Ilustrasi Shopee (Sumber gambar: Unsplash/Ompia_)

Persyaratan & Cara Daftar Franchise Shopee Express

21 February 2024   |   11:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Sebagai salah satu platform marketplace terbesar di Indonesia, Shopee membuka banyak kesempatan bagi siapa saja untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Selain menjual produk sebagai seller, pengguna juga bisa memanfaatkan marketplace ini dengan membuka franchise Shopee Express atau SPX Express.

Shopee Express adalah salah satu lini bisnis mereka yang memungkinkan penjual menjadi mitra untuk layanan ini. Fungsi dari agen SPX Express adalah mengelola jasa pengiriman sehingga bisa lebih memudahkan penjual maupun pembeli.

Agen SPX Express berbeda dengan SPX Express Point. Meski sama-sama menawarkan jasa kirim SPX Express dengan tipe layanan ambil di tempat, keduanya berbeda dari bentuk pengelolaannya. SPX Express Point dikelola langsung oleh tim SPX Express, sedangkan agen SPX Express merupakan penjual Shopee terpilih untuk mewakili lokasi SPX Express Point. 

Baca juga: Tertarik Bisnis Franchise Hangry? Cek Dulu Modal, Syarat & Cara Daftarnya

Mengutip laman Shopee, ada dua layanan utama yang akan menjadi pekerjaan bagi para agen SPX Express, yakni menyediakan layanan Drop Off (bagi penjual) dan layanan Ambil Sendiri (bagi pembeli).

Layanan Drop Off merupakan salah satu kebutuhan dari para penjual Shopee. Melalui layanan ini, penjual akan mengantarkan paket ke counter agen SPX Express. Penjual hanya dapat mengantarkan paket untuk pesanan dengan tipe layanan SPX Express Standard dan SPX Hemat.

Alur kerja dari layanan Drop Off cukup sederhana. Penjual nantinya akan datang membawa paket yang akan dikirim melalui SPX Express. Agen SPX Express akan menerima paket dan memberikan tanda terima kepada penjual.

Setelah itu, agen SPX Express memasukkan data paket ke dalam sistem. Nantinya, kurir akan datang ke lokasi agen dan mengambil paket tersebut.

Sementara itu, layanan Ambil Sendiri merupakan salah satu kebutuhan bagi pembeli. Melalui layanan ini, pembeli bisa langsung mengambil paketnya secara langsung di lokasi agen SPX Express yang dipilih saat melakukan checkout.

Alur kerja layanan Ambil Sendiri juga mudah. Pembeli nantinya akan melakukan proses checkout pesanan dan memilih opsi pengiriman “Ambil di Tempat”. Pembeli memilih lokasi agen SPX Express terdekatnya.

Jika yang dipilih adalah agen SPX Express Anda, kurir akan mengantarkan paket pesanan pembeli ke lokasi yang ditunjuk. Pembeli dapat mengambil sendiri pesanannya di agen SPX Express. Nantinya, pembeli hanya diberi waktu maksimal 5 hari kalender untuk pengambilan.
 

Ilustrasi (Sumber gambar: Unsplash/ Petrebels)

Ilustrasi (Sumber gambar: Unsplash/ Petrebels)

Agen SPX Express bisa mendapat keuntungan tanpa modal berupa komisi per paket yang diambil oleh pembeli sebagai pemilik agen SPX Express. Layanan ini terbilang mudah karena agen SPX Express hanya menjadi tempat penerimaan dan pengambilan paket.

Paket akan dikembalikan ke Penjual apabila Pembeli belum mengambil paket dalam waktu 5 hari kalender terhitung sejak paket sampai di Agen SPX Express. Shopee akan memproses pengembalian dana penuh secara otomatis ke Pembeli.

Namun, untuk menjadi agen SPX Express, hanya penjual terpilihlah yang bisa mendaftartar. Umumnya, hanya mereka yang berada di lokasi terpilih yang dapat mendaftar sebagai tempat pengiriman paket drop off point.

Selain itu, masih ada beberapa persyaratan lain yang mesti dipenuhi oleh agen SPX Express. Secara umum, pengguna bisa menjadi agen SPX Express setelah mengisi formulir pendaftaran.

Di formulir tersebut, pengguna akan diminta menjawab beberapa pertanyaan, seperti kesediaan untuk melayani SPX Express, sistem pembayaran yang dipilih, SPX Express point, dan sebagainya. Lalu, tim Shopee akan melakukan verifikasi dan proses pendaftaran akan berlanjut sampai akhirnya diterima.

Selain itu, beberapa kriteria berikut juga mesti menjadi pertimbangan agar nantinya layanan SPX Express bisa berjalan lebih maksimal. Misalnya, agen mesti punya jaringan internet stabil dan komputer/laptop. Punya lokasi penyimpanan paket di dalam ruangan Luas ruangan, seperti minimal 12 meter persegi (3x4 meter), lokasi penyimpanan paket mudah diakses sepeda motor, hingga memasang spanduk Agen Shopee jika sudah jadi agen. 

Baca juga: Tertarik Bisnis Kopi? Segini Biaya Franchise Fore Coffee

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Peluang Bisnis Ayam Goreng Ala Korea, Moon Chicken Bisa Jual 30.000 Porsi per Hari

BERIKUTNYA

Daftar Promo HUT ke-67 BCA 21-22 Februari 2024 dari Fesyen, Kuliner, hingga Gadget

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: