Perempuan Dari Berbagai Ras (Sumber foto: Pexels/Christina Morillo)

Cek Makna & Tema Google Doodle Edisi Hari Perempuan Sedunia

08 March 2024   |   23:16 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta

Tanggal 8 Maret setiap tahunnya menjadi hari yang istimewa bagi seluruh perempuan di dunia. Pasalnya, pada tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Perempuan Sedunia/Hari Perempuan Internasional atau yang dikenal dengan International Women’s Day (IWD). 

Hari Perempuan Sedunia dirayakan untuk menghormati serta melanjutkan perjuangan perempuan dalam mencapai kesetaraan gender dan memperjuangkan hak-hak mereka. IWD bermula pada awal abad ke-20 yang diawali dengan gerakan kaum perempuan di beberapa negara. 

Pada 1908, tepatnya di New York, sebanyak 15.000 perempuan melakukan demonstrasi besar-besaran untuk memperjuangkan hak-haknya seperti hak pilih dan kondisi kerja yang lebih baik. 

Baca juga: Sambut Hari Perempuan Sedunia, 31 Peserta Ramaikan Beauty Class Bisnis Indonesia x Hanasui

Ketika itu, ketidakadilan dan kesenjangan yang dialami perempuan mendorong mereka untuk menjadi lebih vokal dan aktif dalam memperjuangkan perubahan. IWD pertama kali dirayakan pada 19 Maret 1922 di Austria, Denmark, Jerman, dan Swiss dengan tujuan memperjuangkan hak-hak perempuan. 

Setelah beberapa dekade berikutnya, perayaan IWD semakin populer terutama di kalangan kelompok sosialis dan kaum perempuan sebagai bentuk perjuangan untuk hak-hak sosial, ekonomi, dan politik. Kemudian pada 1975, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan Hari Perempuan Internasional pada tanggal 8 Maret.

Setelah itu, IWD menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran akan isu-isu perempuan seperti kesetaraan gender, kekuasaan terhadap perempuan, dan kesetaraan hak. Sejak saat itulah, tanggal ini dijadikan sebagai peringatan Hari Perempuan Sedunia/Hari Perempuan Internasional. 
 

Tema Google Doodle

Hari bersejarah ini juga dirayakan oleh Google melalui Google Doodle. Jika Genhype membuka halaman utama Google, kalian akan melihat Doodle yang menampilkan tiga perempuan dari latar belakang dan ras yang berbeda sedang duduk di bawah selimut rajut yang sama. Doodle ini diilustrasikan oleh seniman doodle bernama Sophie Diao.

Google Doodle IWD 2024 (Sumber foto: Google)

Google Doodle IWD 2024 (Sumber foto: Google)

Dilansir melalui laman Google Doodle, gambar tersebut mempresentasikan sekelompok perempuan yang berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka dari generasi yang berbeda, yang terlihat sedang duduk bersama di sekitar sebuah selimut. Selimut itu dihias dengan motif-motif atau simbol-simbol yang mewakili kemajuan yang telah dicapai oleh perempuan selama bertahun-tahun. 


Makna Tema IWD 2024

Tema IWD 2024 (Sumber foto: internationalwomansday.com)

Tema IWD 2024 (Sumber foto: internationalwomansday.com)

Dilansir melalui laman International Women’s Day, tema Google Doodle hari ini adalah Inspire Inclusion atau Menginspirasi Inklusi. Makna dari tema ini adalah untuk menekankan pentingnya keberagaman dan pemberdayaan dalam semua aspek perempuan, termasuk yang berasal dari kelompok yang kurang terwakili. 

Inspire Inclusion mendorong semua orang untuk menghapuskan hambatan, menantang stereotip, dan menciptakan lingkungan di mana semua perempuan dihargai dan dihormati.

Selain itu, makna lain dari tema ini juga menyoroti pentingnya pendidikan, kesadaran, dan dukungan dalam membina inklusi, serta peran penting industri hiburan, khususnya film dalam mempromosikan keberagaman dan representasi perempuan. 

Baca juga: Review Film Women From Rote Island, Pahit Getir Perjuangan Kelompok Perempuan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

4 Resep Sayur dan Sup yang Praktis Untuk Menu Sahur dan Buka Puasa

BERIKUTNYA

Cek Tahapan Sidang Isbat Penentuan 1 Ramadan 1445 H

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: