Paduan Suara dan Orkestra Gita Bahana Nusantara. (Sumber gambar: Youtube/Sekretariat Negara)

Ada Audisi Gita Bahana Nusantara Buat Persiapan Tampil di IKN

27 February 2024   |   17:51 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Gita Bahana Nusantara membuka kembali audisi perekrutan anggota baru grup orkestra yang setiap tahunnya menjadi paduan suara dalam acara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia sejak dua dekade silam di Istana Negara.

Ya, tim yang terdiri dari paduan suara dan orkestra yang dipilih berdasarkan seleksi ketat itu, pada tahun ini kembali melakukan audisi. Salah satunya dengan menjaring anak-anak muda berusia 16–23 tahun untuk menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun ke-79  RI yang saat ini sudah mulai dipersiapkan.

Baca juga: Kenalan dengan Paduan Suara & Orkestra Gita Bahana Nusantara, Pengisi Rutin Upacara HUT RI

Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Kebudayaan di Kemendikbudristek Irini Dewi Wanti mengatakan bahwa sebagai sebuah grup musik Gita Bahana Nusantara bukan sekadar kegiatan rutin. Namun, kegiatan tersebut adalah sebuah proses kreatif dan kontemplatif yang tidak pernah berhenti guna menjawab tantangan perubahan zaman.

Lewat audisi tersebut, diharapkan dapat menjadi wahana untuk menanamkan nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme kepada kaum muda. Terutama yang memiliki bakat dan kemampuan di bidang musik untuk memberikan pengetahuan mengenai keragaman seni budaya Indonesia serta menjadi agen perubahan di daerah.
 

ahah

Paduan Suara dan Orkestra Gita Bahana Nusantara. (Sumber gambar: Kemendikbudristek)

Menurut Irine, Gita Bahana Nusantara rencananya akan tampil di Ibu Kota Nusantara dalam rangka pendukungan upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 RI. Hal ini berdasarkan SK dari Mensesneg Nomor 11 tahun 2024 tentang Panitia Pelaksana Peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2024.

"Audisi ini diharap menciptakan kondisi yang lebih baik bagi generasi muda, dalam wadah negara dan bangsa lewat kekayaan seni budaya. GBN adalah representasi Indonesia mini, artikulasi musikal dalam sebuah ekspresi kultural," katanya.

Proses Audisi Gita Bahana Nusantara
Adapun, bagi Genhype yang tertarik untuk menjadi bagian dari GBN, tahun ini proses audisi akan terbagi menjadi dua bagian. Yaitu audisi orkestra yang akan dilangsungkan secara dalam jaringan (daring) dan  luar jaringan (luring) pada 1 Maret sampai 20 April 2024.

Nantinya para pendaftar dapat mengirimkan rekaman video sesuai dengan ketentuan pada petunjuk teknis yang kemudian dinilai oleh para dewan juri. Arkian, para peserta yang lolos di tahap pertama akan melanjutkan ke tahap audisi luring yang berlangsung di tiga pilihan lokasi, yakni Yogyakarta, Jakarta, dan Balikpapan.

Sementara itu, audisi paduan suara dilaksanakan dalam rentang waktu bulan Maret sampai Minggu kedua bulan Juli 2024 di setiap provinsi. Pada setiap audisi paduan suara tingkat provinsi akan diambil maksimal 4 orang perwakilan terbaik dengan jenis suara sopran, alto, tenor, dan bas untuk mengikuti pemusatan latihan.

Lebih lanjut, aspek-aspek penilaian dari audisi ini akan meliputi materi suara, teknik vokal (intonasi, ritmik, interpretasi), kemampuan membaca notasi (prima vista), ambitus, dan jenis suara. GBN 2024 nantinya akan terdiri dari 152 orang paduan suara dan 70 orang pemain orkestra hasil audisi dari seluruh Indonesia. 

Jelang hari kemerdekaan, para peserta paduan suara maupun orkestra yang sudah lolos audisi akan mengikuti proses pemusatan latihan. Adapun proses ini akan dilaksanakan di Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur selama 18 hari pada bulan Agustus 2024. 

Baca juga: Mengenal Sosok Ismail Marzuki, Sang Maestro Musik Indonesia

Bagi kalian yang tertarik untuk menjadi bagian dari GBN, persyaratan dan petunjuk teknis audisi GBN 2024 dapat diakses mulai 1 Maret 2024 melalui tautan Gita Bahana Nusantara dan melalui kanal media sosial Instagram @gitabahananusantara.ri

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Film Bad Boys 4 Rilis Lebih Cepat pada 7 Juni 2024

BERIKUTNYA

Mengenal Rumah Singgah di RSCM Milik Yayasan Ronald McDonald House Charities

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: