu wilayah.

Baca juga: Agak Sedikit Beda, Begini Tata Cara Salat Gerhana

Salat kusuf dianjurkan sebagaimana hadits Rasulullah SAW: "Jika kalian melihat gerhana keduanya, maka dirikanlah shalat dan banyaklah berdoa hingga selesai gerhana yang terjadi pada kalian." (HR. Bukhari no. 982).

Maklumat Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyebut gerhana matahari dan gerhana bulan menandai kebesaran Allah SWT. Sehingga umat Muslim bisa melaksanakan salat kusuf mula terjadi gerhana hingga selesai.

Adapun salat gerhana dilakukan oelh orang yang bermukim di wilayah lintasan gerhana saja. Karena gerhana matahari kali ini terjadi secara menyeluruh, maka salat gerhana dapat dilakukan secara menyeluruh di berbagai wilaya Indonesia. Salat gerhana dilakukan tanpa azan dan ikamah.

Selain tu, salat gerhana juga dilaksanakan secara berjamaah dalam dua rakaat. Salat diawali dengan niat sesaat setelah imam menyerkan ash-sholaatu jaami'ah. Dilansir dari NU Online, brikut bacaan niat salat gerhana matahar atau salat kusuf:

Ushallî sunnatan likusûfisy syamsi rak'ataini lillâhi ta'âlâ
Arti:
"Saya niat shalat sunnah gerhana matahari dua rakaat karena Allah ta'âla."


Setelah membaca niat, salat dilanjutkan dengan takbiratulihram dan surah Al-Fatihah. Dilanjutkan dengan surah panjang. Pembedanya, salat gerhana dilakukan dengan dua kali ruku pada kedua rakaat-nya. Ruku pertama dilakukan sambil membaca tasbih, kemudian banglit dari ruku dan kembali berdoa. Setelahnya tegak kembali smabil membawa Al-Fatihah dan surah panjang sebelum melakukan ruku kedua.

Beberapa wilayah akan melihat gerhana matahari total, dan beberapa lainnya melihat gerhana matahari sebagian. Di Indonesia, kejadian ini data terlihat jelas di wilayah Papua Barat, di mana daerah ini menjadi bagian dari lintasan gerhana matahari hibrida termasuk di Timor Leste dan Australia Barat.

Gerhana matahari total akan terjadi di wilayah Maluku, Papua, dan Papua barat. Sementara beberapa wilayah Indonesia lainnya dapat menyaksikan gerhana matahri sebagian. Puncak gerhana akan terjadi dalam waktu yang berbeda-beda di seluruh iwilayah Indonesia. Untuk daerah Jakarta dan sekitarnya, gerhana matahari sebagian terjadi pada pukul 10.45 WIB.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Profil Moonbin Astro, Aktor Cilik yang Kariernya Melejit di Industri Hiburan Korsel

BERIKUTNYA

5 Fakta Menarik Game Coffee Talk Episode 2: Hibiscus & Butterfly 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: