Ilustrasi produk elektronik rumah tangga. (Sumber gambar: Freepik/Yuliialka)

Ada Diskon, Cek Barang Elektronik Rumah Tangga yang Diburu saat Ramadan

21 March 2024   |   15:44 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Produk home appliance atau peralatan rumah tangga, terutama yang berbasis elektronik, menjadi salah satu barang yang dicari selama Ramadan. Kebiasaan masyarakat membutuhkan perlengkapan baru yang dapat membantu pekerjaan lebih cepat dan praktis menjadi pendorongnya.

Survei YouGov bertajuk Indonesia’s 2024 Ramadan Shopping Outlook yang dirilis pada Februari lalu, mencatat 19 persen responden berencana belanja produk dalam kategori household appliances (peralatan rumah tangga). Sementara 14 persen dari 2.136 responden berniat mengeluarkan uangnya untuk membeli produk elektronik.

Baca juga: Daftar Mal di Jakarta yang Menawarkan Diskon Ramadan 2024, Central Park sampai Kokas

Angka tersebut memang masih kecil dibandingkan dengan kategori produk lainnya seperti makanan dan minuman atau fesyen, tetapi produsen home appliance terlihat adanya peningkatan permintaan menjelang dan selama Ramadan.

“Sampai Februari, penjualan Philips terutama untuk produk kitchen appliances rata-rata tumbuh di atas 20 persen,” ujar Philips Domestic Appliances Indonesia Commercial Ika Nursantini Noor, belum lama ini.

Dia menyebut produk yang dicari konsumen sejauh ini yaitu rice cooker dan blender. Namun, air fryer terbilang paling tinggi permintaannya. Air fryer merupakan alat masak modern yang dapat digunakan untuk menggoreng berbagai jenis makanan dengan sedikit atau tanpa minyak.

Ika menilai selama Ramadan, masyarakat ingin memasak yang praktis dan cepat. Tidak sedikit juga mereka yang ingin menyajikan makanan yang lebih sehat. Diketahui, menggoreng dengan air fryer terbilang memiliki kadar lemak dan kalori yang lebih rendah.

Untuk meningkatkan penjualan, Ika menyebut pihaknya melakukan sejumlah strategi, salah satunya menawarkan promosi baik di saluran penjualan digital maupun toko offline. “Kami optimistis pertumbuhannya positif,” tambahnya.

Rulina Astri Ningsih, Product Strategy Group Small Home Appliances PT Sharp Electronics Indonesia menyebut semua produk elektronik rumah tangga Sharp meningkat penjualannya selama Ramadan. Untuk produk small home appliances yang paling tinggi penjualannya saat ini,” sebutnya saat dihubungi terpisah.

Produk rice cooker dan oven elektrik katanya yang paling banyak diburu konsumen. Adapun penjualan produk Small Home Appliances Sharp sekitar 60.000 - 65.000 unit dari awal tahun hingga saat ini.

Rulina memproyeksikan bisnis produk Home Appliances di Indonesia akan tumbuh sekitar 5-10 persen setiap tahun hingga 2028. Hal ini terlihat dengan adanya pertumbuhan ekonomi di Indonesia ke arah positif serta kemampuan daya beli masyarakat yang meningkat.

Selain itu, penetrasi pasar untuk produk Home Appliances masih di bawah 70 persen, sehingga masih luas kesempatan dalam meningkatkan pertumbuhan Home Appliances di Indonesia.

Sebagai produsen elektronik, Sharp akan melengkapi line up dengan mengedepankan lokal fit product, menyesuaikan dengan consumer behaviour. "Kemudian meningkatkan saluran penjualan, distribusi, dan kegiatan pemasaran yang dapat meningkatkan penjualan produk kami," tambahnya.


Tren di Ecommerce

Aditia Grasio Nelwan, Head of Communications Tokopedia menyampaikan ektronik menjadi salah satu kategori produk paling laris di Tokopedia menjelang Ramadan 2024 sesuai data 4-10 Maret 2024 dibandingkan rata-rata transaksi mingguan pada Februari 2024.

Sejumlah produk pada kategori Elektronik Rumah Tangga, seperti mesin cuci, alat pengering baju, vacuum cleaner mengalami kenaikan tertinggi penjualan dengan rata-rata hampir 1,5 kali lipat. 

"Di sisi lain, beberapa produk di kategori Elektronik Dapur yang mengalami peningkatan tertinggi transaksi, antara lain freezer, teko listrik, dan rice cooker, dengan rata-rata kenaikan lebih dari dua kali lipat," tuturnya.

Sementara itu, Amelia Tediarjo, Head of Operations Lazada Indonesia menyebut produk home appliances termasuk salah satu kategori yang melihat peningkatan transaksi pada Ramadan, terutama biasanya di masa-masa konsumen mendapatkan THR. 
 
Produk yang paling banyak diburu di Lazada yakni panci listrik, blender, dan barang-barang yang bisa membuat memasak di rumah menjadi kian praktis, terutama ketika mempersiapkan masakan sahur dan berbuka.

Produk-produk lainnya seperti kipas angin, kulkas 2 pintu, TV LED 32 inch, dan mesin cuci 8 kg 2 tabung juga sangat diminati konsumen. "Produk ini biasanya sudah ditunggu-tunggu untuk dibeli saat ada promo dan diskon," tambahnya.
 
Baca juga: Ada Promo Lebaran ke Jakarta, Tiket Pesawat Garuda Indonesia dan Citilink Mulai 400K

Amelia menyampaikan Lazada bekerja sama dengan para brand partner untuk bisa menjawab lonjakan kebutuhan yang terjadi pada Ramadan. Di Lazada Ramadan Sale pun, pihaknya menghadirkan diskon hingga 70 persen dan voucher Rp 250.000 untuk kategori home appliances.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Daftar Pemenang Game Developers Choice Awards 2024, Baldur's Gate 3 Menang Banyak

BERIKUTNYA

Tourism Western Australia Rilis Panduan Wisata Muslim bagi Turis Indonesia Sambut Libur Lebaran

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: