ilustrasi rumah yang adem (dok. Bench Accounting on Unsplash)

Ternyata Ini Penyebab Hawa di Rumah Terasa Panas dan Pengap

19 August 2021   |   15:34 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Siapa sih yang nggak ingin memiliki rumah yang sejuk dan terasa adem. Namun kadang kala, ada kondisi yang menyebabkan rumah terasa panas dan pengap. Dalam kondisi pandemi ini ketika berbagai aktivitas banyak dilakukan di rumah, kita membutuhkan rumah yang nyaman dan adem.

Banyak yang menyangka saat hawa rumah terasa panas itu karena cuaca dan sinar matahari yang cukup menyengat di luar rumah. Padahal, ada beberapa hal juga nih yang bisa menjadi pemicu hawa rumah lebih panas. Yuk kita cek satu per satu.

1. Plafon Terlalu Rendah
Salah satu cara untuk membuat suasana rumah lebih adem ialah plafon yang tinggi, minimal 3 meter. Jika tinggi plafon kurang dari itu bisa membuat hunian terasa lebih pengap karena sirkulasi udara yang kurang baik

2. Atap Rumah
Selain ketinggian plafon, jenis atap rumah yang digunakan juga bisa mempengaruhi hawa yang ada di dalam rumah. Nah, biasanya atap rumah yang materialnya menggunakan asbes, seng atau plastik maka bisa membuat hawa rumah jadi lebih panas karena sifatnya yang menyerap matahari.
 

Salah satu bentuk ventilasi/freepik

Salah satu bentuk ventilasi/freepik


3. Kurang Ventilasi
Sirkulasi udara di dalam rumah itu sangat penting loh Genhype sehingga ventilasi udara itu memegang peranan utama yang membuat sebuah rumah terasa adem atau pengap. Jika ventilasinya kurang maka akan membuat hunian terasa sumpek. Jika tidak memiliki ventilasi atau jendela yang mencukupi maka kalian perlu membuka pintu pada waktu-waktu tertentu sehingga sirkulasi udaranya tetap terjaga.

4. Cat Dinding
Tanpa disadari ternyata cat dinding juga ikut mempengaruhi suasana di dalam rumah loh Genhype. Jika kalian menggunakan cat dinding bernuansa gelap maka bisa menyerap panas da bisa memantulkan cahaya baik dari sinar matahai maupun lampu sehingga membuat hawa rumah jadi panas. Makin gelap cat yang digunakan maka ruangannya pun akan makin panas.

5. Rumah Berantakan
Ternyata kondisi rumah yang berantakan karena banyaknya barang-barang tidak penting yang berserakan di dalamnya bisa membuat suasana rumah menjadi pengap ya Genhype.

Karena itu, kalian perlu menata rumah sedemikian rupa dan simpanlah perabota pada tempatnya dengan penataan yang rapi apalagi untuk hunian yang minimalis. Jika ada barang-barang yang di rasa tidak perlu lebih baik dibuang saja, atau diminimalisir sehingga bisa membuat suasana rumah terasa lebih nyaman dan jauh dari rasa pengap.

6. Tidak Ada Tanaman
Tak dapat dipungkiri bahwa tanaman yang ada di rumah bukan hanya berfungsi membuat tampilan rumah menjadi lebih indah dan estetis tetapi juga bisa membuat suasana rumah terasa lebih adem karena tanaman baik yang ada di dalam maupun di halaman rumah bisa menyerap panas sekaligus menyaring udara sehingga membuat atmosfer rumah terasa lebih sejuk dan adem.

Editor: M R Purboyo
 

SEBELUMNYA

Ini Bedanya Tepung Terigu dan Tepung Tapioka

BERIKUTNYA

Bank Aladin Gandeng Facebook Dorong Transformasi Digital dan Literasi Keuangan UMKM

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: