Film Exhuma (sumber gambar: X/Feat Pictures)

Film Exhuma Raih 9 Juta Penonton Kurang dari 1 Bulan

18 March 2024   |   09:32 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Kurang dari sebulan, film asal Korea Selatan berjudul Exhuma telah meraih lebih dari 9 juta penonton. Film yang disutradarai oleh Jang Je-hyun ini pun resmi masuk ke jajaran box office dan menjadi film ke-25 paling banyak ditonton sepanjang masa di Negeri Ginseng tersebut.

Mengutip dari Naver, Dewan Film Korea Selatan mencatat film dengan judul asli Pamyo tersebut telah ditonton sebanyak 9.012.758 per Sabtu (16/3/2024). Itu artinya, hanya butuh 24 hari sejak penayangan perdananya di bioskop untuk menembus angka 9 juta penonton. 

Baca juga: Review Film Exhuma: Horor Okultisme & Sejarah Traumatis Korea-Jepang

Raihan Exhuma terbilang lebih cepat 3 hari dibanding rekor yang pernah dibuat Spring of Seoul yang menjadi film terlaris 2023. Film yang dibintangi Lee Do Hyun dan Kim Go Eun ini juga melampaui capaian Pirates: Bandits to the Sea (sekitar 8,66 juta) sehingga kini berada di 25 besar film Korea terlaris sepanjang masa.

Setelah menjadi film yang meraih 9 juta di box office, Exhuma kini diproyeksikan menjadi film pertama yang akan meraih 10 juta penonton pada tahun ini. Target tersebut akan menambah deretan rekor baru yang akan didapatnya, termasuk film horor okultisme Korea pertama yang mencapai angka tersebut.

Hal tersebut, tampaknya bukan sesuatu yang sulit terjadi. Sebab, saat ini, animo pencinta film untuk menonton film tersebut masih cukup tinggi. Di Indonesia, Exhuma telah meraih 1,8 juta penonton per 17 Maret 2024.

Film ini telah melampaui Parasite karya Bong Joon-ho sebagai film Korea yang paling banyak ditonton sepanjang masa di Indonesia. Kendati telah tayang sejak 18 Februari, film ini masih terus mendulang banyak penonton.

Secara global, film ini juga mendapat sambutan yang tak kalah apik. Distributor Showbox menyebut film thriller supernatural tersebut telah terjual ke 133 negara. Film ini diputar secara global pertama di Mongolia bulan lalu.

Saat ini Exhuma tengah diputar di Indonesia dan Taiwan. Selain itu, film ini juga  dijadwalkan untuk dirilis di beberapa negara lain, termasuk Australia, Selandia Baru, Amerika Serikat, Inggris, dan Jerman.

"Well Go USA, distributor untuk Amerika Utara, telah menyatakan antisipasinya terhadap film tersebut, dan menggambarkannya sebagai film dengan perubahan yang tidak terduga," kata Show Box dikutip Hypeabis.id dari Yonhap, Senin (18/3/2024).

Film yang melakukan premier dunia di Festival Film Internasional Berlin 2024 ini memang terus jadi perbincangan hangat. Sebab, film ini telah berhasil mendobrak berbagai batasan, terutama yang selama ini terkait dengan tema okultisme di Korsel.
 
 

Sinopsis Film Exhuma 

Film Exhuma berkisah tentang sebuah keluarga kaya Korea yang bermukim di Los Angeles memanggil sepasang dukun muda (diperankan oleh Kim Go-eun dan Lee Do-hyun) untuk menyelamatkan bayi mereka.

Kedua dukun tersebut mendapatkan tugas untuk mengatasi keanehan yang dialami oleh cucu tertua dari sebuah keluarga yang memiliki penyakit turunan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Untuk menjalankan ritual perdukunan ini, keduanya mendapatkan bayaran yang sangat besar. Setelah melakukan pengamatan singkat, Hwarim dan Bong-gil merekomendasikan untuk memindahkan makam leluhur mereka. Sebab, mereka menemukan bahwa ada yang salah dengan makam tersebut.

Saat sedang menjalankan aksinya, seorang master fengsui terbaik bernama Sangdeok (Choi Min-sik) dan pengurus bernama Young-geun (Yoo Hae-jin) bergabung dalam aksi itu karena uang yang dijanjikan oleh keluarga tersebut.

Keempatnya pun berkolaborasi dan berusaha mencari makam leluhur keluarga tersebut. Mereka berhasil menemukan makam aneh yang terletak di tempat yang buruk, dan tidak mungkin seseorang dikubur di daerah tersebut. 

Baca juga: Selain Exhuma, Ini 3 Film Korea Terpopuler Tentang Praktik Dukun dan Supranatural, Ada Dukun Indonesia!

Sangdaeok pun merasakan energi yang tidak menyenangkan, sehingga menolak pekerjaan itu meskipun bayaran yang dijanjikan cukup menggiurkan. Namun, Hwarim membujuk agar sang master fengsui ikut serta dalam pemusnahan makam tersebut. Proses itu pun dimulai, dan setelahnya sesuatu yang tidak seharusnya keluar akhirnya muncul ke permukaan. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Daftar Pemenang NAACP Image Awards 2024: Film The Color Purple Mendominasi

BERIKUTNYA

Jonatan Christie Juara All England 2024, Akhiri Puasa Gelar 30 Tahun Tunggal Putra Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: