Kelvin Kiptun (Instagram/kelvinkiptumcheruiyot)

Selebritas Indonesia Sampaikan Duka Atas Kepergian Kelvin Kiptum

12 February 2024   |   21:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Pemegang rekor dunia lari maraton, Kelvin Kiptum, meninggal dunia dalam kecelakaan mobil di Kabptagat, barat daya Kenya, pada Minggu (11/2/2024). Dalam kecelakaan tragis tersebut, Gervais Hakizimana, pelatih Kelvin yang juga berada di mobil yang sama juga tak selamat.

Kecelakaan naas yang terjadi pada pelari paling disegani saat ini itu terjadi pada Minggu, pukul 23.00 WIB waktu setempat atau Senin dini hari, pukul 03.00 WIB. Mobil tersebut berisi tiga orang dengan dua orang di antaranya meninggal seketika, sedangkan satu lagi dibawa ke rumah sakit.

Baca juga: Profil Mendiang Kelvin Kiptum, Atlet Maraton Muda Berbakat yang Pecahkan Rekor Dunia

Dalam beberapa foto yang beredar luas, kendaraan yang ditumpangi Kelvin tampak mengalami kerusakan yang cukup parah. Bangkai kendaraannya hancur, kaca depannya pecah, dan atap serta pintu yang tertekuk dan hampir robek.
 

Kepergian Kelvin secara mendadak ini telah menyisakan duka mendalam bagi banyak pihak. Presiden Atletik Dunia Sebastian Coe mengungkapkan rasa duka yang mendalam terhadap kepergian Kelvin.

“Kami sangat terkejut dan sangat sedih mengetahui kehilangan Kelvin Kiptum dan pelatihnya. Atas nama Atletik Dunia, kami menyampaikan belasungkawa terdalam kami kepada keluarga, teman, rekan satu tim, dan bangsa Kenya,” ungkap Presiden Atletik Dunia Sebastian Coe.

Ungkapan duka juga tak datang dari para tokoh publik maupun atlet mancanegara, tetapi juga dari sejumlah pesohor Tanah Air.  Beberapa selebiriti yang diketahui hobi olahraga lari juga mengungkapkan duka cita mendalam atas kepergian Kelvin.

Salah satunya adalah Ibnu Jamil. Aktor dan presenter ternama tersebut membagikan ungkapan belasungkawa tersebut melalui Instagram pribadinya. Dia mengunggah sebuah unggahan di Instagram story yang memperlihatkan Kelvin Kiptum tengah berlutut setelah sampai di garish finish.

Dalam unggahan tersebut, Ibnu juga menyertakan takarir singkat berupa prestasi hebat yang pernah diraih oleh pelari berumur 24 tahun tersebut. Tulisan itu dibalut dengan warna hitam yang tampak sebagai tanda duka.

“RIP. Kelvin Kiptum, pemecah rekor dunia maraton dengan catatan waktu 2:00:35” ungkap Ibnu Jamil.

Model sekaligus pemeran Soraya Larasati juga membuat unggahan yang mirip dengan Ibnu Jamil. Dia mengunggah foto Kelvin tengah tersenyum di depan kamera dengan beberapa potongan berita tentang kematian sang pelari.

Dengan membubuhkan emotikon sedih, Soraya Larasati juga mengungkapkan kalimat dukanya kepada salah satu pelari pemecah rekor dunia tersebut. Pada unggahan selanjutnya, Larasati juga membagikan video kenangan Kelvin ketika sedang berlari.

“Sesungguhnya kita milik Allah dan kepada-Nya kita kembali,” tulisnya.
 

Aktris dan pemeran film Nirina Zubir juga mengunggah kabar duka tentang kematian Kelvin. Dia membagikan video dengan nuansa kelabu yang memperlihatkan Kelvin sedang mendekati garis finish sebuah perlombaan lari.

Dalam unggahan tersebut, Nirina juga menulis kata “RIP” dengan ukuran yang cukup besar, sebagai tanda dukanya. Dia juga menyertakan emotikon menangis pada unggahan tersebut.

Sementara itu, Hendri Pardede, pelatih lari sekaligus influencer juga tak kuasa membagikan perasaan dukanya. Dia membagikan sebuah tangkapan layar tentang kabar kematian Kelvin. Hendri juga membubuhkan kata RIP berwarna hitam di tengah-tengah unggahan tersebut.

Semasa hidup, Kelvin Kiptum telah banyak meraih penghargaan bergengsi dan aneka rekor dalam dunia lari. Catatan terakhir sebelum kepergiannya, dia pernah memenangkan tiga kompetisi maraton dunia yakni Maraton Valencia 2022, London Marathon 2023, dan Chicago Marathon 2023.

Di ajang Chicago Marathon, Kiptum bahkan memecahkan rekor dunia dengan waktu tempuh 2 jam 35 detik. Hal itu menjadikannya satu-satunya orang dalam sejarah yang berlari maraton di bawah dua jam satu menit.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Disney+ Larang Pelanggan Berbagi Password, Simak Kebijakan Terbarunya

BERIKUTNYA

Resmi Dimulai, Cek Klasemen Week 1 Turnamen FFWS Indonesia 2024 Spring

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: