Film Split (Sumber foto: IMDb)

Penuh Plot Twist, Cek Rekomendasi Top 5 Film Bertema Kepribadian Ganda

15 March 2024   |   21:30 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Dalam dunia perfilman, banyak sutradara telah menghasilkan karya-karya yang memukau dengan berbagai tema. Salah satu tema yang seringkali menjadi fokus dalam film-film tersebut adalah mengenai psikologis manusia. Fenomena ini telah menjadi topik yang menarik bagi sutradara untuk dieksplorasi melalui film.

Salah satunya adalah film yang menceritakan tentang kepribadian ganda, di mana karakter utamanya seringkali menunjukkan sisi-sisi yang bertentangan dan konflik internal yang mendalam. Melalui narasi dan penggambaran karakter yang kuat, film ini mampu mengajak penonton masuk ke dalam dunia psikologis tentang sifat manusia.

Baca juga: Film Tuhan, Izinkan Aku Berdosa Tayang Terbatas di Bioskop 16 Maret 2024, Cek Sinopsisnya

Berikut adalah rekomendasi 5 film terbaik tentang kepribadian ganda yang bisa Genhype tonton. 


1. Split (2016)


Film Split yang dibintangi oleh James McAvoy dengan lawan mainnya, yaitu Anya Taylor Joy pertama kali rilis pada 2016. Film bergenre psychologial horror ini bercerita tentang seorang laki-laki bernama Kevin Wendell (James McAvoy) menculik tiga remaja perempuan yang ia sembunyikan di ruangan bawah tanah.

Namun anehnya, setiap kali Kevin menemui ketiga remaja tersebut, ia selalu berganti pakaian dan tingkah lakunya pun berubah, seolah Kevin adalah orang yang berbeda. Setelah ditelusuri, ternyata Kevin menderita gangguan mental yang membuat dirinya selalu berubah-ubah kepribadian setiap waktu. Lebih mengejutkannya lagi, Kevin memiliki 23 macam kepribadian yang ada dalam dirinya. 

Akting James McAvoy dalam film Split memang enggak perlu diragukan lagi. Ia harus menampilkan 23 karakter yang berbeda dalam satu film, meskipun tidak semuanya ditampilkan secara jelas. Namun, kemampuan aktingnya sungguh menakjubkan dan tak dapat dipandang remeh. 


2. Shutter Island (2010) 


Shutter Island merupakan sebuah film thriller Amerika Serikat yang rilis pada 2010 dan disutradarai oleh Martin Scorsese. Film ini sangat terkenal karena diperankan oleh Leonardo DiCaprio sebagai pemeran utamanya. Bercerita tentang Edward Daniels alias Teddy (Leonardo DiCaprio) dan Chuck Aule (Mark Ruffalo) yang ditugaskan dalam penyelidikan kasus hilangnya seorang pasien di rumah sakit jiwa Ashcliffe di Shutter Island.

Pasien tersebut ditahan karena telah membuat ketiga anaknya tenggelam. Namun, Teddy merasa kepalanya selalu sakit ketika ia melakukan penyelidikan di rumah sakit. Hal ini membuatnya curiga terhadap keadaan di rumah sakit tersebut karena upayanya untuk menyelidiki terhalang oleh pimpinan rumah sakit, yaitu Dr. Crwaley. 

Alur cerita dari film Shutter Island dapat dikatakan membingungkan, namun juga mengejutkan. Setiap kejadian dalam film ini memicu rasa heran para penonton. Saat menontonnya, penting bagi Genhype untuk tetap fokus pada alur ceritanya karena terdapat banyak plot twist yang membuat cerita semakin rumit.


3. Black Swan (2010)


Film bergenre thriller misteri yang dibintangi oleh Natalie Portman merupakan hasil garapan Darren Aronofsky yang meraih banyak kesuksesan dan pujian. Black Swan bercerita tentang Nina Sayer (Natalie Portman), seorang penari balet profesional yang ambisius dan perfeksionis. Saat itu Nina mendapatkan peran utama dalam produksi balet bertema Swan Lake. Selama persiapan, ia berjuangan untuk melawan tekanan dari rekan-rekan dan juga ibunya.

Hal tersebut membuat Nina mengalami gangguan mental parah seperti halusinasi dan kebingungan antara realitas atau khayalan hingga membuat dirinya memiliki perubahan kepribadian. Film ini dikenal karena penyutradaraan yang kuat dan akting dari Natalie Portman yang sangat memukau. 


4. Identity (2003)


Identity adalah sebuah film thriller psikologis yang disutradarai oleh James Mangold dan ditulis oleh Michael Cooney. Film ini menceritakan tentang 10 orang yang tidak saling mengenal berada pada satu motel yang sama di Nevada karena hujan badai.

Sampai suatu saat, adegan mengejutkan datang secara tiba-tiba di mana mereka semua dibunuh satu per satu. Semua orang disana menjadi sangat ketakutan dan saling mencurigai satu sama lain. Untuk mengetahui ending-nya, silakan Genhype tonton sendiri karena Identity dikenal karena plot twist-nya yang mengejutkan. 


5. Secret Window (2004)


Secret Window adalah sebuah film thriller psikologis yang dirilis pada 2004 dan disutradarai oleh David Koepp. Film ini bercerita tentang seorang penulis bernama Mort Rainey (Johnny Depp) yang bercerai dengan istrinya dan terisolasi pada sebuah rumah danau di pedesaan. Namun, ketenangan hidupnya terganggu ketika seorang pria misterius bernama John Shooter (John Turturro) yang menuduh bahwa Mort telah menjiplak karya tulis miliknya.

Ketika Mort ingin mencoba membuktikan bahwa karya tersebut merupakan hasil tangannya sendiri, serangkaian kejadian aneh dan mengerikan mulai terjadi. Dengan akting yang kuat dari Johnny Depp dan atmosfir yang gelap, film ini berhasil menciptakan ketegangan hingga akhir.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Film Monkey Man Bakal Tayang di Indonesia, Kisahkan Pertentangan Kelas Berlatar Budaya India

BERIKUTNYA

Miles Teller dan Elizabeth Olsen Bakal Berduet Peran Dalam Film Bergenre Komedi Romantis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: