Piala Oscar 2024 (Sumber gambar: X/TheAcademy)

Prediksi Film Terbaik Academy Awards 2024 Berdasarkan Rating Tertinggi

04 March 2024   |   21:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Sebentar lagi, malam puncak Academy Awards ke-96 atau Piala Oscar 2024 akan segera digelar. Bertempat di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat, malam penghargaan paling bergengsi bagi perfilman dunia itu direncanakan digelar pada 10 Maret 2024 waktu setempat. 

The Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) telah mengumumkan daftar lengkap film-film terbaik yang berhasil masuk berbagai nominasi yang diperlombakan tahun ini. Namun, selayaknya sebelum-sebelumnya, kategori Best Picture atau Film Terbaik tentu jadi salah satu yang ditunggu.

Tahun ini, ada 10 film yang dinominasikan dan akan bersaing di salah satu piala paling bergengsi di ajang tersebut. Sepuluh film tersebut adalah American Fiction, Anatomy of a Fall, Barbie, The Holdovers, Killers of the Flower Moon, Maestro, Oppenheimer, Past Lives, Poor Things, The Zone of Interest

Baca juga: Daftar Lengkap Nominasi Oscar 96: Cek 10 Film Terbaik Tahun Ini

Dari daftar yang ada, film Oppenheimer dan Barbie sebagai dua judul yang paling populer tahun lalu tentu mendapat sorotan lebih. Namun, film lainnya pun tak bisa dipandang sebelah mata. Semuanya masih memiliki peluang yang sama.

Terlebih, jika berkaca pada hasil rating penonton, bukan dua film tersebut yang meraih nilai tertinggi. Dengan demikian, persaingan menuju film terbaik di ajang perfilman yang dihormati ini makin seru untuk disimak.

Ada banyak prediksi mengenai siapa yang akan jadi pemenangnya. Daftar berikut ini, yang diambil berdasarkan hasil rating versi Rotten Tomatoes, bisa jadi salah satu peta menarik untuk melihat persaingan yang ada di kategori ini.

Berikut adalah daftar rating tertinggi dari film-film yang masuk ke dalam kategori Film Terbaik Oscar 2024:


1. The Holdovers

Film The Holdovers yang disutradarai oleh Alexander Payne mendapatkan penilaian tertinggi berdasarkan situs rating Rotten Tomatoes. Film yang dibintangi oleh Paul Giamatti, Da’Vine Joy Randolp, dan Dominic Sessa tersebut meraih angka sebesar 97 persen.

The Holdovers berkisah tentang seorang guru galak bernama Paul Hunham (diperankan oleh Paul Giammatti). Mengambil latar dekade 1970-an, tema utama film ini adalah tentang hubungan antara guru dan kelimun murid bengal di sebuah asrama di kota New England, Amerika serikat.


2. Past Lives

Film Past Lives yang disutradarai Celine Song rupanya mendapatkan penilaian yang cukup tinggi juga. Film yang dibintangi oleh Geta Lee, Teo Yoo, dan John Magaro tersebut mencatatkan nilai sebesar 96 persen.

Kisah Past Lives mengikuti dua teman sepermainan di Korea Selatan yakni Hae-sung dan Na-young yang terpisah selama 24 tahun. Keduanya berteman dan mulai tertarik satu sama lain sejak berusia 12 tahun, lantaran didukung oleh orang tua mereka.

Tak lama, keluarga Na-young bermigrasi ke Toronto. Dia berganti nama menjadi Nora Moon, dan keduanya pun kehilangan kontak. Selama kurun waktu 12 tahun, Hae-sung berusaha mencari keberadaan Nora.


3. Anatomy Of A All

Film Anatomy of A Fall yang disutradarai oleh Justine Triet berada di urutan ketiga dalam film dengan rating terbaik yang masuk kategori Best Pictures. Film yang dibintangi oleh Sandra Huller, Swan Arlaud, dan Milo Machado Graner itu meraih rating 96 persen.

Anatomy of a Fall mengikuti cerita seorang karakter bernama Sandra (diperankan oleh Sandra Huller), seorang penulis berusia 40 tahun yang berjuang untuk membuktikan bahwa dia tidak bersalah setelah suaminya Samuel (Samuel Theis) meninggal. Pasutri ini tinggal di Pegunungan Alpen, dekat kota Grenoble. 

Setelah menikah, mereka memiliki seorang anak bernama Daniel (Milo Machado Graner). Anak laki-laki itulah orang pertama yang menemukan tubuh tak bernyawa ayahnya di luar rumah yang terbaring di genangan darah. 

Baca juga: Kejutan Dalam Daftar Nominasi Piala Oscar 2024, Margot Robbie Absen dan Lily Gladstone Catat Sejarah


4. Poor Things

Disutradarai oleh Yorgos Lanthimos, film berjudul Poor Things juga mendapat penilaian yang tinggi dari penonton. Film yang dibintangi oleh Emma Stone, Willem Dafoe, Mark Ruffale, dan Christopher Abbott tersebut mencatatkan nilai sebesar 92 persen.

Cerita dalam film Poor Things didasarkan pada novel berjudul sama karya Alasdair Gray yang terbit pada 1992. Poor Things bercerita tentang Bella Baxter (Emma Stone), perempuan yang dihidupkan kembali oleh seorang ilmuan, Dr. Godwin Baxter (Willem Dafoe) setelah meninggal karena suatu kecelakaan misterius.


5. Oppenheimer

Film berjudul Oppenheimer mendapatkan rating sebesar 93 persen. Dengan angka tersebut, film yang disutradarai oleh Christopher Nolan ini berada di urutan kelima. Padahal, jika dilihat dari raihan penghargaan, film ini cukup banyak memenangkan piala di berbagai festival sinema.

Film ini berkisah tentang seorang fisikawan Amerika Serikat bernama J. Robert Oppenheimer yang mengembangkan bom atom. Namun, setelah berhasil menciptakan bom ini, ada banyak gejolak yang menimpanya, termasuk mempertanyakan kebenaran dari akibat apa yang terjadi setelah bom mematikan itu tercipta.


6. Killers of The Flower Moon 

Film Killers of The Flower Moon mendapatkan rating penonton sebesar 93 persen. Film yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio dan disutradarai oleh Martin Scorsese tersebut berada di urutan keenam.

Film bergenre sejarah ini akan berkisah tentang momen tersingkirnya masyarakat suku Indian Osage akibat modernisasi pada dekade 1920-an. Killers of the Flower Moon juga berkisah tentang investigasi pembunuhan misterius terhadap suku tersebut yang dilakukan oleh J. Edgar Hoover.


7. American Fiction

Film berjudul American Fiction yang disutradarai oleh Cord Jefferson ini mendapatkan penilaian sebesar 94 persen. Film yang dibintangi oleh Jeffrey Wright, Tracee Ellis Ross, dan John Ortiz tersebut pun hanya berada di urutan ketujuh saja.

Kendati demikian, raihan American Fiction masih lebih baik dibanding film nominasi lain, seperti The Zone of Interest yang hanya meraih 93 persen, Barbie 88 persen, dan Maestro dengan 79 persen.

Diadaptasi dari novel berjudul Erasure karya Percival Everett, American Fiction merupakan film drama komedi yang sekaligus menyenggol soal isu sosial di kalangan masyarakat kulit hitam Amerika. 

Baca juga: Ryan Gosling, Becky G, dan Billie Eilish akan Membawakan Lagu-lagu yang Masuk Nominasi Oscar

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

4 Kiat Aman Berkendara Bersama Si Kecil

BERIKUTNYA

Game Call of Duty: Warzone Mobile Rilis Akhir Maret 2024, Cek Persyaratan Sistemnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: