PlayStation, konsol video game rumahan dari Sony (Sumber gambar: Unsplash/Roberto Vincenzo)

Bocoran Spesifikasi PS5 Pro, 3 Kali Lebih Bertenaga dari Model Standar

16 March 2024   |   22:25 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Sony tengah menyiapkan model terbaru perangkat konsolnya, PlayStation 5 (PS5) Pro. Kini, raksasa perangkat permainan video gim itu digadang-gadang siap membawa peningkatan kinerja yang jauh lebih mumpuni dari versi standar untuk produk berikutnya.

Dari bocoran yang diungkap YouTuber Moore’s Law is Dead, PS5 Pro bakal menyertakan kartu grafis (GPU) yang tiga kali lebih ngebut dibandingkan model PS5 yang rilis pada 2021. YouTuber itu mengklaim mendapatkan akses ke dokumen ikhtisar teknis untuk PS5 Pro dengan nama kode Trinity. 

Baca juga: Sony Luncurkan Access Controller PS5 untuk Penyandang Disabilitas, Cek Spesifikasi & Harganya

Bocoran spesifikasi ini diamini Tom Henderson dari Insider Gaming. Dia menyebut bahwa pernyataan Moore’s akurat dan PS5 Pro bakal dirilis pada periode liburan 2024. 

Lebih spesifik dia menjabarkan, tangkapan layar dari dokumen teknis mencatat bahwa GPU PS5 Pro bisa mencapai 67 teraflops perhitungan floating point 16-bit. Angka tersebut setara 33,5 teraflops untuk komputasi single-precision. Dengan angka ini, kartu grafis PS5 Pro mampu meningkatkan kinerja rendering sebesar 45 persen dibandingkan PS5. Sebagai pembanding, PS5 versi standar memiliki kemampuan 10,28 teraflop. 

Dengan demikian, PS5 Pro memiliki kemampuan kinerja tiga kali lipat dari sisi GPU. “PS5 Pro juga menawarkan kinerja ray tracing hingga 3 kali lipat,” ujar Henderson, dikutip Hypeabis.id dari The Verge, Sabtu (16/3/2024). 
 

PlayStation 5 (Sumber gambar: Unsplash/Charles Sims)

PlayStation 5 (Sumber gambar: Unsplash/Charles Sims)

Dalam dokumen yang didapat Moore’s Law is Dead, juga muncul tulisan PlayStation Spectral Super Resolusi (PSSR). Ini adalah fitur yang dikabarkan menggunakan pembelajaran mesin PlayStation untuk peningkatan gambar yang mirip dengan DLSS Nvidia atau FSR AMD. 

Fitur ini kemungkinan juga meningkatkan resolusi 8K dan kinerja ray tracing pada perangkat keras PS5 Pro mendatang. Meskipun Moore's Law is Dead yang pertama kali menyebarkan rumor, tapi konfirmasi dari Henderson tentang spesifikasi PS5 Pro ini cukup kredibel untuk dipercaya. 

Hal ini lantaran Henderson menyebut studio internal Sony telah menguji devkit PS5 Pro sejak September 2023. Sementara developer pihak ketiga baru mendapatkan akses pada Januari 2024. 

Adapun, Henderson pada tahun lalu melaporkan bahwa rencana perilisan PS5 Pro berlangsung pada November 2024. Sepertinya Sony tengah mengejar target ambisius tersebut. Lagi pula, Sony menginginkan konsol terbaiknya tersedia di pasaran untuk GTA 6. Mereka juga akan mengambil momen dari penundaan Nintendo Switch 2 yang dilaporkan mundur hingga 2025. 

Sejauh ini belum ada bocoran mengenai harga PS5 Pro. Namun, beberapa tech reviewer memprediksi harganya lebih dari model PS5 Slim. Di Indonesia, model ini dibanderol dengan harga ritel Rp9,69 juta dengan drive disk Blu-Ray Ultra HD dan Rp8,19 juta untuk PPS5 Digital Edition. 

Baca juga: Sony Siapkan PS5 yang Lebih Slim, Cek Harga & Spesifikasinya

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Cek Harga & Tampilan Fujifilm X100VI, Kamera yang Cocok Buat Traveling

BERIKUTNYA

Resep Kolak Tanpa Santan yang Sehat dan Rendah Lemak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: